December
07
2017
     17:12

Bermitra dengan G4S, Standard Chartered Bank Luncurkan Layanan Cash Collection secara Real-Time Pertama di Indonesia

Bermitra dengan G4S, Standard Chartered Bank Luncurkan Layanan Cash Collection secara Real-Time Pertama di Indonesia
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Jakarta, 7 Desember 2017 – Standard Chartered Bank (“Bank”) hari ini meluncurkan layanan cash collection secara real-time yang pertama di Indonesia dengan memanfaatkan Cash Depost Machine (CDM) bermitra dengan G4S.

Cash Deposit Machine (CDM) merupakan mesin transaksi yang menyediakan solusi penyetoran uang tunai secara digital dengan memanfaatkan platform digital Bank yang terintegrasi dimana penyetoran dana yg dilakukan melalui mesin akan langsung terkredit ke rekening klien secara real time dan dapat dimonitor melalui internet banking yaitu Straight2Bank sehingga lebih aman, transparan, dan efisien. “Standard Chartered Bank bangga menjadi Bank pertama yang memberikan layanan cash collection real-time pertama di Indonesia. Komitmen kami dalam melakukan inovasi, khususnya digital, menjadi bukti bahwa Bank siap untuk tampil terdepan dalam memberikan solusi yang terbaik bagi klien,” ungkap Rino Donosepoetro, CEO Standard Chartered Bank Indonesia.

CDM ditujukan bagi klien korporasi bank dengan cash inflows yang besar seperti dari segmen fast moving consumer goods (FMCG), retailer, logistik dan jasa terkait. Kini nasabah korporasi tidak perlu khawatir terlambat menyetor uang tunai ke Bank dan mendapatkan laporan di kemudian hari. Dapat dioperasikan sendiri (self-help) selama 24/7, mesin CDM akan ditempatkan di kantor-kantor klien yang dapat digunakan kapan saja. Laporan pun akan diproses secara elektronik saat itu juga. Selain itu, mesin ini memiliki kemampuan untuk menampung hingga 10.000 uang kertas dan 1.500 uang koin.

Michael Sugirin, Head of Transaction Banking, Standard Chartered Bank Indonesia, mengatakan, “Melalui inovasi CDM, klien akan seperti memiliki kantor cabang Bank di dalam kantor mereka. Sistem yang kami ciptakan memungkinkan klien untuk melakukan penyetoran uang tanpa harus ke Bank. Didukung pelaporan secara real-time, hal ini tidak hanya akan meningkatkan kenyamanan dalam bertransaksi, namun juga akan meningkatkan efektivitas dan produktivitas terkait pengelolaan cash (cash management)”.

Fitur lain dari layanan CDM ini diantaranya penghitungan uang tunai secara otomatis, penyaringan terhadap mata uang palsu dan audit trail secara menyeluruh (full audit trail). Selain itu, CDM juga mampu melakukan identifikasi akurat terhadap penyetor dana dengan memanfaatkan kartu pengguna yang telah didaftarkan (registrered user card) untuk mengakses mesin CDM. Untuk memastikan pengalaman terbaik dalam bertransaksi, mesin ini juga dilengkapi dengan alat yang memungkinkan penyetoran dengan uang koin dan kertas untuk dilakukan dalam satu transaksi.

Michael menjelaskan bahwa pelaku usaha berhadapan dengan berbagai tantangan dalam melakukan transaksi secara tunai mulai dari waktu untuk melakukan pengumpulan, perhitungan dan pelaporan transaksi dengan uang tunai hingga tantangan biaya dan sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan untuk melakukan proses tersebut. Dengan efisiensi yang akan dihasilkan, layanan ini dapat berkontribusi terhadap kapasitas penjualan yang lebih meningkat. “Dari segi keamanan, sistem layanan CDM pun dapat mengurangi risiko yang timbul dari transaksi uang tunai berkat dukungan dari G4S,” tambah Michael.

Michael menjelaskan bahwa pelaku usaha berhadapan dengan berbagai tantangan dalam melakukan transaksi secara tunai mulai dari waktu untuk melakukan pengumpulan, perhitungan dan pelaporan transaksi dengan uang tunai hingga tantangan biaya dan sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan untuk melakukan proses tersebut. Dengan efisiensi yang akan dihasilkan, layanan ini dapat berkontribusi terhadap kapasitas penjualan yang lebih meningkat. “Dari segi keamanan, sistem layanan CDM pun dapat mengurangi risiko yang timbul dari transaksi uang tunai berkat dukungan dari G4S,” tambah Michael.

