May
17
2017
     13:10

Anak Perusahaan Abipraya, Resmikan PLTM di Bengkulu

Anak Perusahaan Abipraya, Resmikan PLTM di Bengkulu
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

 Bengkulu, 16 Mei 2017PT Brantas Abipraya (Persero), perusahaan industri konstruksi milik negara melalui anak usahanya PT Brantas Energi meresmikan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro karya pertama PT Sahung Brantas Energi yaitu SPC perusahaan Brantas Abipraya di Bengkulu. Bernama PLTM Padang Guci, PLTM ini memiliki kapasitas 3x2 MW dan dibangun di Desa Bungin Tambun III dengan memanfaatkan derasnya aliran sungai Padang Guci.

“Alhamdulillah per tanggal 14 April 2017 PLTM ini sudah beroperasi dengan status komersial,” ujar Sutjipto, selaku Direktur Utama Brantas Energi.

Memperkuat penjelasannya, tanggal 20 April 2017 lalu penandatanganan Berita Acara COD (Commercial Operation Date) oleh PT PLN Wilayah S2JB dan PT Sahung Brantas Energi telah dilaksanakan. Diharapkan pembangkit listrik ini memberikan manfaat bagi warga sekaligus meningkatkan produktivitas.

“PLTM Padang Guci ini diharapkan mampu menjadi solusi bagi masyarakat di Bengkulu yang sampai saat ini masih kekurangan pasokan listrik,” imbuh Sutjipto.

Setelah sukses merampungkan PLTS Gorontalo kapasitas 2 MWP, dalam rangka menyokong program Pembangunan Pembangkit 35.000 MW yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, diharapkan proyek ini dapat menjadi milestone dan konstribusi Perusahaan bagi pembangunan energi baru terbarukan (EBT) yang merupakan komitmen Pemerintah.

Lebih lanjut Sutjipto mengatakan, di dalam tahun 2017 akan direncakan untuk mulai konstruksi PLTM Padang Guci 2 dengan kapasitas 2x3,5 MW yang terletak di Hulu Padang Guci yang sedang operasi saat ini. Ke depan Brantas Energi dapat terus eksis mengembangkan energi terbarukan yang ramah lingkungan melalui PLTA, PLTM atau PLTS untuk mengoptimalkan semaksimal mungkin material yang tersedia di Indonesia.

“Kami optimistis PLTM Padang Guci dapat menyuplai kebutuhan listrik di daerah sekitar Bengkulu. Capaian ini pun menjadi salah satu bukti komitmen Brantas Abipraya dalam membangun infrastruktur ketenagalistrikan di Indonesia,” pungkas Sutjipto.


Contact Information 1:
Atria Dea Prawesti

atriadea@gmail.com
0812 86727040


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021