February
13
2018
     14:33

Citi Indonesia Memperoleh Kepercayaan dari Coca-cola Amatil Indonesia untuk Sediakan Solusi Cash Management dan Trade Finance

Citi Indonesia Memperoleh Kepercayaan dari Coca-cola Amatil Indonesia untuk Sediakan Solusi Cash Management dan Trade Finance
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Jakarta, 13 Februari 2018 – Citi Indonesia hari ini mengumumkan bahwa Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI)—perusahaan penjual, produsen, dan distribusi minuman terkemuka di Indonesia—telah menunjuk Citi Indonesia sebagai penyedia solusi Cash Management dan Trade Finance untuk CCAI. Kesepakatan penunjukan ini ditandatangani oleh CEO Citi Indonesia Batara Sianturi, President Director CCAI Kadir Gunduz, Managing Director, Head of Global Subsidiaries Group Citi Indonesia Riko Tasmaya dan Finance and Governance Director CCAI Thomas Praming.

Di Asia Pasifik, bisnis Treasury and Trade Solutions (TTS) Citi menyediakan layanan cash management dan trade finance terintegrasi untuk perusahaan-perusahaan multinasional, lembaga keuangan, dan sektor publik di seluruh dunia. Dengan menggunakan platform, tools dan analitik berbasis digital dan mobile yang lengkap, TTS terus memimpin dalam memberikan solusi yang inovatif dan disesuaikan bagi nasabah Citi. TTS menawarkan rangkaian treasury and trade solutions yang lengkap termasuk solusi cash management, receivables, liquidity management dan investment services, working capital solutions, commercial card programs, serta trade finance and services.

President Director Coca-Cola Amatil Indonesia Kadir Gunduz, mengatakan bahwa bekerja dengan mitra yang tepat sangatlah penting bagi perjalanan transformasi CCAI. “Saat ini, CCAI dengan berkekuatan 10.000 tenaga kerja melayani lebih dari 830,000 pelanggan dan jumlahnya terus meningkat. Oleh karena itu, kami menyadari pentingnya kerja sama dengan mitra yang mengerti skala bisnis dan ambisi masa depan perusahaan kami.” Selama tahun 2017 CCAI telah menanam investasi lebih dari US$ 110 juta dalam bentuk Mega Distribution Center dan beberapa lini produksi baru. “Kami tahu bahwa Citi memiliki puluhan tahun pengalaman, inovasi, dan teknologi terdepan yang kami percaya dapat memberikan nilai tambah dalam rencana pertumbuhan bisnis CCAI,” tambah Kadir.  

Managing Director, Head of Global Subsidiaries Group Citi Indonesia Riko Tasmaya mengatakan, "Citi memiliki hubungan yang baik di tingkat global dengan Coca-Cola Amatil di Australia dan Indonesia, dalam hal Treasury and Trade Solutions, Capital Markets, Risk Management dan Corporate Finance. Kepercayaan ini akan semakin memperkuat kemitraan yang sudah terjalin lama, dan kami mengucapkan terima kasih kepada Coca-Cola Amatil atas kepercayaan mereka yang terus berlanjut kepada Citi. Sebagai bank pilihan dan penasihat keuangan terpercaya, kami berharap dapat terus menawarkan proposisi nilai yang unik, dengan memanfaatkan kekuatan jaringan global kami dan inovasi digital untuk mendukung pertumbuhan CCAI."

Director, Head of Treasury and Trade Solutions Citi Indonesia Vincent C. Soegianto menjelaskan bahwa solusi Cash Management dari Citi memiliki kemampuan untuk mengotomatisasi proses pembayaran CCAI melalui konektivitas host-to-host, menghadirkan proses rekonsiliasi tanpa hambatan, dan menyajikan laporan dalam bentuk digital yang aman. “Solusi kami yang lengkap dan terdepan di industri keuangan memungkinkan CCAI dalam mencapai efisiensi operasional yang lebih tinggi, meningkatkan visibilitas dan kontrol, mempercepat proses dan meminimalkan risiko transaksi,” tambahnya.  

Citi juga menerapkan Supplier Finance Program untuk CCAI, yang memungkinkan CCAI untuk memperbaiki waktu Day Payable Outstanding dan meningkatkan siklus perputaran kas dengan memperpanjang jangka
 

Waktu pembayaran. Bersamaan dengan itu, para suplier CCAI juga dapat membiayai  piutang mereka dengan tingkat suku bunga yang menarik dibandingkan dengan apa yang selama ini mereka dapatkan. Hal ini akan akan menguntungkan kedua belah pihak, baik CCAI maupun suplier.

Solusi Cash Management dan Trade Finance dari Citi didukung oleh solusi digital yang efisien untuk mendorong otomatisasi dan otonomi yang lebih besar dari operasional treasury CCAI, sehingga CCAI dapat memiliki visibilitas yang lebih baik terhadap siklus treasury. Bisnis Treasury and Trade Solutions dari Citi berkomitmen untuk terus memanfaatkan inovasi dan digitalisasi untuk membantu para nasabah menyesuaikan model operasi dengan lebih baik dalam mengakomodasi perubahan pasar dan tuntutan bisnis.

Finance and Governance Director CCAI Thomas Praming mengatakan, “Dalam rangka pencapaian efisiensi dan efektifitas bisnis CCAI, kami memerlukan mitra yang terpercaya dalam menangani cash management perusahaan. Hubungan kemitraan kami dengan Citibank telah terjalin sejak lama, meliputi layanan seperti Cash Management, Treasury and Trade Solution, FX Solution, serta produk kartu kredit korporasi bagi karyawan kami. Kami berharap bahwa bentuk kerja sama yang baru ini akan memberikan dampak positif dalam pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, baik bagi CCAI maupun Citibank Indonesia.”

 Tentang Citibank Indonesia

Citibank N.A., Indonesia merupakan cabang dari Citibank N.A., New York, USA. Di Indonesia, Citibank N.A., Indonesia telah berdiri sejak tahun 1968 dan dan merupakan salah satu bank berjaringan internasional terbesar di negara ini. Citibank mengoperasikan 10 cabang  di enam kota besar – Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, dan Denpasar. Di Indonesia, Citibank memiliki jaringan transaksi konsumen sekitar 33.000 titik pembayaran dan jaringan distribusi korporasi sekitar 6.000 lokasi di 34 provinsi. Citibank N.A., Indonesia tersambung dalam jaringan ATM Bersama dengan lebih dari 70.000 terminal ATM yang tersebar di berbagai lokasi di seluruh wilayah Indonesia.

Di tahun 2017, Citibank Indonesia mendapatkan penghargaan bergengsi sebagai Best Corporate/Institutional Digital Bank dan Best Consumer Digital Bank dari Global Finance Magazine, Best of the Best Philanthropy, Best Employee Volunteering dan Best Social PR Program dari Mix Magazine, Best Foreign Bank di Indonesia dari Finance Asia, Bank dengan Kepatuhan Pelaporan Terbaik di Kategori LLD (Lalu Lintas Devisa) dan DHE (Devisa Hasil Ekspor) dari Bank Indonesia, The Asset Asian Triple-A Awards sebagai Best e-Bank in Indonesia, Best Bank – Global in Indonesia, Best Corporate and Institutional Bank – Global in Indonesia, Best Corporate Bond in Indonesia, dan Best Liability Management in Indonesia serta Best Perform in Custodian Bank dan Indonesia Digital Innovation Award 2017 di kategori Bank Asing dari majalah Warta Ekonomi. Tahun 2016 ini Citibank Indonesia mendapatkan berbagai penghargaan, antara lain dari Triple-A Asset Awards sebagai  “Best e-Bank in Indonesia” dan dari Global Finance sebagai “The Best Digital Bank”, dari Finance Asia dan dari Alpha Southeast Asia sebagai “Best Foreign Bank in Indonesia”, dari majalah SWA sebagai co-winner “ Best Companies in Creating Leaders from Within”, dari majalah Warta Ekonomi sebagai “Best Digital Innovation Awards for Banking in the Category of Top 1 Foregin Bank”, dari Global Finance sebagai “Best Digital Corporate/Institutional Bank”, dari Euromoney di tingkat Asia sebagai “Best Bank for Transaction Services in Asia”, serta dari majalah Mix dalam Best Corporate Social Initiative 2016 sebagai “Best Employee Volunteering”. PT Citigroup Sekuritas Indonesia (PT CSI) memenangkan “Best Securities 2016” di kategori aset di atas Rp 1 Triliun dari Majalah Investor. 

Citibank, N.A., Indonesia adalah bank yang telah memiliki izin usaha, terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Tentang Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI)

Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) adalah perusahaan penjualan, manufaktur, dan distribusi minuman terkemuka yang berdiri sejak Januari 1992. CCAI merupakan anak perusahaan dari Coca-Cola Amatil (CCA), salah satu pembotolan Coca-Cola terbesar di dunia, yang berkantor pusat di Sydney, Australia, dan sahamnya tercatat di Bursa Efek Australia. CCAI mengoperasikan delapan fasilitas manufaktur di Sumatera, Jawa dan Bali, mempekerjakan dari 10.000 tenaga kerja, dan mendistribusikan jutaan minuman menyegarkan untuk lebih dari 830.000 outlet di seluruh Indonesia. Diatur oleh empat pilar keberlanjutan terintegrasi: Our People, Our Wellbeing, Our Environment dan Our Community—CCAI telah menjalankan berbagai inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) seperti Coca-Cola Forest, Coke Kicks, bantuan pendidikan, donor darah, dan City Clean-Up, yang semua tumbuh bersama bisnis di seluruh Indonesia.


Contact Information 1:
Ananta Wisesa

corporateaffairs.indonesia@citi.com



Contact Information 2:
Kristy Nelwan

IDNPublicAffairsComms@ccamatil.com
021) 5740525

Release Terkini