G4S adalah mitra terpercaya yang dipilih Standard Chartered Bank untuk mendukung solusi keamanan di layanan cash collection dengan memanfaatkan CDM. Bank dan G4S telah memiliki relasi yang panjang dimana beberapa layanan Bank di tingkat Global juga didukung oleh perusahaan penyedia solusi keamanan terbesar di dunia ini.

Dalam kemitraan ini, G4S bertanggung jawab untuk mengambil dan memproses uang tunai yang disetor melalui CDM. Selain itu, perusahaan juga bertanggung jawab terhadap maintenance dari mesin CDM dan isu-isu terkait kartu (registered user card). Perusahaan juga bertanggung jawab untuk mengirimkan laporan perhitungan uang kepada Bank.

David Batubara, Presiden Direktur G4S Indonesia menyatakan, “Dengan kesamaan visi tentang digitalisasi dan menempatkan keamanan dalam setiap layanan, merupakan kebanggaan bagi kami sebagai mitra global Standard Chartered Bank Indonesia untuk dapat terlibat dalam inovasi layanan keuangan baru di Indonesia melalui layanan end to end Cash Deposit Machine yang meliputi Cash in Transit, Cash Processing, dan Cash Vaulting.

Standard Chartered merupakan mitra global G4S dan kerjasama kami dengan Standard Chartered Bank Indonesia tidak hanya mencakup pada layanan end to end Cash Deposit Machine, namun turut terjalin untuk berbagai layanan. Kami berharap kerjasama ini dapat terus berjalan dan memberikan kontribusi positif bagi pengalaman perbankan nasabah.

Standard Chartered Bank menargetkan di tahun 2018 setidaknya 300-400 mesin CDM ditempatkan di kantor-kantor klien korporasi Bank yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Dibawah ini adalah sejumlah kelebihan yang dimiliki jika menggunakan Cash Deposit Machine:

1. Mengurangi kegiatan penghitungan uang tunai hingga 75%.
2. Bisa menerima uang kertas dan koin.
3. Mencegah uang palsu (mesin akan mendeteksi secara otomatis dan menolak jika uang yang
dimasukkan palsu).
4. Mengurangi kemungkinan uang tunai dalam jumlah banyak menginap di kantor (menghindari bahaya
pencurian).
5. Secara umum, rata-rata biaya pengelolaan uang tunai melalui Cash Deposit Machine turun hingga
kurang lebih 0.50-1% dibandingkan menggunakan metode konvensional yaitu kurang lebih 2%-2.5%.

TENTANG STANDARD CHARTERED

Kami adalah grup perbankan internasional terdepan, dengan dukungan lebih dari 84,000 orang staf serta rekam sejarah lebih dari 150 tahun di beberapa pasar dinamis di dunia. Kami melakukan kegiatan perbankan bersama masyarakat dan perusahaan untuk giatkan investasi, perdagangan, serta penciptaan kemakmuran di Asia, Afrika dan Timur Tengah. Warisan dan nilai-nilai budaya kami tercermin melalui janji merek kami, yaitu Here for good. Standard Chartered PLC tercatat di Bursa Saham London dan Hong Kong, serta di Bursa Saham Nasional di India dan Mumbai. Sebagai salah satu bank tertua di Indonesia, Standard Chartered Bank rmemiliki pengalaman lebih dari 150 tahun sejak memulai layanan pertama kali pada tahun 1863 lalu. Dengan dukungan 23 kantor cabang yang terletak di 8 kota besar di Indonesia dan jaringan di lebih dari 30,000 ATM Bersama, menjadikan Standard Chartered adalah salah satu bank internasional dengan rekam jejak terluas di Indonesia. Standard Chartered juga memiliki saham di PermataBank. Untuk informasi lebih lanjut harap kunjungi www.sc.com, atau blog kami, BeyondBorders. Ikuti pula akun media sosial Standard Chartered di Twitter, LinkedIn dan Facebook.

TENTANG G4S

G4S adalah perusahaan keamanan global terkemuka yang terintegrasi, dengan spesialisasi dalam penyediaan layanan dan solusi keamanan untuk pelanggan. Misi kami adalah untuk menciptakan nilai keuntungan yang berkelanjutan bagi para pelanggan dan pemegang saham dengan menjadi mitra penyedia jasa terbaik di seluruh pasar keamanan. G4S tercatat di London Stock Exchange dan memiliki bursa saham kedua yang terdaftar di Copenhagen. G4S aktif di sekitar 100 negara dan memiliki lebih dari 585.000 karyawan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai G4S, kunjungi www.g4s.com.


Contact Information 1:
Dody Rochadi

CorporateAffairs.Indonesia@sc.com
(021) 57999000