May
18
2017
     10:01

Laporan Mastercard: Tingkat Kepercayaan Konsumen di Kawasan Asean Terangkat oleh Anak Muda yang Optimis

Laporan Mastercard: Tingkat Kepercayaan Konsumen di Kawasan Asean Terangkat oleh Anak Muda yang Optimis
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Jakarta, 17 Mei 2017Berdasarkan temuan terbaru dari Mastercard Index of Consumer Confidence, optimisme generasi muda di kawasan ASEAN turut mengangkat tingkat kepercayaan konsumen, sementara itu sentimen di kalangan kelompok konsumen yang lebih tua lebih bersifat konservatif.

Menjelang penyelenggaraan World Economic Forum di ASEAN, Mastercard meluncurkan Mastercard Index of Consumer Confidence yang menunjukkan bahwa generasi milenial di kawasan ASEAN (berumur antara 18 – 29 tahun) memiliki pandangan yang sangat optimis untuk enam bulan kedepan (75 poin), sementara anggota Generasi X, yang berusia di atas 30 tahun, memperlihatkan angka yang lebih rendah (69,5 poin).

Akan tetapi, secara keseluruhan terdapat perbedaan yang dalam mengenai tingkat kepercayaan di antara negara-negara yang berbeda di kawasan ASEAN. Tuan rumah World Economy Forum (WEF) ASEAN, Kamboja, konsumen yang berusia di bawah 30 tahun (95,4 poin) merupakan kelompok yang paling optimis dibandingkan dengan negara lainnya, sementara kelompok konsumen di Malaysia yang berusia di bawah 30 tahun merupakan kelompok konsumen yang paling pesimis (42,6 poin). Selain itu, kelompok usia di atas 30 tahun di Kamboja dan Myanmar menduduki posisi yang setara (92 poin) sebagai kelompok paling optimis, sementara masyarakat berusia di atas 30 tahun di Singapura memiliki  tingkat kepercayaan diri paling rendah (22,7 poin).

Meskipun demikian, tingkat optimisme selama enam bulan ke depan mengindikasikan adanya pertumbuhan yang stabil di seluruh negara. Tingkat kepercayaan diri konsumen yang berusia di bawah 30 tahun bertumbuh sebesar 1,5 poin, sementara konsumen yang berusia di atas 30 tahun mengalami peningkatan sebesar 2,2 poin jika dibandingkan dengan semester I tahun 2016.

Peningkatan ini sebagian besar terpusat di antara kelompok demografis yang lebih tua di negara-negara berkembang ASEAN. Populasi konsumen Thailand yang berusia di atas 30 tahun memiliki peningkatan paling besar yaitu sebesar 10,7 poin menjadi 70,1 poin, bergerak dari kelompok netral menjadi kelompok konsumen optimis, sementara konsumen Thailand yang berusia di bawah 30 tahun memiliki peningkatan yang sedikit lebih rendah yaitu 8,6 poin menjadi 63,2 poin. Satu-satunya negara yang memiliki peningkatan sentimen di kedua kelompok demografisnya adalah Indonesia – usia di bawah 30 tahun mengalami lonjakan optimisme sebesar 7,1 poin, sementara generasi yang lebih tua mengalami lonjakan sebesar 9,9 poin.

Lebih jauh lagi, konsumen di wilayah ASEAN dari berbagai kalangan usia memiliki tingkat optimisme paling tinggi terhadap pendapatan rutin (87,7 poin, 77,5 poin), pekerjaan (74,7 poin, 70,5 poin) dan kualitas hidup (62,3 poin, 60 poin). Kedua kelompok umur ini juga mengarah ke pandangan netral ketika ditanya mengenai perekonomian dan pasar saham.

Mastercard Index of Consumer Confidence dan laporan yang menyertainya tidak ditafsirkan sebagai indikator dari kinerja keuangan Mastercard.

Temuan Kunci

  • Berdasarkan data terbaru dari Mastercard Index of Consumer Confidence, tingkat kepercayaan konsumen memiliki korelasi terhadap perkembangan ekonomi. Konsumen di Kamboja yang berusia di bawah 30 tahun (95,4 poin) merupakan konsumen paling optimistik, kemudian diikuti oleh konsumen berusia di bawah 30 tahun di Myanmar (94 poin) dan Vietnam (93,2 poin). Sebaliknya, konsumen yang berusia di atas 30 tahun di Singapura (22,7 poin) merupakan negara paling pesimistik, diikuti dengan pelangan berusia di atas 30 tahun (26,2 poin) dan kelompok konsumen berusia di bawah 30 tahun (42,6 poin) di Malaysia.
  • Sentimen terkait usia mengenai masa depan sangat bervariasi terutama di negara-negara ASEAN yang lebih maju. Perbedaan optimisme paling besar antara konsumen dengan usia di bawah 30 tahun dan di atas 30 tahun terdapat di Indonesia (73,3 poin vs 69,4 poin), Singapura (47,3 poin vs 22,7 poin) dan Malaysia (42,6 poin vs 26,2 poin).
  • Meskipun Filipina (91,2 poin vs 91,7 poin) dan Thailand (70,1 poin vs 63,2 poin) merupakan satu-satunya negara dimana tingkat kepercayaan di antara konsumen usia 30 tahun ke atas melampaui konsumen dengan usia 30 tahun ke bawah, Thailand merupakan negara satu-satunya yang bergeser dari kelompok berpandangan netral ke positif.
  • Penurunan tercatat di antara konsumen dengan usia di bawah 30 tahun di lima dari delapan negara ASEAN, pergerakan stabil terjadi di Filipina (-3,7 poin), Singapura (-1,2 poin) dan Vietnam (-3,4 poin). Penurunan tajam terjadi di Myanmar (-5,5 poin), sementara kemerosotan paling signifikan tercatat di Malaysia (-10,3 poin).
  • Di saat seluruh negara ASEAN merasa paling optimis terhadap pendapatan rutin (87,7 poin vs 77,5 poin), Mastercard Index of Consumer Confidence juga menunjukkan perbedaan sentimen terbesar di antara kelompok umur (10 poin). Sebaliknya, seluruh kelompok umur merasa paling tidak percaya diri terhadap pasar saham, dengan perbedaan tipis antar sentimen sebesar 2,3 poin.

 


Contact Information 1:
Poully Gunharie

poully_gunharie@Mastercard.com
+62 21 5790 0325


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021