May
29
2017
     14:52

AIA Menunjukkan Kinerja Bisnis Baru Kuartal Pertama 2017 Nilai Bisnis Baru (Value Of New Business/vonb) Meningkat 55 Persen dalam Kurs Tetap

AIA Menunjukkan Kinerja Bisnis Baru Kuartal Pertama 2017 Nilai Bisnis Baru (Value Of New Business/vonb) Meningkat 55 Persen dalam Kurs Tetap
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

HONG KONG, 29 May 2017Direksi AIA Group Limited (“AIA”; atau “Perusahaan”; kode saham: 1299) dengan bangga mengumumkan peningkatan sebesar 55 persen pada Nilai Bisnis Baru (VONB) dalam kurs tetap pada kuartal pertama yang berakhir pada tanggal 28 Februari 2017.

Sorotan utama dalam hasil di kuartal pertama (dalam kurs tetap):

  • 55 persen pertumbuhan VONB hingga USD884 juta
  • 62 persen peningkatan terhadap Premi Baru yang Diharapkan (Annualised New Premiums) hingga USD1,779 juta
  • Batas VONB sebesar 49,2 persen
  • 24 persen peningkatan Total Premi Tertimbang (Total Weighted Premium) menjadi USD6,247 juta.

 

RINGKASAN KEUANGAN UTAMA

Dalam juta USD, kecuali dinyatakan lain

1Q 2017

1Q 2016

YoY

CER

YoY

AER

Nilai Bisnis Baru (VONB)

884

578

55%

53%

Batas VONB

49,2%

51,6%

(2,0) pps

(2,4) pps

Annualised new premiums (ANP)

1,779

1,103

62%

61%

Total weighted premium income (TWPI)

6,247

5,040

24%

24%

 

Mark Tucker, Group Chief Executive and President AIA Group, menyatakan:

“Kami dengan bangga melaporkan bahwa AIA memulai tahun ini dengan pertumbuhan VONB sebesar 55% hingga angka USD884 juta. Angka ini juga merupakan angka VONB tertinggi sejak Penawaran Umum Perdana (IPO) kami pada tahun 2010”.

“AIA terus memberikan rekam jejak yang baik dalam hal angka pertumbuhan tahunan dan tim berdedikasi kami akan terus fokus untuk membangun bisnis yang berstandar tinggi dan berkelanjutan. Angka tersebut pada hari ini telah mencerminkan kinerja operasi kami yang kuat, serta eksekusi terhadap strategi pertumbuhan yang terus konsisten seiring waktu.”

Saya telah berulang kali mengemukakan bahwa ekonomi struktural yang kuat, perubahan sosial, dan demografis yang terjadi di seluruh Asia membuka kesempatan bagi AIA. Adanya penyelarasan keunggulan kompetitif AIA yang telah dikembangkan sepanjang waktu dengan tren struktural jangka panjang saat ini memperlihatkan bahwa Grup kami sangat sesuai untuk membantu konsumen kami menemukan kebutuhan tepat untuk perlindungan finansial, tabungan jangka panjang, dan dukungan kesehatan melalui asuransi.”

“Kami dengan senang hati turut mengumumkan pada tanggal 13 Maret lalu bahwa Ng Keng Hooi akan menggantikan posisi saya sebagai President dan Group Chief Executive. Ng Keng Hooi memiliki rekam jejak yang luar biasa dalam hal eksekusi operasi serta daya kepemimpinan selama pengalaman kerjanya di Asia.”

“Sejak pengumuman tersebut, saya dan Ng Keng Hooi bekerjasama untuk memastikan proses transisi yang halus dan sesuai, sehingga dengan demikian saya dapat mengatakan bahwa proses transisi ini dapat terwujud lebih cepat. Pada hari ini kami umumkan bahwa Ng Keng Hooi akan secara formal menjalankan tugasnya per 1 Juni 2017. Saya akan tetap menjadi Direktur AIA Group Limited, dalam kapasitas noneksekutif, dari tanggal tersebut hingga 31 Agustus 2017.”

“Merupakan suatu keistimewaan tersendiri bagi saya untuk dapat memimpin AIA dan saya merasa sangat bangga atas pencapaian Grup ini sejak IPO. AIA adalah bisnis yang luar biasa dan saya yakin bahwa Grup ini akan terus sukses dibawah kepemimpinan Ng Keng Hooi.”

RINGKASAN UNTUK KUARTAL PERTAMA

Nilai Bisnis Baru (VONB) meningkat sebesar 55 persen hingga USD884 juta dengan pertumbuhan kuat di mayoritas pasar individual kami.

