May
17
2017
     13:01

Chandra Asri Petrochemical Terus Mencetak Kinerja yang Kuat Pada Kuartal I-2017

Chandra Asri Petrochemical Terus Mencetak Kinerja yang Kuat Pada Kuartal I-2017
Publisher
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Jakarta, 17 Mei 2017 - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk ("CAP"), perusahaan petrokimia Indonesia terbesar yang terintegrasi, melanjutkan kinerjanya yang kuat pada Kuartal Pertama 2017, hal ini disebabkan oleh margin petrokimia yang baik dan volume yang lebih tinggi dari ekspansi Cracker Ethylene.

Pendapatan Bersih mencapai US$632,7 juta, meningkat 77% dibandingkan dengan US$358,2 juta pada Kuartal Pertama 2016, sebagian besar disebabkan oleh kenaikan volume penjualan sebesar 37% menjadi 554KT dari 405KT pada Kuartal Pertama 2016 ditambah dengan marjin laba kotor yang lebih tinggi sebesar 28% dibandingkan dengan 17% pada Kuartal Pertama 2016, terutama dari marjin kuat yang dihasilkandari produk-produk Olefins dan Butadiene.

Dibandingkan dengan Kuartal Pertama 2016, Laba Kotor meningkat hampir 3 kali lipat atau 185% y-o-y menjadi US$176,3 juta dari US$61,9 juta dan Laba Bersih menjadi US$107,8 juta, meningkat 181% y-o-y dari US$38,4 juta.

Selain itu, Perseroan memiliki sejumlah rencana ekspansi yang sedang dieksekusi dan dalam perencanaan seperti peningkatan kapasitas pabrik Butadiene sebesar 37% menjadi 137KTA, debottlenecking pabrik Polypropylene menjadi 560KTA dari 480KTA, rencana pembangunan pabrik Polyethylene baru dengan kapasitas sebesar 400KTA, dan studi kelayakan kompleks petrokimia terintegrasi kedua di Indonesia.

Bapak Erwin Ciputra selaku Presiden Direktur Perseroan, menyampaikan “Hasil kinerja yang cemerlang ini menegaskan kembali strategi Perseroan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan diversifikasi portofolio produk Perseroan untuk memberikan nilai lebih tinggi kepada para pemangku kepentingan dan berkontribusi terhadap pertumbuhan industri petrokimia di Indonesia. Industri petrokimia pada dasarnya bersifat siklikal dan untuk sepanjang tahun 2017 yang tersisa, Perseroan akan fokus untuk mempertahankan utilisasi pabrik yang tinggi, menjalankan operasi yang aman dan mengoptimalisasi portofolio produk Perseroan”.

Sekilas CAP

CAP, anak perusahaan PT Barito Pacific Tbk sebagai pemegang saham mayoritas, merupakan perusahaan petrokimia Indonesia terbesar yang terintegrasi yang memproduksi olefins dan polyolefins. CAP menggabungkan teknologi terkini dan fasilitas penunjang di Cilegon dan Serang, Provinsi Banten. Perseroan merupakan satu-satunya produsen yang mengoperasikan naphtha cracker, dan juga produsen domestik tunggal styrene monomer dan butadiene. Selain itu, Perseroan merupakan produsen propylene dan polypropylene terbesar di Indonesia. CAP menghasilkan bahan baku plastik dan kimia yang digunakan untuk produk kemasan, pipa, otomotif, elektronik, dll. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi www.chandra-asri.com.

 


Contact Information 1:
Suryandi Director PT Chandra Asri Petrochemical Tbk

suryandi@capcx.com
(62-21) 530 7950


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021