May
02
2017
     10:16

Dirut Garuda Indonesia dan APLI Resmikan Layanan Penerbangan Internasional di Terminal 3 Soekarno Hatta

Contributor
Administrator 3
Attachment
— No Files —

CENGKARENG, 1 Mei 2017 – Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury dan Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin meresmikan layanan operasional penerbangan internasional Garuda Indonesia di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (1/5), dengan melepas keberangkatan penerbangan GA 820 rute Jakarta – Kuala Lumpur dan menyambut kedatangan penerbangan GA 823 rute Singapura – Jakarta.

Penerbangan GA 820 dari Jakarta tujuan Kuala Lumpur berlangsung pada pukul 08.35 WIB, sedangkan kedatangan penerbangan GA 823 rute Singapura – Jakarta mendarat pukul 08.15 WIB. Kedua penerbangan langsung disambut dan dilepas oleh jajaran pimpinan kedua BUMN tersebut yang ditandai dengan pengguntingan pita untuk penerbangan GA 820, dan pengalungan bunga kepada penumpang untuk penerbangan GA 823.
 
Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury mengatakan, resmi beroperasinya layanan penerbangan internasional Garuda Indonesia di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta menandai upaya berkelanjutan yang dilaksanakan perusahaan dalam mewujudkan komitmen service excellence serta meningkatkan kenyamanan seluruh pengguna jasa dalam menikmati layanan penerbangan Garuda Indonesia.
 
“Kami juga ingin menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Angkasa Pura II yang berhasil menyediakan layanan bandara bertaraf internasional dengan fasilitas modern yang tentunya akan semakin menunjang layanan operasional layanan yang kami berikan kepada seluruh pengguna jasa”.
 
"Dengan visi layanan berbasis Indonesian hospitality Garuda Indonesia yang juga diselaraskan dengan visi Angkasa Pura II menjadikan Terminal 3 sebagai "The best smart connected airport in the region", Garuda optimistis kehadiran layanan Terminal 3 internasional ini tidak hanya menjadi langkah konkrit pengembangan layanan infrastruktur dan transportasi berdaya saing global, namun juga menjadi milestone tersendiri bagi pengembangan aspek pariwisata nasional di mata dunia", tutup Pahala.
 
Sementara itu, Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengungkapkan “Kami berterima kasih atas dukungan masyarakat, Kementerian Perhubungan, khususnya Direktorat Jendral Perhubungan Udara dan stakeholder lainnya di Bandara Soekarno-Hatta sehingga pada 1 Mei 2017 ini, penerbangan rute internasional dapat dilayani melalui Terminal 3 di mana tahap pertama ini khusus yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia," jelasnya.
 
"AP II optimistis beroperasinya penerbangan internasional di Terminal 3 dapat semakin menjadikan Bandara Soekarno-Hatta sebagai salah satu penopang pertumbuhan pariwisata, di samping tentunya peningkatan roda perekonomian Indonesia," jelas Muhammad Awaluddin.
 
Di sisi lain, Angkasa Pura II melengkapi pengoperasian penerbangan internasional di Terminal 3 dengan fasilitas pendukung penyediaan sarana gedung parkir yang dapat menampung sekitar 1.200 kendaraan pribadi untuk parkir reguler. Kemudian sebagai bentuk familiarisasi para pengguna jasa terhadap gedung parkir Terminal 3 Internasional, selama tujuh hari atau mulai dari tanggal 1-7 Mei 2017 para pengguna parkir reguler akan dibebaskan biaya parkir kendaraan.
 
Adapun untuk parkir inap kendaraan, Angkasa Pura II juga menyediakan 2 area parkir inap kendaraan yaitu Parkir Inap Timur dan Parkir Inap Barat yang lokasinya berada di area perkantoran di tengah kawasan bandara di mana penumpang pesawat yang ingin menginapkan kendaraannya dapat melakukan reservasi terlebih dahulu melalui aplikasi smartphone “Parkir Inap CGK” yang dapat diunduh melalui Google Play.
 
Di samping itu, pada 1-7 Mei 2017 seluruh tenant termasuk makanan dan minuman di area Terminal 3 Internasional yang bekerjasama dengan Angkasa Pura II akan diberikan diskon tambahan sebesar 10% kepada seluruh penumpang pesawat atau pengunjung bandara, di luar diskon yang telah diberikan masing-masing tenant.
 
Sejalan dengan perpindahan layanan penerbangan internasional Garuda Indonesia ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Garuda Indonesia optimis akan dapat semakin memperkuat layanan bintang 5 dan meningkatkan kapasitas layanan pre-light hingga post-flight yang diberikan kepada seluruh pengguna jasa.
 
Perpindahan layanan penerbangan internasional di Terminal 3, nantinya Garuda Indonesia akan semakin memperluas kapasitas layanan pre hingga post flight-nya kepada seluruh pengguna pengguna jasa. Di Terminal 3 nanti, Garuda Indonesia akan mengoperasikan 26 counter check-in serta peningkatan kapasitas executive lounge yang meningkat cukup signifikan dengan luas 2.100 m2 terdiri dari 350 seat untuk business class dan 56 seat untuk first class.
 
Jumlah tersebut meningkat dari jumlah counter check-in yang kini beroperasi di Terminal 2 sebanyak 13 dengan kapasitas executive lounge sebanyak 180 seat. Layanan pre-flight juga semakin dimaksimalkan dengan adanya layanan self check-in sebanyak 36 self check-in pada Terminal 3 nantinya. Garuda Indonesia mengoperasikan 6 boarding gate penerbangan internasional dari total 10 boarding gate yang akan dioperasikan secara bertahap hingga bulan Juli 2017.

Contact Information 1:
BENNY S. BUTARBUTAR
PT GARUDA INDONESIA (PERSERO) TBK
benny@garuda-indonesia.com
+62 21 2560 1069
Ground Floor Garuda Management Building - Garuda City | Soekarno Hatta International Airport PO Box 1004 TNG BUSH 19120 | Cengkareng - Indonesia