Pusat operasi AIA di Tiongkok merupakan bisnis dengan pertumbuhan terbesar selama kuartal pertama. Fokus kami terdapat pada eksekusi terhadap strategi yang berbeda, dengan mengembangkan agen profesional yang memberikan saran berkualitas terhadap perlindungan dan produk perencanaan keuangan jangka panjang dalam mendukung pertumbuhan yang baik. Pendekatan yang konsisten membedakan AIA dalam industri ini, dan kami terus membangun rekam jejak yang baik dengan memperlihatkan angka rata-rata produktivitas agen yang lebih tinggi, serta peningkatan angka pertumbuhan agen aktif dalam kuartal pertama tahun 2016.

Di Hong Kong, kami turut membuka kuartal pertama dengan pertumbuhan Nilai Bisnis Baru (VONB) yang sangat baik di berbagai segmen konsumen dan jalur distribusi, secara khusus karena rekan bisnis dan eksekusi strategi Premier Agency kami yang sangat baik. Kami terus mendapatkan keuntungan dari peningkatan signifikan atas tingkat produktivitas agen dan pertumbuhan dalam jumlah agen aktif, serta peningkatan jumlah penjualan melalui ritel IFA.

Malaysia terus berkembang dengan memperlihatkan angka VONB yang sangat besar pada seluruh agensi dan kerjasama jalur distribusi, serta peningkatan bisnis regular premium unit-linked. Di Singapura, pertumbuhan bisnis perlindungan premi tunggal dalam kuartal pertama diimbangi dengan pengurangan terus menerus dalam penjualan premi tunggal melalui jalur broker. Hal ini merefleksikan pendekatan disiplin kami untuk mengatur produk melalui pemberian harga yang proaktif, seperti diperlihatkan dalam Laporan Tahunan 2016.

Nilai Bisnis Baru (VONB) di Thailand lebih rendah seiring upaya penegakkan kontrak validitas agensi yang merupakan hal penting dalam strategi Premier Agency untuk meningkatkan standar pengembangan dalam distribusi keagenan yang terdepan di market. Segmen pasar kami yang lain turut memberikan angka pertumbuhan VONB yang baik dalam kuartal pertamanya. Kinerja luar biasa secara khusus diperlihatkan pasar individual kami di Australia, Korea, Filipina, dan Vietnam.

ANP meningkat sebesar 62 persen dibandingkan dengan kuartal pertama pada tahun 2016 hingga USD1,779 juta, didorong dengan perbaikan pada tingkat produktivitas tenaga pemasar, meningkatnya angka jumlah agen aktif, dan pertumbuhan yang sangat baik pada saluran distribusi. Batas VONB adalah 49,2 persen, dibandingkan dengan 51,6 persen pada kuartal pertama tahun 2016 yang diakibatkan oleh peningkatan penjualan bisnis di beragam produk. Batas yang dilaporkan pada Present Value of New Business Premium (PVNBP) tetap berada pada posisi 9 persen dalam kuartal pertama tahun 2017. Asumsi ekonomi jangka panjang tidak berubah dari apa yang terdapat pada Laporan Tahunan 2016, dengan menggunakan pendekatan yang sama layaknya dalam ikhtiar bisnis baru triwulanan kami.

Total Weighted Premium Income (TWPI) meningkat 24% hingga USD6,247 juta dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2016.

AIA Menunjukkan Kinerja Bisnis Baru Kuartal Pertama 2017

PERFORMA KEUANGAN AIA INDONESIA

AIA sebagai salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia menunjukkan performa yang baik selama 2016. Dalam laporan keuangan tahun 2016 yang dirilis pada tanggal 28 April 2017, PT AIA FINANCIAL (AIA Indonesia) berhasil membukukan jumlah pendapatan sebesar Rp13,9 triliun dengan komponen pendapatan premi sebesar Rp9,1 triliun. Angka ini menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, pada tahun 2015 AIA Indonesia memperoleh jumlah pendapatan sebesar Rp9,6 triliun dengan pendapatan premi sebesar Rp8,8 triliun.

Jumlah investasi AIA Indonesia meningkat mencapai Rp40,7 triliun di tahun 2016 dibandingkan dengan jumlah investasi di tahun 2015 sebesar Rp35 triliun. Pada tahun 2016, jumlah aset AIA Indonesia mencapai angka Rp42,7 triliun, meningkat dibandingkan tahun 2015 yang berjumlah Rp36,9 triliun.

