April
04
2017
     19:02

GMF Sepakati Kerjasama Lanjutan dengan AFLI KLM E&M

GMF Sepakati Kerjasama Lanjutan dengan AFLI KLM E&M

Tangerang – PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF) dan perusahaan MRO asal Eropa AFI KLM Engineering & Maintenance (AFI KLM E&M) menandatangani nota kesapahaman (MoU) kerjasama dalam peningkatan kapabilitas kedua pihak sebagai perusahaan MRO. Nota kesepahaman ini ditandatangani di Hangar 4 GMF pada 4 April 2017 oleh Pelaksana Tugas Direktur Utama GMF I Wayan Susena, Group EVP AFI KLM E&M, Anne Brachet serta EVP KLM E&M Ton Dortmans.

Melalui MoU ini, GMF dan AFI KLM E&M fokus pada pengembangan kerja sama dalam penyelenggaraan training untuk masing-masing pihak, prognostic technologies, system integration & data exchange. Sebagai komitmen kesepemahaman , GMF menyediakan project office di Hangar 4 GMF, untuk digunakan para expert dari AFI KLM E&M.

Nota kesepahaman (MoU) ini merupakan lanjutan dari kerjasama yang dijalin pada Singapore Airshow tahun 2016 lalu. Pada perhelatan aviasi paling bergengsi di Asia Tenggara itu, GMF dan AFI KLM E&M menandatangani kontrak kerja sama meliputi beberapa hal yaitu perawatan mesin pesawat, component support untuk pesawat Boeing dan Airbus milik Garuda Indonesia. Dari perjanjian kerja sama tersebut, GMF telah menyelesaikan pekerjaan perawatan pesawat, komponen dan mesin Boeing 747-400 milik KLM pada tahun 2016.
Pelaksana Tugas Direktur Utama GMF I Wayan Susena mengatakan bahwa GMF sangat antusias dengan adanya kerjasama lanjutan ini. “Bersama dengan AFI KLM E&M, GMF dapat memperkuat posisinya di kawasan Asia Pasifik. Disamping itu kerja sama ini juga dapat mempercepat langkah GMF mencapai visinya menjadi Top 10 MRO di dunia.” Kata Wayan.

Wayan juga menambahkan bahwa kerja sama ini diharapkan dapat menuai nilai positif seiring rencana GMF untuk melakukan penawaran publik perdananya di triwulan ketiga tahun 2017. Selain itu dengan adanya strategic partnership lewat MoU ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kedua belah pihak.

Group EVP AFI KLM E&M, Anne Brachet mengatakan bahwa kemampuan GMF dan AFI KLM E&M dapat membantu memperkuat posisinya di kawasan Asia Pasifik. Anne menambahkan, MoU ini membantu AFI KLM E&M dalam merambah pasar Asia. “Keberadaan GMF di kawasan strategis Asia menjadi penting bagi kami. Bersama dengan GMF, kami dapat melayani customer yang berasal dari kawasan Asia,” imbuhnya.

Sementara itu EVP KLM E&M Ton Dortmans mengatakan bahwa pihaknya sudah menjalin kerja sama yang baik dengan GMF dalam berbagai sektor perawatan pesawat. “Kerja sama yang kami sudah jalin dengan GMF sangatlah baik, oleh karena itu kami tertarik untuk menjalin kerja sama dan sinergi dalam hal yang baru bersama-sama,” tutup Ton.

Fasilitas MRO di Batam

Di tempat dan waktu yang bersamaan, GMF, AFI KLM E&M dan salah satu mitra strategis GMF dari Jepang, Mitsui & Co, Ltd juga menandatangani Nota Kesepahaman kerja sama (MoU) untuk menggarap fasilitas perawatan pesawat di Batam, Kepulauan Riau. Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama GMF sebelumnya dengan BP Batam untuk penggunaan lahan milik BP Batam di kawasan Bandara Udara Hang Nadim, Batam. Kerja sama strategis ini diawali dengan studi kelayakan yang dikerjakan bersama yang nantinya akan menjadi dasar kelanjutan kerja sama ini. Pemilihan lokasi di Batam dilandasi oleh letak geografisnya dekat dengan Singapura yang merupakan hub Aviasi di kawasan Asia Tenggara.

Tentang GMF AeroAsia

PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF) merupakan anak usaha PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. yang bergerak dibidang Maintenance, Repair & Overhaul (MRO). Sebagai penyedia jasa MRO terbesar di Indonesia, dengan pengalaman lebih dari 65 tahun, GMF memulai operasinya sebagai Divisi Teknik Garuda Indonesia. Bertempat di area Bandara Udara Soekarno Hatta, GMF memiliki pelanggan yang datang dari lebih dari- 55 negara di seluruh dunia. Sebagai MRO kelas dunia, GMF memiliki sertifikasi otoritas penerbangan sipil dari 25 negara di dunia termasuk FAA (Amerika), EASA (Eropa), CASA (Australia) dan DKPPU (Indonesia). Melalui 3 Pilar Grand Strategy : Human Centric, Business Expansion dan Technology Driven, GMF siap mencapai visinya ditahun 2020 menjadi Top 10 MRO in The World.

Tentang AFI KLM E&M

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved