May
18
2017
     09:36

Home Credit Indonesia Kukuhkan “Kampanye Nasional Literasi Keuangan”, Ayo #Doitcerdas!

Home Credit Indonesia Kukuhkan “Kampanye Nasional Literasi Keuangan”, Ayo #Doitcerdas!
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Jakarta, 17 Mei 2017 – Pemahaman dan pengetahuan literasi keuangan masyarakat di Indonesia masih sangat minim, hal ini dapat dilihat dari tingkat literasi keuangan yang cenderung masih kecil. Menurut survei yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2016, tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 29,66% dengan indeks inklusi keuangan 67,82%.

Guna membantu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadapnya pentingnya memiliki pengetahuan mengenai literasi keuangan, Home Credit Indonesia, perusahaan internasional penyedia jasa pembiayaan multiguna yang berasal dari Republik Ceko, hari ini mengukuhkan Kampanye Nasional Literasi Keuangan 2017.

Bertempat di Jakarta, acara ini dihadiri oleh Andy Nahil Gultom, Chief External Affairs PT Home Credit Indonesia, perwakilan dari Otoritas Jasa Keuangan. Dengan tema acara “Cerdas Financial bersama #DoITCERDAS”, acara ini turut mengundang seorang pembicara yang merupakan Mompreneur, Motivator & Pendiri Indonesia MomPreneur, yaitu Ike Dahlia Cambey.

Andy Nahil Gultom, Chief External Affairs PT Home Credit Indonesia mengatakan, “Secara konsisten kami berupaya untuk terus mengedukasi masyarakat agar memiliki pengetahuan literasi keuangan yang lebih baik. Di tahun ini, kami menginisiasi Kampanye Nasional Literasi Keuangan Home Credit Indonesia 2017 sebagai wujud komitmen perusahaan dalam mendukung program OJK dalam meningkatkan literasi keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat di tanah air.”

Kampanye Nasional Literasi Keuangan akan dilakukan di wilayah Home Credit beroperasi. “Kami telah memulai kampanye ini di Surabaya akhir April 2017 kepada generasi muda di Universitas Nasional Surabaya. Kami akan terus melanjutkan kampanye nasional ini hingga akhir tahun 2018 mendatang, ke kota-kota dimana kami beroperasi di luar Pulau Jawa termasuk Kalimantan, Sulawesi, Sumatera.” tambah Andy.

Melalui kesempatan terpisah, Horas V.M. Tarihoran, Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan menyampaikan, “OJK mendukung penuh dan mengapresiasi Kampanye Nasional Literasi Keuangan yang digagas oleh Home Credit Indonesia. Dengan adanya program seperti ini, kami berharap tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia akan meningkat dan tentunya dapat membantu kami mencapai target indeks literasi dan dan inklusi keuangan yang dicanangkan oleh pemerintah.”

Sebagai perusahaan pembiayaan multiguna yang terpercaya dan bertanggung jawab, sejak tahun 2014 Home Credit secara aktif melakukan edukasi literasi keuangan dengan membuka kelas pelatihan kepada berbagai golongan dan komunitas, termasuk diantaranya adalah mahasiswa, siswa Sekolah Menengah Atas komunitas ibu rumah tangga dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Adapun penerima manfaat program ini secara langsung adalah sebanyak 1.055 orang, namun demikian angka ini belum merepresentasikan cakupan sesungguhnya, yang nilainya jauh lebih besar, dikarenakan materi literasi keuangan yang diberikan oleh Home Credit boleh disebarkan dan digunakan oleh masyarakat luas, tanpa terkecuali.

Sementara di tahun ini, hingga pertengahan bulan Mei 2017, Home Credit telah mengedukasi 1.077 orang, dimana total tersebut merupakan gabungan dari kegiatan literasi keuangan regular yang dijalankan serta dari program kampanye nasional.

Selain itu, selaras dengan salah satu misi perusahaan yakni mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia, Home Credit terus mensosialisasikan program literasi keuangan melalui media sosial menggunakan tagar yang dikenal dengan #DoITCERDAS. Hal ini dilakukan juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memahami literasi keuangan melalui media sosial, dimana potensi media sosial di Indonesia sangat besar. Dan Home Credit berupaya mengoptimalkan peran media sosial untuk mengedukasi literasi keuangan kepada masyarakat di seluruh tanah air.

