February
02
2017
     17:51

DailySocial Luncurkan Indonesia’s Tech Startup Report 2016

Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Jakarta, 1 Februari 2017 - Melihat dari sudut pandang di skala nasional, startup teknologi Indonesia dari tahun ke tahun memperlihatkan inovasi yang seakan tiada habisnya dan bertumbuh sehat. Bentuk inovasi tersebut tak hanya membawa dampak ke masyarakat, namun juga mencuri perhatian para pemodal.

Tahun 2015, DailySocial merilis Tech Startup Report 2015 yang menyebutkan bahwa 49% investasi bagi startup Indonesia adalah seed funding. Ini berarti, sekitar separuh dari pendanaan startup di tahun tersebut ditujukan untuk pengembangan produk yang tengah dirintis.

Kepercayaan para pemodal di tahun 2015 membuat banyak pihak bertanya-tanya; bagaimana tumbuh kembang startup teknologi di tahun 2016? Seperti apa lanskap pendanaan dari para investor?

Menjawab pertanyaan tersebut, DailySocial kembali meluncurkan laporan bisnis teknologi rintisan di Tanah Air, Indonesia’s Tech Startup Report 2016, yang merupakan hasil analisis menyeluruh yang berisi gambaran besar, rangkuman data, informasi, dan proyeksi bisnis startup teknologi di tahun 2017.

Report ini bertujuan untuk memberikan gambar besar mengenai posisi Indonesia dari sudut pandang ekosistem startup, dan menganalisis beberapa potensi pertumbuhan yang diharapkan bisa membantu para pelaku startup, korporasi, investor dan juga regulator,” terang CEO DailySocial Rama Mamuaya.

Laporan yang berisi 75 halaman ini berisi beberapa fakta menarik industri startup dalam negeri. Menjawab mengenai lanskap investasi startup Indonesia tadi, berdasarkan hasil analisis tim riset DailySocial, 40% investasi startup tahun 2016 menyasar startup tahap awal (seed), sedangkan 24% ditujukan bagi startup yang telah mencapai tahap Seri A.

Catatan laporan Indonesia’s Tech Startup Report 2017 juga menyebutkan bahwa 21% kucuran dana diterima startup di sektor e-commerce dan 20% di sektor fintech. Fintech sendiri diprediksi sebagai sektor terpopuler di tahun 2017.

Dari sisi investor, DailySocial mencatat empat pemodal yang paling aktif memberi aliran dana kepada tech startup Indonesia. Empat investor tersebut ialah MDI Ventures, Alpha JWC Ventures, East Ventures, dan 500 Startups.

Untuk pelaku startup, Go-Jek mencatatkan sejarah di tahun 2016 dengan menjadi startup unicorn pertama di Indonesia, setelah memperoleh pendanaan teranyar sejumlah $550 juta. Go-Jek juga berhasil mengakuisisi empat tech startup India dan satu layanan e-money Indonesia.

Namun, masih bergelut dalam tantangan yang sama, startup Indonesia masih harus menghadapi minimnya talenta dan akses ke pendanaan di tahun 2017. Indonesia’s Tech Startup 2017 diharapkan dapat menjadi acuan bagi aktor-aktor startup teknologi lokal agar senantiasa bertumbuh sehat dan memberi kontribusi bagi masyarakat Indonesia.

Indonesia’s Tech Startup Report 2016 dapat diakses secara gratis dengan terlebih dahulu menjadi member DailySocial di dly.social/startupreport2016.

Tentang Indonesia’s Tech Startup Report

Indonesia’s Tech Startup Report adalah laporan tahunan kondisi startup teknologi Indonesia berdasarkan hasil analisa tim riset DailySocial selama satu tahun. Laporan ini berisi lanskap bisnis teknologi, rangkuman data dan informasi menarik, dan prediksi sektor yang bakal menarik perhatian dalam suatu periode.

Laporan ini sebelumnya diinisiasi oleh laporan bertajuk “DS10” yang berisi daftar-daftar startup Indonesia pilihan yang berhasil menghiasi pemberitaan media dengan prestasinya. Laporan “DS10” kemudian dikembangkan cakupan pembahasannya dengan lebih makro hingga kemudian DailySocial menghadirkan Indonesia’s Tech Startup Report.

Tentang DailySocial

DailySocial.id adalah media yang fokus pada informasi, opini, dan analisis mengenai dunia teknologi. DailySocial.id hadir untuk memberi wawasan dan berita terkini tentang teknologi melalui dua sudut pandang, secara bisnis dan gaya hidup.

Visi dan misi DailySocial adalah untuk menjadi penyedia informasi seputar teknologi ke masyarakat dari berbagai kalangan. Kami percaya bahwa teknologi bukanlah milik geek dan nerd saja. Kepercayaan ini tercermin di moto kami: Teknologi untuk semua.

 


Contact Information 1:
Sharen

newsletter@dailysocial.net
+62 822 9901 0071


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021