May
26
2017
     13:54

Johnson’s® Baby Mengajak Ibu Indonesia Bergabung Dalam Upaya Memberikan Harapan Hidup Lebih Tinggi Bagi Bayi-bayi di Indonesia

Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment
— No Files —

Jakarta, 24 Mei 2017 – PT Johnson & Johnson Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan pemimpin produk bayi dan berfokus terhadap perkembangan holistik anak, melalui JOHNSON’S® Baby berkomitmen untuk menekan angka kematian neonatal di Indonesia.

Memasuki bulan Ramadhan tahun ini, JOHNSON’S® Baby bermitra dengan Alfamart dan Save the Children meluncurkan inisiatif program “Sentuhan Penuh Harapan” yang bertujuan untuk memberikan harapan yang lebih besar lagi kepada bayi – bayi Indonesia yang kurang beruntung untuk dapat terus bertumbuh dan berkembang.  Program ini juga merupakan salah satu inisiasi program kesehatan masyarakat (public health) dari PT. Johnson & Johnson Indonesia.

Usia 28 hari pertama merupakan masa paling krusial dalam kehidupan seorang bayi karena masih mengalami perkembangan sistem dengan perubahan yang signifikan. Sayangnya, masih banyak bayi di Indonesia yang perkembangannya terhenti jauh sebelum memasuki 28 hari pertama, dan ini menyebabkan angka kematian neonatal masih tinggi yang juga menjadi salah satu isu kesehatan di Indonesia. Data World Health Organization 2015 menyebutkan bahwa terdapat sekitar 70.000 bayi di Indonesia yang kehilangan nyawanya sebelum menginjak umur 28 hari. Salah satu faktor adalah akibat kurangnya perhatian terhadap perawatan kulit selama masa neonatal yang menyebabkan terjadinya sepsis pada kulit bayi. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ada lebih dari 1 juta kasus sepsis setiap tahunnya¹ dan di Indonesia sendiri terdapat ribuan kasus kematian bayi yang diakibatkan sepsis melalui kulit di tahun 2015.

Kasus kematian yang disebabkan sepsis seharusnya dapat dicegah dengan perawatan kulit yang tepat yang terdiri dari rutinitas pijat dan mandi bayi.  Kematian neonatal dapat dicegah dengan memberikan perawatan kulit yang tepat dan efektif bagi bayi karena hal tersebut sangat penting bagi kelangsungan hidup seorang bayi selama masa neonatal. Kegiatan memandikan bayi dan rutinitas pemijatan yang tepat bersamaan dengan sentuhan ibu, pada dasarnya dapat  membantu meningkatkan sirkulasi darah yang sehat dan memperkuat kekebalan tubuh yang akhirnya dapat menyelamatkan nyawa yang berharga.  Dijelaskan oleh dr. Bernie Endiarini Medise, Sp.A(K), MPH, Dokter Spesialis Anak, “Selama masa neonatal, kulit bayi sangat sensitif, maka dari itu diperlukan perawatan kulit yang efektif dan tepat bagi bayi di masa neonatalnya. Kandungan emollient yang digunakan dalam perawatan kulit bayi dapat mencegah terjadinya kulit kering/TEWL (Transepidermal Water Loss). Disamping itu, sentuhan ibu selama masa neonatal sangatlah penting, karena selain dapat memperlancar peredaran darah bayi dan juga meningkatkan imunitasnya, sehingga bayi akan lebih sehat, dapat bertumbuh dan hidup lebih panjang.”

Melihat kondisi tersebut,  JOHNSON’S® Baby mengadakan program “JOHNSON’S® Baby Sentuhan Penuh Harapan”, dimana inisiatif ini merupakan bukti nyata dari komitmen JOHNSON’S® Baby untuk selalu memberikan perawatan terbaik dan perkembangan holistik bagi bayi. Lakish Hatalkar, President Director PT. Johnson & Johnson Indonesia mengatakan, “Melalui program yang akan berjalan selama dua bulan, yaitu bulan Juni hingga Juli 2017, kami ingin mengajak para ibu di Indonesia untuk berjalan bersama kami dalam memberikan harapan baru bagi bayi yang kurang beruntung di Indonesia agar dapat terus bertumbuh dan hidup.”

Sebagai salah satu inisiasi program kesehatan masyarakat (public health), khususnya pilar ‘kesehatan ibu dan anak’ dari PT. Johnson & Johnson Indonesia, serta dengan menggandeng Alfamart dan Save the Children, JOHNSON’S® Baby memberikan cara termudah bagi seluruh ibu di Indonesia untuk berpartisipasi, yaitu dengan pembelian minimum Rp 25.000,- produk JOHNSON’S® Baby jenis apapun di seluruh gerai Alfamart di Indonesia, JOHNSON’S® Baby akan mendonasikan Rp 500,- ke Save the Children. Dalam kata lain, para Ibu di Indonesia telah berkontribusi dan bantu berikan harapan bagi bayi yang kurang beruntung di Indonesia untuk hidup, tumbuh dan melihat dunia.

Seirama dengan ini, Maitra Widiantini, FRMC Director Yayasan Sayangi Tunas Cilik juga menuturkan, “Visi dari program ini sesuai dengan kami, yaitu menyediakan kehidupan yang layak bagi seluruh anak Indonesia, termasuk bayi. Kami akan menjadi sarana bagi JOHNSON’S® Baby untuk  mengedukasi ibu-ibu Indonesia akan pentingnya perawatan kulit bayi selama masa neonatal, dan pentingnya sentuhan seorang ibu untuk kesehatan bayi tersebut, melalui berbagai cara seperti memandikan dan memijat bayi yang tepat agar perkembangannya dalam 28 hari pertama dapat berlangsung maksimal. Inisiatif ini juga akan mendukung program 'Maternal and Child Health' kami dan akan menguntungkan 60.000 bayi baru lahir.”

 

“Kami sangat senang dan tidak sabar melihat kontribusi para ibu dalam memberikan harapan bagi bayi di Indonesia untuk tumbuh dan berkembang dengan sehat terutama dalam 28 hari pertamanya. Dan tentunya, kami pesan ini dapat disampaikan tidak hanya selama Ramadhan, tetapi juga lebih lama lagi,” tambah Lakish. 

Komitmen Mendukung Kesehatan Masyarakat (Public Health)

Sejak September 2016 lalu, PT Johnson & Johnson Indonesia telah bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) dalam mengenalkan 'Program Pendidikan Kesehatan Keluarga' sebagai bagian dari kemitraan strategis mereka di Indonesia. Kemitraan strategis ini didasarkan pada visi bersama Johnson & Johnson Indonesia dan Alfamart untuk membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan kesehatan dan penyakit.

“Selama lebih dari 130 tahun, Johnson & Johnson telah berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat  di  seluruh dunia, termasuk populasi yang paling rentan. Maka dengan dimulainya kemitraan kesehatan masyarakat  ini, tentunya akan mampu menggabungkan keunggulan jaringan ritel Alfamart dengan keahlian  kesehatan  masyarakat  dari  Johnson & Johnson Indonesia dengan komitmen jangka panjang di Indonesia,” tutur Devy Yheanne, Country Leader of Communications & Public Affairs, PT. Johnson & Johnson Indonesia.

Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Solihin menjelaskan, sebagai toko komunitas yang dikenal dekat dengan masyarakat, perusahaan menyambut positif kerja sama yang diharapkan bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat luas, khususnya di sekitar toko Alfamart.

“Dengan adanya program edukasi kesehatan ini, kami berharap masyarakat bisa lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan serta melakukan upaya pencegahan terhadap penyebaran penyakit di sekitar keluarganya. Karena kami percaya, dari keluarga yang sehat akan tumbuh anak-anak yang cerdas dan menjadi kebanggaan Bangsa,” ungkapnya.

Solihin menambahkan, di beberapa toko Alfamart yang memiliki dua lantai, perusahaan menyediakan ruang komunitas bernama Rumah Albi, yang bisa dipergunakan gratis oleh masyarakat sekitar toko untuk kegiatan-kegiatan positif seperti latihan tari tradisional, belajar bersama, rapat RT, hingga seminar dan pelatihan.

 


Contact Information 1:
Devy Yheanne

dyheanne@its.jnj.com
+62 21 2935 3935