January
30
2017
     15:41

BSDE Raih Marketing Sales Rp 6,3 Triliun Selama Tahun 2016

BSDE Raih Marketing Sales Rp 6,3 Triliun Selama Tahun 2016
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Tangerang, 29 Januari 2017 — Pengembang properti dengan kapitalisasi pasar terbesar di Indonesia, PT Bumi Serpong Damai Tbk. (kode saham: BSDE) sukses membukukan pendapatan pra-penjualan senilai Rp6,3 triliun yang ditopang oleh kuatnya penjualan produk residensial dan penjualan lahan.

Hermawan Wijaya menjelaskan penjualan residensial pada tahun lalu berkontribusi Rp3,6 triliun, atau sebesar 58% dari total pendapatan pra-penjualan (marketing sales) BSDE. Lebih lanjut dia menyebutkan dari sisi jumlah unit residensial yang berhasil dijual, terdapat kenaikan penjualan sebesar 15% yakni dari 2.287 unit pada tahun 2015 menjadi 2.263 unit pada tahun 2016.

“Kami melihat ada perbaikan permintaan residensial pada kuartal terakhir tahun lalu. Dengan pulihnya daya beli masyarakat yang diikuti dengan membaiknya pertumbuhan ekonomi, kami berharap tren positif ini dapat berlanjut pada tahun 2017,” kata Hermawan.

BSDE juga mencatatkan penjualan produk strate title sebesar Rp390 miliar dan produk ruko sebesar Rp985 miliar. Sementara itu, penjualan lahan meningkat pesat dari Rp608 miliar pada tahun 2015 menjadi Rp1,25 triliun tahun 2016. Kenaikan tersebut didorong oleh penjualan lahan untuk proyek joint venture antara BSDE dengan perusahaan asal Jepang Mitsubishi Corporation untuk menggarap lahan seluas 19 hektare.

Adapun dari sisi sebaran proyek, BSD City di Serpong berkontribusi 73% terhadap total pra-penjualan BSDE, disusul oleh Nava Park di BSD City 7%, Grand Wisata di Bekasi 5%, Kota Wisata di Cibubur 4%, Taman Banjar Wijaya di Tangerang 4% dan sisanya 7% berasal dari proyek Legenda Wisata di Cibubur, Grand City di Balikpapan, Taman Permata Buana di Jakarta dan Element Rasuna Jakarta CBD.

Sekilas mengenai PT Bumi Serpong Damai Tbk.

PT Bumi Serpong Damai Tbk (“BSDE”) merupakan pengembang BSD City, kota mandiri terbesar di Indonesia dan flagship project Sinar Mas Land seluas 5.950ha yang terdiri atas kawasan perumahan dan kawasan niaga terpadu. Pada awal tahun 2011, BSDE telah merampungkan  proses  akuisisi  perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk., PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.

Perkuatan portofolio Pendapatan kembali dilakukan pada tahun 2013 melalui aksi korporasi berupa pembentukan tiga Entitas Anak hasil joint venture dengan beberapa mitra strategis baik itu internasional maupun nasional. Ketiga Entitas Anak tersebut antara lain: 1) PT Bumi Parama Wisesa (BSDE & Hongkong Land), 2)PT Praba Selaras Pratama (BSDE & AEON Mall Japan), 3) PT Indonesia International Expo (BSDE & Dyandra).

Ke depannya, berbagai aksi korporasi telah dilakukan oleh BSDE. Dana segar yang diperoleh akan memperkuat cadangan kas BSDE untuk mengembangkan dan meraih peluang-peluang bisnis yang potensial guna menjamin pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di masa mendatang.

 

BSDE saat ini tercatat sebagai emiten properti terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp34 triliun pada tahun 2015.


Contact Information 1:
Hermawan Wijaya

corporate.secretary@sinarmasland.com
021-50368368


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021

Release Terkini