June
21
2017
     18:57

Bank Muamalat dan HK Realtindo Kerjasama Supply Chain Financing Senilai Rp 125 Miliar

Bank Muamalat dan HK Realtindo Kerjasama Supply Chain Financing Senilai Rp 125 Miliar
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Jakarta, 16 Juni 2017 – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (“Bank Muamalat”) dan anak perusahaan PT Hutama Karya, PT HK Realtindo (“HK Realtindo”) menandatangani perjanjian kerjasama supply chain financing sebesar Rp125 Miliar, hari ini (16/6) di Jakarta. Kerjasama ini merupakan upaya Bank Muamalat meningkatkan pembiayaan korporasi.

“Bank Muamalat ingin terus meningkatkan pembiayaan korporasi dengan langkah-langkah yang prudent. Melalui kerjasama dengan HK Realtindo ini, kami bisa melakukan diversifikasi risiko pembiayaan kepada para selected supplier yang telah direkomendasikan oleh anchor,” kata Indra Y. Sugiarto, Direktur Korporasi Bank Muamalat.

Dengan adanya kerjasama supply chain financing antara Bank Muamalat dan HK Realtindo, Bank Muamalat akan memberikan pembiayaan kepada para mitra usaha atau supplier yang terkait dalam proyek dan telah direkomendasikan oleh HK Realtindo yang bertindak sebagai anchor.

Bagi para mitra usaha atau supplier HK Realtindo, kerjasama ini akan membantu arus kas dengan mempercepat penerimaan pembayaran atas tagihan pekerjaan proyek milik HK Realtindo. Bank Muamalat akan memberikan talangan kepada supplier dengan akad qardh atas tagihan tersebut.

Indra menjelaskan, melalui kerjasama ini, Bank Muamalat mendapatkan informasi menyeluruh dari supplier dan anchor sehingga risiko informasi asimetris dalam pemberian fasilitas pembiayaan bisa terminimalisir. Kerjasama ini juga membantu mempercepat proses akuisisi nasabah baik korporasi maupun komersial yang otomatis meningkatkan portfolio Bank Muamalat.

“Dengan demikian kami bisa meminimalisir resiko double financing terhadap underlying dokumen yang sama. Dengan adanya kerjasama ini, Bank Muamalat mendapatkan kepastian dari Anchor,” jelas Indra.

Kerjasama ini memperkuat positioning Bank Muamalat di industri perbankan syariah Indonesia. Sekaligus ini merupakan bukti, Bank Muamalat mendukung penuh pertumbuhan ekonomi Indonesia, melalu pembiayaan di sektor properti dan infrastruktur.

Koentjoro, Direktur Utama HK Realtindo mengatakan, kerjasama ini membantu kelancaran arus kas (cash flow) perseroan. Ini sekaligus merupakan upaya bagi HK Realtindo untuk meningkatkan loyalitas supplier.

“Kerjasama ini sangat baik bagi kami, karena dengan cara ini kami juga bisa memelihara hubungan yang baik dengan patner-patner bisnis kami, para supplier,” tegas Koentjoro.

Endy PR Abdurahman, Direktur Utama Bank Muamalat menambahkan, Bank Muamalat memajukan sektor properti dan konstruksi Indonesia agar semakin tumbuh positif, setelah sebelumnya pada 2015 mengalami perlambatan. “Kerjasama ini pun menjadi salah satu upaya Bank Muamalat untuk meningkatkan portofolio korporasi dan ritel perusahaan secara sehat dan terdiversifikasi dengan baik,” kata Endy.

Saat ini tren pertumbuhan ekonomi di Indonesia sedang positif, yang mendorong optimisme berbagai pihak untuk mengembangkan bisnis. Pada 2017 adalah tahun lepas landas bagi industri properti dan konstruksi untuk tumbuh dan berkembang.

