August
08
2017
     10:13

Laboratorium Uji dan Kalibrasi Alat Produksi Industri di Indonesia Belum Cukupi Kebutuhan

Laboratorium Uji dan Kalibrasi Alat Produksi Industri di Indonesia Belum Cukupi Kebutuhan
Publisher
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Makasar, 8 Agustus 2017. Dari data Badan Standardisasi Nasional (BSN), jumlah laboratorium uji dan inspeksi di Indonesia adalah 1342 laboratorium. Sedangkan laboratorium kalibrasi yang bertanggungjawab untuk kalibrasi alat-alat pengujian agar sesuai standar jumlahnya hanya sekitar 120 laboratorium.

“Dari angka tersebut persebarannya dominan hanya di pulau Jawa,” ujar Mego. Padahal idealnya setiap kabupaten atau kota di Indonesia punya paling tidak satu  laboratorium kalibrasi. “Keberadaan laboratorium kalibrasi ini pada gilirannya akan meningkatkan mutu produk lokal,” jelasnya. Sebagai gambaran di Australia pada tahun 2000 saja jumlah laboratorium pengujian dan kalibrasi sudah mencapai lebih dari 4 ribu laboratorium.

Menurut Mego, adanya laboratorium uji dan kalibrasi alat produksi memastikan pelaku industri mampu memenuhi standar mutu secara konsisten. “Apalagi jika produk tadi akan bersaing untuk pasar ekspor, tentu ada standar internasional yang harus dipenuhi. Jika sudah terpenuhi maka akan mudah diterima pasar internasional yang pada gilirannya akan menumbuhkan perekonomian daerah.”

Dirinya menjelaskan, perlu juga untuk menumbuhkan kesadaran pelaku industri mengenai pentingnya kalibrasi alat-alat produksi dalam menjaga mutu produk. “Alat-alat produksi yang dikalibrasi secara benar akan menjaga ketepatan ukuran, mengurangi produk gagal, meningkatkan efisiensi produksi, sehingga pada akhirnya meningkatkan margin keuntungan,” papar Mego.

Sebagai National Metrologi Institute, Pusat Penelitian Metrologi LIPI menjadi rujukan kalibrasi untuk laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi di Indonesia. Pusat Penelitian Metrologi LIPI menyediakan pelayanan jasa kalibrasi kepada masyarakat industri khususnya untuk alat-alat ukur kelas industri untuk lingkup kalibrasi mekanik dan thermoelektrik seperti dimensi, kelistrikan, massa, akustik dan getaran, waktu, suhu, tekanan, hingga kelembapan.

Berlokasi di komplek Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Pusat Penelitian Metrologi LIPI juga melakukan uji banding antar laboratorium untuk mengevaluasi kinerja laboratorium pengujian dan kalibrasi terhadap kriteria yang telah ditetapkan sesuai kompetensinya. Selain itu, pusat penelitian yang telah berdiri sejak tahun 1967 ini juga menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dalam bentuk program reguler maupun paket yang dapat disesuaikan dengan keinginan pelanggan.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberi pemahaman kepada pelaku industri tentang peran kalibrasi dalam peningkatan kualitas produk. Secara khusus, kegiatan ini diharapkan dapat membuka peluang kolaborasi antara LIPI dengan pihak-pihak terkait untuk mengembangkan alat uji kalibrasi di kawasan Indonesia timur yang masih kekurangan laboratorium kalibrasi,” tutup Mego.


Contact Information 1:
Mego Pinandito

humas@mail.lipi.go.id
0816 1838 474


Contact Information 2:
Administrator-2
KONTAN
admin2@kontan.co.id
021
Jl. Kebayoran Lama