April
30
2017
     13:13

Kampanye Digital Andalan : Memaknai Kebahagiaan Seorang Ibu

Kampanye Digital Andalan : Memaknai Kebahagiaan Seorang Ibu
Publisher
Contributor
Attachment(s)
— No Files —

Kehadiran anak mengubah hidup ibu menjadi lebih berharga. Di tengah perubahan fisiknya, emosinya, dan waktu yang terkuras habis demi mengurus keluarga, tidak menyurutkan kebahagiaan ibu ketika melihat anaknya selalu sehat, ceria dan bertumbuh kembang dengan baik. Potret itulah yang ingin disampaikan oleh Kontrasepsi Andalan, lewat kampanye digital bertajuk ‘Sahabat Wanita’.

Dalam kampanye digitalnya, Andalan ingin menggaris-bawahi tentang sosok seorang ibu yang  menjadi sumber kebahagiaan bagi keluarganya. Ibu sebagai tiang rumah tangga. Ibu yang mencurahkan kasih sayangnya kepada setiap anggota keluarga. Disinilah titik penting arti perencanaan keluarga untuk mewujudkan kebahagiaan bersama, termasuk sosok ibu didalamnya.

“Kehidupan era modern yang kompleks dan penuh tantangan, membuat perencanaan keluarga menjadi poin sangat penting bagi seseorang yang ingin membina rumah tangga. Saat ini, potret keluarga ideal masa kini ditempuh dengan perencanaan keluarga yang matang. Melalui tagline Andalan menjadi  Sahabat Wanita, kami ingin menyebarkan pesan kepada wanita Indonesia bahwa menjadi seorang ibu merupakan anugerah paling berharga. Sedangkan perencanaan keluarga, akan membantu ibu untuk mewujudkan kebahagiaan bagi keluarganya”, ujar Aditya A. Putra, GM Family Planning & Reproductive Health DKT Indonesia.

Banyak manfaat yang didapat dari merencanakan keluarga, antara lain hubungan suami-istri menjadi lebih harmonis, sosok ibu dapat mendampingi tumbuh kembang anak secara maksimal, namun ia masih memiliki waktu berkualitas untuk dirinya sendiri, bahkan masih bisa bersosialisasi dengan lingkungannya.

Lebih lanjut Aditya A. Putra mengungkapkan, “Salah satu wujud untuk mengajak ibu di Indonesia agar menyadari akan pentingnya melakukan perencanaan keluarga sebagai bagian gaya hidup modern, kami menghadirkan tundakehamilan.com sebagai website panduan bagi wanita Indonesia dalam menentukan metode kontrasepsi modern yang tepat bagi diri dan pasangannya. Mengingat hingga saat ini, masih banyak pasangan suami istri yang memiliki keterbatasan pengetahuan serta minimnya akses atas informasi seputar alat kontrasepsi”.

Ditemui dalam acara Media Luncheon Bahagia dengan Perencanaan Keluarga, Dr Surya Chandra Surapaty, MPH, Ph.D, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Indonesia mengungkapkan, “Saat ini persentase pengguna metode kontrasepsi modern di Indonesia berkisar 57,9% masih kurang dari target yang ditetapkan. Untuk itu, perencanaan keluarga sangat penting terutama kaitannya dalam mempersiapkan kehamilan dengan jarak yang ideal. Hal ini terkait dengan menciptakan keluarga yang bahagia dan sejahtera. Karena dengan persiapan yang matang, ibu dapat memiliki waktu optimal untuk merawat anak, menjaga hubungan dengan suami, serta memiliki waktu berkualitas untuk dirinya sendiri”.

Selain itu, Dr Surya Chandra Surapaty melanjutkan, “BKKBN turut mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Kontrasepsi Andalan terkait dengan kampanye digitalnya. Apalagi, momentun ini  sejalan dengan tema peringatan Hari Keluarga Nasional yang rangkaian acaranya sudah dimulai bulan ini sampai puncak acara pada bulan Juli mendatang. Diharapkan Keluarga Indonesia tercerahkan dengan informasi yang mendidik ini.”

“Setelah berkeluarga, suami-istri dihadapkan permasalahan hidup bersama dan harus segera dipikirkan untuk mencari solusinya, seperti bagaimana cara menjaga kesehatan ibu, pasangan dan anak yang harus selalu tumbuh sehat, mempersiapkan finansial untuk kehidupan masa depan anak dan keluarga, bagaimana cara mendidik anak yang tepat di era modern ini, bagaimana kesepakatan dengan pasangan untuk merencanakan keturunan, sampai bagaimana agar pasangan dapat memilih kontrasepsi yang ideal bagi mereka. Karena itu, perencanaan keluarga menjadi lebih penting guna meningkatkan taraf hidup yang lebih baik,” lanjut Aditya A. Putra menambahkan.

Sementara itu, ditemui di acara yang sama, Penulis dan Digital Influencer Rahne Putri bercerita tentang pengalamannya dalam merencanakan keluarga. “Disela-sela kesibukan yang padat, saya bersyukur masih dapat meluangkan waktu bersenda gurau dengan suami, melihat tumbuh kembang anak, dan bahkan menjalankan hobi saya. Menjadi seorang ibu memang terasa sedikit melelahkan karena harus mengurus anak, dan mempersiapkan segala sesuatu untuk keperluan keluarga. Namun lelah itu terbayar pada saat saya melihat anak selalu sehat, ceria bertumbuh-kembang dengan baik. Untuk itu, saya sangat senang dengan adanya tundakehamilan.com, karena saya bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai kontrasepsi ideal bagi saya, untuk membantu merencanakan keluarga,” ujar Ibu satu anak ini.

“Mengenai perencanaan keluarga, ibu dan suami juga dapat melakukan konseling langsung ke bidan atau dokter. Ajang konsultasi akan terjadi pertukaran informasi, interaksi positif dengan petugas kesehatan untuk mengenali kebutuhan pasangan dalam memilih solusi terbaik serta membuat keputusan yang tepat dengan kondisi yang sedang dihadapi.” tutup Aditya A. Putra.

Simak video menarik mengenai ‘Sahabat Wanita’ yang bercerita tentang indahnya menjadi seorang ibu pada link bit.ly/AndalanSahabatWanita


Contact Information 1:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021