PANDANGAN

Pertumbuhan ekonomi Asia tetap kuat dan tangguh secara struktural. Pada tingkat regional maupun negara, pertumbuhan ekonomi tetap didorong oleh prinsip makro ekonomi yang solid, kebijakan fiskal dan moneter yang aman, serta tren demografis. Permintaan domestik menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah, disertai permintaan ekspor intra-regional yang terus meningkat. Dengan kondisi politik AS dan Eropa yang tidak pasti saat ini, pembuat kebijakan di Asia memiliki fleksibilitas moneter dan fiskal untuk memberikan respon proaktif untuk menjaga sumber pertumbuhan domestik.

Manfaat berkelanjutan dari pertumbuhan ekonomi serta adanya peningkatan kekayaan dapat mengacu pada angka penetrasi asuransi yang lebih tinggi, membuka kesempatan bagi pertumbuhan AIA di masa depan. Kami tetap yakin terhadap prospek Grup serta kemampuan kami untuk menciptakan nilai yang berkelanjutan untuk para pemegang saham kami.

KETIDAKSTABILAN VALUTA ASING

AIA mendapatkan mayoritas premi dalam mata uang lokal, dan terus memperhatikan aset serta kewajiban kami untuk mengurangi dampak ekonomi akibat pergerakan nilai tukar asing. Saat melaporkan angka konsolidasi Grup, terdapat efek penerjemahan mata uang karena kami melakukan pelaporan dalam US Dollar. Kami telah menyediakan angka pertumbuhan serta komentar terhadap nilai tukar tetap, kecuali dinyatakan lain, yang memberikan gambaran lebih jelas tentang kinerja bisnis dari tahun ke tahun.

Tentang AIA di Indonesia

PT AIA FINANCIAL (AIA) merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia dan merupakan perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar di dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. AIA di Indonesia merupakan anak perusahaan AIA Group. AIA menawarkan berbagai produk asuransi, termasuk asuransi dengan prinsip Syariah, yang meliputi asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi yang dikaitkan dengan investasi, program kesejahteraan karyawan, program pesangon, dan program Dana Pensiun (DPLK). Produk-produk tersebut dipasarkan oleh lebih dari 6.600 tenaga pemasar berpengalaman dan profesional melalui beragam jalur distribusi seperti keagenan, Bancassurance dan Corporate Solutions (Pension & Employee Benefits). Keunggulan dan kinerja AIA di Indonesia juga dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang diterima di bidang industri asuransi jiwa di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Tentang AIA Group

AIA Group Limited dan anak perusahaannya (secara bersama-sama disebut sebagai “AIA” atau “Group) merupakan kelompok perusahaan asuransi jiwa pan-Asia independen terbesar di dunia yang tercatat di bursa saham. AIA Group Limited memiliki anak perusahaan dan cabang yang beroperasi di 18 pasar di Asia Pasifik, yaitu Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Cina, Korea, Filipina, Australia, Indonesia, Taiwan, Vietnam, Selandia Baru, Macau, Brunei, memiliki 97 persen saham anak perusahaan di Sri Lanka, 26 persen kepemilikan saham usaha patungan di India, dan kantor perwakilan di Myanmar dan Kamboja

Bisnis yang kini dikenal dengan nama AIA, pertama kali didirikan di Shanghai hampir satu abad yang lalu. AIA merupakan pemimpin pasar di wilayah Asia Pasifik (kecuali Jepang) berdasarkan premi asuransi jiwa dan menduduki posisi terdepan di mayoritas pasarnya. AIA memiliki total asset sebesar USD 168 miliar per 30 November 2015. AIA memenuhi kebutuhan individu atas tabungan jangka panjang dan perlindungan dengan menawarkan produk dan layanan yang lengkap termasuk asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan asuransi kesehatan dan tabungan rencana. Selain itu AIA juga menyediakan program kesejahteraan karyawan, asuransi jiwa kredit dan program pensiun bagi nasabah korporasi. Melalui jaringan keagenan dan karyawan di seluruh Asia Pasifik, AIA melayani lebih dari 29 juta polis individu dan lebih dari 16 juta peserta pemegang polis kumpulan. AIA Group Limited tercatat di Main Board of The Stock Exchange Hong Kong dengan kode saham “1299” dan tercatat di American Depositary Receipts (Level 1) yang diperdagangkan di pasar OTC (dengan symbol ticker: “AAGIY”).


Contact Information 1:
Harry Nugraha

Harry.Nugraha@aia.com
0821 1521 2124


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021