May
10
2017
     16:43

Inovasi Ecostruxure™ Building dari Schneider Electric Hadir di Tengah Indonesia Energy Efficiency and Conservation Conference & Exhibition (IEECCE) 2017

Inovasi Ecostruxure™ Building dari Schneider Electric Hadir di Tengah Indonesia Energy Efficiency and Conservation Conference & Exhibition (IEECCE) 2017
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Jakarta, 9 Mei 2017Schneider Electric, perusahaan global spesialis di bidang manajemen energi dan automasi, hari ini turut berpartisipasi dalam Indonesia Energy Efficiency and Conservation Conference & Exhibition (IEECCE) 2017, kegiatan berskala besar pertama di Indonesia yang didedikasikan untuk membahas isu terkini mengenai konservasi dan efisiensi energi.

Salah satu sesi penting pada acara ini adalah diskusi panel bertema ‘Energy Efficiency in Buildings and Facilities’ yang mengangkat ragam solusi efisiensi energi yang ramah lingkungan untuk bangunan dan fasilitas komersil di tengah biaya listrik yang kian mahal.

Diskusi ini menghadirkan para pakar dari berbagai latar belakang, yaitu: Ferry Kurniawan selaku Marketing Manager, SmartSpace EcoBuilding Division, East Asia & Japan, International Operations Schneider Electric, Dr. Andhika Prastawa selaku Kepala Balai Besar Teknologi Konversi Energi BPPT, Ignesjz Kemalawarta selaku Perwakilan Sinar Mas Land, Tiyok Prasetyoadi selaku Managing Director PDW Architecture dan Eka Swadiansa selaku Co-director & Principal Architect Office of Strategic Architecture.

Ferry Kurniawan mengungkapkan, “Arus urbanisasi di Indonesia melaju semakin pesat. Menurut proyeksi dari PBB, pada tahun 2050 nanti diperkirakan dua pertiga dari total populasi Indonesia akan tinggal di wilayah perkotaan. Pertumbuhan populasi ini akan berbanding lurus dengan pembangunan bangunan atau gedung di suatu kota. Untuk dapat beroperasi, sebuah bangunan membutuhkan konsumsi energi yang sangat besar, dimana saat ini sektor bangunan mengonsumsi 53% dari total energi global. Bahkan, di tahun 2040 nanti, total konsumsi energi dunia untuk bangunan diperkirakan akan meningkat hingga 80%. Tingginya angka tersebut membuat efisiensi energi untuk bangunan menjadi suatu hal yang mutlak dan segera harus dilakukan.”

Untuk menjawab tantangan di atas, diskusi panel ‘Energy Efficiency in Buildings and Facilities’ ingin mengedepankan begitu banyak potensi yang mampu menjadikan bangunan menjadi lebih efisien dari segi pengonsumsian energi maupun pengoperasiannya, lebih aman dari berbagai potensi bencana listrik, lebih terkoneksi di tengah era Internet of Things (IoT), lebih berkelanjutan dengan emisi karbon yang lebih rendah, dan lebih dapat diandalkan dengan sistem manajemen gedung yang terintegrasi.

Dari hasil diskusi terungkap bahwa green building dapat diciptakan dengan Passive Effort atau melalui sisi arsitektural bangunan. Dengan pendekatan ini, konsep green bisa diaplikasikan melalui penggunaan material bangunan yang ramah lingkungan seperti pemasangan solar photovoltaic (sel surya pembangkit listrik) dan sistem rain water harvesting, penggunaan ventilasi yang mengedepankan pencahayaan dan sirkulasi udara alami, hingga desain dan orientasi bangunan yang memerhatikan dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Lebih lanjut, efisiensi energi pada bangunan juga dapat diraih dengan menerapkan Active Effort yang membantu mengoptimalkan efisiensi energi yang telah diperoleh sebelumnya dari passive effort. Pendekatan ini menggunakan sensor-sensor elektronik terpadu seperti sensor cahaya dan pendingin ruangan, serta sistem yang mampu memonitor operasional gedung secara real time sebagai bagian dari solusi terdepan untuk menekan konsumsi energi.

Di tengah diskusi, Schneider Electric memperkenalkan solusi EcoStruxure Building yang merupakan salah satu bagian dari active effort dengan tiga platform digital yang mampu mentransformasi performa sebuah bangunan, yaitu Wiser (Connected Platform untuk sektor residensial), SmartStruxure™ (sistem pengelolaan bangunan) dan PowerStruxure™ (sistem pengelolaan daya listrik).

SmartStruxure™ adalah platform untuk sistem pengelolaan bangunan berbasis Internet Protocol (IP) yang memanfaatkan Building Internet of Things (BIoT) untuk bangunan masa depan, dari mulai bangunan kecil hingga menengah, sampai ke bangunan yang besar dan berfungsi kritikal.

SmartStruxure™ memungkinkan analisa data dari penggunaan listrik, sistem lighting, HVAC, sistem keamanan, kontrol akses, dan distribusi listik. Solusi ini memberikan informasi bangunan yang terintegrasi, data real-time melalui akses web, grafik yang jelas, visualisasi tren, pelaporan berkala hingga pengontrolan melalui aplikasi mobile. Sementara PowerStruxure™ adalah sistem pengelolaan listrik yang terintegrasi secara seamless untuk memberikan definisi baru pada distribusi listrik sehingga para pengelola bangunan dapat mempertahankan kesiagaan listrik pada sebuah bangunan sambil menemukan peluang-peluang baru untuk menghemat energi.

“Melalui upaya kontrol aktif pada operasional bangunan, pemilik bangunan dapat meraih efisiensi energi sebesar 30% hingga 50%,” tutup Ferry. 

Tentang Schneider Electric

Schneider Electric adalah perusahaan global di bidang pengelolaan energi dan automasi. Dengan pendapatan sebesar €24,7 milyar di akhir tahun 2016, lebih dari 170.000 karyawan kami melayani konsumen di lebih dari 100 negara, membantu mereka untuk mengelola energi dan segala proses yang terkait di dalamnya dengan cara yang aman, terandalkan, efisien dan berkelanjutan. Dari solusi sesederhana saklar hingga sistem operasional yang kompleks, teknolgi, software dan layanan kami akan memudahkan konsumen dalam mengelola dan mengotomatisasi kegiatan operasional mereka. Teknologi kami yang saling terkait akan mampu mengubah wajah industri, mentransformasi perkotaan, dan memperkaya hidup. Di Schneider Electric, kami menyebutnya: Life Is On  www.schneider-electric.com


Contact Information 1:
Donald Situmorang
Schneider Electric
Donald.Situmorang@schneider-electric.com
+62-21-7504406
Ventura Building 7th Floor Jl. R.A. Kartini Kav.26 Cilandak, Jakarta 12430


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021