November
02
2017
     18:27

Alibaba Group Gabungkan Pengalaman Ritel Online dan Offline pada 11.11 Global Shopping Festival

Alibaba Group Gabungkan Pengalaman Ritel Online dan Offline pada 11.11 Global Shopping Festival
Publisher

Jakarta, Indonesia - 2 November 2017, Alibaba Group (NYSE:BABA) secara resmi menggelar 11.11 Global Shopping Festival. Festival tahunan yang diadakan setiap 11 November ini memperkenalkan konsep New Retail sebagai fokus tahun ini. Konsep New Retail memperlihatkan masa depan ritel dengan menanamkan elemen toko fisik di media sosial, konten interaktif, dan hiburan dalam satu ekosistem yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Festival belanja online terbesar dan paling dinantikan ini telah diselenggarakan sejak 2009. Bentuknya pun berevolusi dari penjualan online 24 jam menjadi festival belanja 24 hari, baik di platform online maupun pusat perbelanjaan. Setengah miliar konsumen di seluruh dunia dapat menikmati promosi dan penawaran dari 140.000 merek dan 15 juta produk yang terdaftar. Kabar gembiranya, masyarakat internasional, termaksud Indonesia dapat memiliki koleksi Taobao dari platform Lazada. Alibaba mengakuisisi saham Lazada yang menjadi platform e-commerce unggulan se-Asia Tenggara sejak April 2016.

Tahun 2016, bermacam-macam produk Indonesia dipesan oleh konsumen Tiongkok. Produk-produk tersebut di antaranya merupakan makanan ringan ternama seperti Chitato, Qtela, dan Dua Kelinci, dan produk yang paling banyak dipesan adalah kopi instan Kopi Luwak. Dengan meningkatnya minat konsumen dalam memesan produk dari luar negeri, festival tahun ini akan menjadi kali pertama para pedagang dan konsumen merasakan pengalaman konsep New Retail yang menjadi strategi Alibaba untuk mendefinisikan ulang perdagangan dengan mengintegrasi kegiatan online dan offline.

Melihat integrasi dua dunia tersebut, Alibaba Group CEO Daniel Zhang mengatakan, “11.11 Global Shopping Festival merupakan kolaborasi bisnis berskala besar yang menyatukan konsumen, pedagang, perusahaan logistik, institusi keuangan, toko online dan fisik, serta pusat perbelanjaan di seluruh dunia.”

Selain itu, Alibaba juga akan berkolaborasi dengan 52 pusat perbelanjaan untuk mendirikan 60 toko kecil yang didukung dengan konsep New Retail di 12 kota Tiongkok. Konsumen dapat merasakan pengalaman baru pada saat mengunjungi toko-toko tersebut, salah satunya mencoba lipstik dengan menggunakan augmented reality (AR).

“Festival tahun ini merupakan kesempatan yang baik untuk menunjukan inisiatif New Retail yang dipelopori oleh Alibaba,” tambah Zhang.

Fitur lain yang akan dihadirkan pada festival tersebut:

Melibatkan konsumen dengan kegiatan menghibur
Untuk mendorong konsumsi online, Alibaba akan memanfaatkan aset media dan hiburannya untuk permainan augmented-reality, seperti “Catch the Cat” (Tangkap Kucingnya). Tokoh kucing dalam permainan ini adalah maskot Tmall, salah satu marketplace milik Alibaba yang menawarkan produk-produk dari merek ternama serta pengalaman belanja premium. Melalui permainan ini, para konsumen bisa mendapatkan kupon promosi dan hadiah spesial ketika mereka berhasil menemukan dan memindai maskot Tmall tersebut menggunakan aplikasi Taobao yang ada di telepon genggam mereka.

See Now, Buy Now Fashion Show menghadirkan pengalaman baru dalam belanja online
Dengan memanfaatkan platform media dan e-commerce miliknya, Alibaba menghadirkan pengalaman baru untuk konsumen di mana penonton acara peragaan busana See Now, Buy Now bisa langsung membeli produk yang diperagakan. Tahun ini akan menjadi saat yang tepat untuk menerapkan kembali konsep “retail as entertainment” yang pertama kali diterapkan tahun lalu. Bagian dari rangkaian kegiatan 11.11 Global Shopping Festival ini telah diselenggarakan pada tanggal 31 Oktober dan diikuti oleh 27 merek global.

Acara 11.11 Countdown Gala Celebration akan diselenggarakan pada 10 November di Mercedes Benz Arena, Shanghai, Tiongkok. Untuk kedua kalinya, acara ini akan dipimpin oleh produser Hollywood, David Hill. Acara ini akan disiarkan langsung di tiga saluran televisi ternama di Tiongkok, yaitu Zhejiang TV, Shenzhen TV, dan Beijing TV, dan menghadirkan penyanyi serta selebriti terama yang akan segera diumumkan.


Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved