June
14
2017
     14:55

Investasi BMW Group Indonesia dan Para Mitra Strategisnya untuk Program Future Retail

Contributor
Administrator 3
Attachment
— No Files —

Jakarta. BMW Group Indonesia hari ini umumkan milestone terbaru dari BMW Future Retail Program, yaitu kerjasama dengan perusahaan penyedia furnitur lokal untuk semua Retail Touch Point BMW Group di Indonesia. Inisiatif ini merupakan bukti komitmen BMW Group Indonesia untuk berikan pengalaman premium terbaik kepada setiap pelanggannya. Selain itu juga membuktikan komitmen BMW Group untuk kembangkan pasar kendaraan premium di Indonesia.

Kolaborasi BMW Group Indonesia dengan perusahaan lokal untuk furnitur ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di kawasan Asia Pasifik. Program BMW Future Retail merupakan strategi jangka panjang dari BMW Group yang fokus pada investasi di bidang sumber daya manusia, infrastruktur serta platform digital untuk menghadirkan Premium Retail Experience kepada pelanggan BMW khususnya dalam proses jual-beli kendaraan dari BMW Group Indonesia.

Program BMW Group Future Retail.

“Inovasi selalu merupakan inti dari inisiatif BMW Group, termasuk dalam menghadirkan pengalaman terbaik untuk konsumen. Implementasi Program Future Retail dimulai sejak tahun 2014, dimana saat itu BMW Group menyadari bahwa perkembangan zaman telah merubah cara pengambilan keputusan pelanggan saat melakukan pembelian kendaraan. Untuk itu secara bertahap BMW Group melakukan perubahan pada proses penjualan retail kendaraan dengan melakukan pelatihan intensif pada sumber daya, peningkatan infrastruktur, dan juga penyediaan platform digital yang dibutuhkan pelanggan dan penggemar setia BMW. Sejak tahun 2014 hingga saat ini jumlah investasi finansial yang telah diberikan oleh BMW Group Indonesia dan para mitra strategisnya bernilai lebih dari 255 miliar rupiah untuk BMW dan MINI,” ujar Karen Lim, President Director BMW Group Indonesia.

Pelatihan intensif pada sumber daya manusia menjadi pilar penting dari program ini. Solusi ini menciptakan Business Consultant dan Product Genius yang memberikan solusi atas isu yang dimiliki oleh pelanggan dengan pengetahuan yang mendalam dalam aspek brand, produk, dan pelayanan pelanggan di setiap touchpoint BMW Group Indonesia. Penyediaan platform digital juga menjadi salah satu aspek penting di era keterbukaan informasi. “Kami telah menyediakan fitur online yang memudahkan konsumen untuk mendapatkan seluruh informasi yang dibutuhkan, saat ini dan pada masa yang akan datang, seperti fitur Car Visualizer, My Garage, atau Online Technical Update yang diluncurkan bertahap mulai tahun 2017 ini,” ungkap Karen.

Furniture Lokal untuk Program BMW Group Future Retail.

Adapun salah satu pilar penting dari program ini adalah peningkatan infrastruktur untuk hadirkan pengalaman brand dan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan yang datang ke jaringan diler resmi BMW Group Indonesia. Penggunaan material dan penempatan furnitur yang tepat menjadi salah satu poin penting untuk hadirkan impresi yang kuat dan tingkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brand dan produknya. Untuk memastikan hal tersebut BMW Group Indonesia berkolaborasi dengan PT Matahari Alka (MALKA) dalam mewujudkan hal tersebut.

“Kolaborasi ini jadikan BMW Group Indonesia dan MALKA sebagai mitra dalam implementasi salah satu pilar dari Program BMW Group Future Retail. Kami percaya bahwa dengan portfolio MALKA sebagai salah satu penyedia furnitur dengan kualitas terbaik di Indonesia, kerja sama ini dapat mendukung langkah strategis BMW Group Indonesia untuk hadirkan showroom yang memenuhi standar internasional BMW Group serta hadirkan pelayanan premium yang semakin dekat kepada para pelanggan kami di Indonesia,” ujar Karen.

Lebih lanjut Karen menambahkan, “Inisiatif lokal ini sekaligus tegaskan komitmen BMW Group Indonesia untuk turut berikan dukungan bagi perkembangan industri dalam negeri. BMW Group Indonesia melihat adanya peluang bahwa produk-produk berkualitas dari MALKA dapat diekspor dan digunakan pada jaringan BMW Group di negara-negara lain di kawasan Asia Pasifik. Pada kesempatan ini, saya juga ingin berikan apresiasi bagi talenta-talenta dari MALKA yang telah menerapkan standar tinggi dan sangat kompeten dalam menghadirkan karya-karya berkualitas.”

Sementara itu, Andreas Kamdani, Factory Director PT Matahari Alka mengungkapkan, “Adalah sebuah kebanggaan bagi kami untuk dapat bekerja sama dengan pihak BMW Group Indonesia. Seperti yang telah kita ketahui, BMW merupakan salah satu brand premium otomotif terdepan yang sangat mengutamakan segi kualitas pada setiap produknya. Maka dari itu, keberhasilan PT Matahari Alka untuk turut memegang peran di salah satu program strategis BMW Group dalam mengembangkan bisnisnya di Indonesia membuktikan bahwa produk Indonesia memiliki standar kualitas yang tinggi dan dapat bersaing dengan negara lain.”

Salah satu hasil nyata dari pelaksanaan tahap awal dari aplikasi BMW Future Retail di Indonesia adalah berhasilnya BMW Sunter dalam meraih penghargaan Diler Terbaik kategori Customer Care untuk wilayah distribusi Afrika, Karibia, Eropa Timur, Asia Pasifik, dan Timur Tengah pada acara BMW Excellence – Sales Awarding Night yang diselenggarakan bulan Maret lalu. Acara BMW Excellence - Sales Awarding Night merupakan acara tahunan yang dipersembahkan oleh BMW Group untuk memberikan penghargaan tertinggi kepada Diler resmi BMW di berbagai belahan dunia atas pelayanan, performa, serta kinerja cemerlang di bidang penjualan sepanjang tahun 2016. Kerjasama ini diharapkan membawa hasil positif untuk jaringan diler dan loyalitas pelanggan di masa yang akan datang.

BMW Group

BMW Group adalah produsen mobil dan sepeda motor terdepan di dunia dengan empat brand dibawah naungannya, BMW, MINI, Rolls-Royce, dan BMW Motorrad serta pelayanan keuangan dan mobilitas premium. Sebagai perusahaan global, BMW Group mengoperasikan 31 fasilitas produksi dan perakitan di 14 negara dan memiliki jaringan penjualan global di lebih dari 140 negara

Pada tahun 2016, BMW Group menjual sekitar 2,367 juta mobil dan lebih dari 145,000 sepeda motor di seluruh dunia. Laba sebelum pajak mencapai sekitar € 9,67 miliar pada pendapatan sebesar € 94,16 miliar euro. Pada tanggal 31 Desember 2016, BMW Group memiliki tenaga kerja sebanyak 124.729 karyawan. Keberhasilan BMW Group selalu berdasarkan pemikiran jangka panjang dan tindakan yang bertanggung jawab. Oleh karena itu perusahaan telah membentuk keberlanjutan ekologi dan sosial di seluruh mata rantai nilai, tanggung jawab produk yang komprehensif, dan komitmen yang jelas untuk melestarikan sumber daya sebagai bagian integral dari strateginya.

BMW Group Indonesia

BMW Group Indonesia merupakan anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Bayerische Motoren Werke (BMW) AG yang berbasis di Munich, Jerman. Pembentukan anak perusahaan ini pada bulan April 2001 menunjukkan keyakinan BMW Group pada masa depan jangka panjang Indonesia. Kegiatan BMW Group Indonesia meliputi penjualan kendaraan BMW dan MINI, suku cadang dan aksesoris, serta perencanaan menyeluruh untuk penjualan, pemasaran, layanan purnajual, dan kegiatan terkait lainnya di Indonesia. Jaringan diler-nya meliputi 18 diler mobil baru dan 7 fasilitas BMW Premium Selection yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Model-model tertentu dari BMW Seri 3, BMW Seri 5, BMW Seri 7, BMW X1, BMW X3 dan BMW X5 dirakit di Indonesia oleh mitra lokal kami.


Contact Information 1:
Jodie O'tania

jodie.otania@bmw.co.id
+62 -21 - 2992 3000 ext 21732