HK Realtindo adalah anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero), dengan beberapa proyek masterpiece antara lain H Tower Rasuna Said, H Residence MT Haryono, H Mansion Pejaten, H Residence at Soetta, HAKA Hotel Semarang, The Enviro Cikarang, dan beberapa proyek prestisius lain, dengan lokasi strategis dan berdaya jual tinggi. Kerjasama pembiayaan supply chain ini nantinya akan melibatkan tiga pihak, yaitu Bank Muamalat, HK Realtindo sebagai perusahaan anchor dan para pemasok/vendor dari HK Realtindo.

Tentang HK Realtindo:

HK Realtindo (HKR), anak usaha PT. Hutama Karya (Persero) didirikan pada tahun 2010 dengan proyek perdananya H Tower yang berlokasi di Rasuna Said, Jakarta Selatan. Proyek H Tower Rasuna Said terbilang cukup inovatif dengan mengetengahkan konsep properti mixed-use yang terintegrasi dengan fasilitas kesehatan. H Tower Rasuna Said juga telah mendapatkan penghargaan dari Majalah Properti Indonesia sebagai Property Indonesia Award Winner – Residential Category – The Winning Concept Apartment. Situs jual beli properti terkemuka juga memberikan penghargaan untuk beberapa proyek HKR yaitu H Mansion Pejaten untuk Best On The Area Residential Jakarta, H Residence MT Haryono untuk Best On The Area Apartment Jakarta Timur, dan Olympic Residence Sentul sebagai Best On The Area Apartment Bogor & Sentul. Olympic Residence Sentul juga dinobatkan sebagai Top Property Awards 2016 untuk kategori Apartment Depok & Bogor. HKR juga dinobatkan sebagai Pengembang Paling Dikagumi dan Top 100 Most Admired Property and Bank Companies 2016. HKR juga telah mendapatkan sertifikat ISO 9001.2:2008 integrasi OHSAS 18001:2007. Semester dua 2016, HKR kembali dianugerahi penghargaan Best Product Branding di ajang BUMN Branding & Marketing Awards 2016. HKR juga tercatat sebagai salah satu anak usaha BUMN konstruksi yang aktif menerapkan konsep manajemen perusahana terpadu berbasis teknologi dan komitmen mendukung kegiatan-kegiatan sosial kesyarakatan melalui program HKR Untuk Negeri.

Tentang Bank Muamalat

PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk merupakan pionir perbankan syariah. Didirikan pada 1 November 1991 dan memulai operasi pada 1 Mei 1992, hingga kini Bank Muamalat terus mempertahankan eksistensinya. Sejak berdiri, Bank Muamalat terus berinovasi dengan meluncurkan produk-produk unggulan. Kartu Shar-e Gold Debit Bank Muamalat menjadi kartu chip pertama yang dapat digunakan untuk bertransaksi bebas biaya di jutaan merchant di seluruh dunia. Kartu Shar-e Gold Debit bahkan meraih predikat sebagai Kartu Debit Syariah Berteknologi Chip Pertama di Indonesia oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

Hingga saat ini, Bank Muamalat telah memiliki 363 jaringan kantor layanan di seluruh Indonesia. Inovasi yang dilakukan Bank Muamalat terus berlanjut. Layanan Muamalat Mobile, peluncuran produk Zafirah Proteksi Sejahtera, kerjasama dengan klub sepakbola dunia Arsenal FC, merupakan bagian dari wujud transformasi Bank Muamalat menjadi Bank yang modern.

Saat ini, Bank Muamalat dimiliki oleh pemegang saham Islamic Development Bank atau IDB (32,7%), Boubyan Bank, Kuwait (22,0%), Atwill Holdings Limited, Saudi Arabia (17,9%), National Bank of Kuwait (8,5%), dan beberapa badan usaha dan individu lainnya. Boubyan Bank dimiliki oleh National Bank of Kuwait.


Contact Information 1:
Fauzan Fadli

zanfadli@gmail.com
08561811853


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021