March
22
2017
     15:39

BSDE Cetak Laba Bersih Rp1,80 Triliun Pada Tahun 2016

Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Tangerang, 22 Maret 2017 – Pengembang  properti berkapitalisasi pasar terbesar di tanah air, PT Bumi Serpong Damai Tbk. (kode saham: BSDE) sukses meraih laba bersih sebesar Rp1,80 triliun pada tahun 2016. Sementara itu, Pendapatan pada tahun lalu mencapai Rp6,52 triliun yang sebagian besar masih ditopang oleh penjualan tanah dan bangunan serta bangunan strata title sebesar Rp5,28 triliun atau 81% dari Total Pendapatan. 

Kontributor kedua adalah dari pendapatan sewa yang mencapai Rp811,43 miliar atau naik 12% dari tahun 2015.

“Perusahaan masih mampu menjaga tingkat profitabilitas kinerja yang tinggi dengan marjin laba kotor 72% dan margin laba bersih mencapai 27%,” tutur Hermawan Wijaya, Direktur BSDE.

Menurutnya, kuatnya tingkat profitabilitas kinerja perusahaan ditopang oleh komitmen BSDE untuk terus menghadirkan produk berkualitas tinggi kepada para konsumen.

Pada kuartal terakhir tahun lalu, BSDE telah meluncurkan beberapa proyek yang mendapatkan respon cukup positif dari konsumen. Di segmen residensial misalnya, pada November 2016 yang lalu BSDE telah meluncurkan klaster baru “The Mozia” yang dinamakan “Piazza”. Klaster ini dikelilingi oleh QBig Mall, Court Mega Store, IPEKA Christian School, dan terhubung langsung ke Indonesia Convention and Exhibition (ICE).  “Pada hari pertama peluncuran, klaster tersebut telah terjual 65% atau setara Rp75 miliar,” papar Hermawan.

Selain itu, di segmen komersial, BSD City juga meluncurkan ruko baru pada Desember 2016 dengan nama “Piazza the Mozia Shop Houses”, yang berlokasi dekat dengan proyek residensial BSD City fase kedua termasuk The Eminent, Vanya Park, dan Regent Town serta dekat dengan proyek joint venture dengan Mitsubishi Corporation.

Kehadiran produk-produk baru tersebut kian memperkuat Aset BSDE. Pada tahun lalu, Jumlah Aset meningkat menjadi Rp38,29 triliun dari tahun sebelumnya Rp36,02 triliun. Sementara itu, Jumlah Ekuitas naik menjadi Rp24,35 triliun pada tahun lalu dari sebelumnya Rp22,09 triliun di tahun 2015. Untuk terus berkembang dan menopang pertumbuhan kinerja berkelanjutan, Kas dan setara Kas juga tetap kuat di level Rp3,57 triliun.

 “Kami akan terus berkembang dengan dukungan kas yang sangat kuat, landbank yang besar, brand yang sangat positif serta jaringan bisnis yang luas sehingga akan memperkuat kinerja kami di masa mendatang,” pungkas Hermawan.

Sekilas mengenai PT Bumi Serpong Damai Tbk.

PT Bumi Serpong Damai Tbk (“BSDE”) merupakan pengembang BSD City, kota mandiri terbesar di Indonesia dan flagship project Sinar Mas Land seluas 5.950ha yang terdiri atas kawasan perumahan dan kawasan niaga terpadu. Pada awal tahun 2011, BSDE telah merampungkan  proses  akuisisi  perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk., PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.

Perkuatan portofolio Pendapatan kembali dilakukan pada tahun 2013 melalui aksi korporasi berupa pembentukan tiga Entitas Anak hasil joint venture dengan beberapa mitra strategis baik itu internasional maupun nasional. Ketiga Entitas Anak tersebut antara lain: 1) PT Bumi Parama Wisesa (BSDE & Hongkong Land), 2)PT Praba Selaras Pratama (BSDE & AEON Mall Japan), 3) PT Indonesia International Expo (BSDE & Dyandra).

Ke depannya, berbagai aksi korporasi telah dilakukan oleh BSDE. Dana segar yang diperoleh akan memperkuat cadangan kas BSDE untuk mengembangkan dan meraih peluang-peluang bisnis yang potensial guna menjamin pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di masa mendatang.

BSDE saat ini tercatat sebagai emiten properti terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp33,78triliun pada tahun 2016.


Contact Information 1:
Hermawan Wijaya

corporate.secretary@sinarmasland.com
021-50368368


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021

Release Terkini