Ike Dahlia Cambey, Mompreneur, Motivator & Pendiri Indonesia MomPreneur yang turut hadir dalam acara ini mengungkapkan antusiasmenya terhadap program yang diinisiasikan oleh Home Credit Indonesia. “Saya sangat senang dapat terlibat langsung dalam kelas literasi keuangan yang diselanggarakan oleh Home Credit baru-baru ini, dimana saya berkesempatan membagikan ilmu dan pengetahuan kepada hampir 100 orang pelaku usaha dan ibu rumah tangga yang baru memulai usahanya. Saya berharap ilmu yang disampaikan melalui kampanye ini dapat menyentuh lebih banyak lapisan masyarakat di tanah air.”

Tentang Home Credit Indonesia

Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang menyediakan pembiayaan di toko (pembiayaan non-tunai langsung di tempat) untuk Konsumen yang ingin membeli produk-produk seperti alat rumah tangga, alat-alat elektronik, handphone dan furnitur. Berdiri pada tahun 2013 dan saat ini telah melayani lebih dari 900.000 pelanggan, memiliki lebih dari 5.500 titik penjualan dan memperkerjakan lebih dari 5.500 karyawan (data per 30 April 2017). Mitra kami saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka diantaranya Erafone, Electronic Solution, Home Solution, Informa, Electronic City, IKEA, Oke Shop, Global Teleshop, Hypermart, Trans Hello, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia dan lain sebagainya. Kami memberikan pelayanan yang mudah, sederhana dan cepat. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Likes Facebook Home Credit Indonesia dan ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia serta follow Instagram kami di @homecreditid

Tentang Home Credit Group

Home Credit B.V. (“HCBV” atau ‘Grup’) adalah layanan pembiayaan bagi pelanggan yang beroperasi di 11 negara dengan potensi tinggi untuk tumbuh. Didirikan pada 1997, kami berfokus pada layanan pinjaman yang bertanggungjawab terutama bagi mereka yang hanya memiliki sejarah kredit yang minim atau bahkan tidak sama sekali. Layanan kami sangat prakits, mudah dan cepat. Kami beroperasi di negara yang memiliki pasar sangat menarik dengan berbagai kendala ketika memulainya. Kami adalah layanan pembiayaan terkemuka bagi pelanggan di negara-negara terpilih. Dengan pengalaman dan pengetahuan kami yang berkelanjutan di seluruh pasar yang berbeda-beda, sehingga menempatkan posisi kami di depan para pesaing. Kami mengedukasi dan memperluas inkulusi keuangan bagi masyarakat yang tidak memiliki rekening bank dengan menyediakan pengetahuan mengenai pinjaman yang aman untuk pertama kalinya bagi pelanggan kami. Kami mendukung peningkatan standar hidup yang lebih baik dan memenuhi kebutuhan keuangan peminjam. Kami memiliki 102.200 karyawan, melayani 70 juta pelanggan melalui jaringan distribusi yang luas yang terdiri dari 270.537 titik penjualan, kantor pinjaman, kantor cabang dan post office. Total aset konsolidasi HCBV mencapai EUR 14,7 miliar (data per 31 Desember 2016). Informasi lebih lanjut mengenai HCBV dapat dikunjungi di www.homecredit.net

Pemegang saham mayoritas (88,62% saham) dari Home Kredit B.V. adalah PPF Financial Holdings B.V., hampir 100% anak perusahaan dari PPF Group N.V. (“PPF”). PPF berinvestasi ke beberapa segmen pasar diantaranya adalah perbankan dan jasa keuangan, telekomunikasi, asuransi, properti, pertambangan logam, pertanian, retail dan bioteknologi. PPF mencakup negara dari Eropa ke Rusia, Amerika Serikat dan di seluruh Asia. PPF Group memiliki aset sebesar EUR 24,2 miliar (data per 30 Juni 2016). Informasi lebih lanjut mengenai PPF Group N.V. dapat dikunjungi www.ppf.eu.

Minoritas saham dari Home Credit B.V. dipegang oleh EMMA OMEGA LTD sebesar 11,38%, sebuah perusahaan induk investasi yang dimiliki oleh Jiri Smejc. Informasi lebih lanjut mengenai Emma Capital silakan kunjungiwww.emmacapital.cz

 


Contact Information 1:
Andina Rosfieta

andina.rosfieta@homecredit.co.id
+62 21 2953 9655 ext. 80630


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021