May
19
2017
     13:55

Lazada, Bank Mandiri, Telkomsel dan JNE Bersama Luncurkan Program #Kamujugabisa untuk Kembangkan Potensi UMKM Indonesia

Contributor
Administrator 3
Attachment
— No Files —

Jakarta, 18 Mei 2017 – Lazada Indonesia bersama dengan Bank Mandiri, Telkomsel dan JNE menandatangani perjanjian kerjasama untuk mendukung pengembangan potensi UMKM Indonesia melalui program #KamuJugaBisa. Dengan dukungan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Republik Indonesia, program #KamuJugaBisa ini akan berlangsung sepanjang 2017 dengan target mengedukasi 25.000 UMKM di Indonesia agar dapat mengembangkan bisnis mereka secara online.

Dari kurang lebih 57,000,000 UMKM di Indonesia, hanya 18% dari angka tersebut yang sudah menggunakan media digital untuk mengembangkan usahanya. Padahal menurut sebuah penelitian, dengan bergabung di sebuah platform digital, UMKM memiliki kesempatan lebih besar untuk memasarkan produknya di jangkauan yang lebih luas, peningkatan pendapatan hingga 80%, dan penambahan jumlah tenaga kerja hingga 501. Tidak hanya bagi pelaku, majunya UMKM juga dapat membantu meningkatkan kondisi perekonomian Indonesia.

Menyadari besarnya potensi yang dimiliki sektor UMKM di Indonesia, baik Lazada Indonesia Bank Mandiri, Telkomsel dan JNE melihat ini sebagai sebuah kesempatan untuk terus berkontribusi secara positif bagi bangsa. Kesamaan visi inilah yang menjadi latar belakang hadirnya #KamuJugaBisa untuk memberdayakan UMKM di Indonesia melalui pasar online atau e-commerce.

Florian Holm, Co-CEO Lazada Indonesia mengatakan, “Selama 5 tahun kehadiran kami di tengahtengah masyarakat Indonesia, Lazada telah menjadi mitra pilihan lebih dari 15,000 UMKM dengan jutaan jenis produk. Kami bangga telah menjadi bagian dari perkembangan bisnis mereka. Saat ini, bersama dengan para mitra, kami melihat kesempatan untuk dapat berkontribusi lebih banyak bagi pengembangan potensi UMKM melalui berbagai cara, antara lain program #KamuJugaBisa.”  

Untuk program #KamuJugaBisa, setiap pihak, baik Lazada, Telkomsel, Mandiri dan JNE memiliki peran masing-masing dalam inisiatif ini. Sejumlah kemudahan akan diberikan bagi para UMKM dalam program #KamuJugaBisa, seperti Telkomsel yang berkomitmen untuk menyediakan akses dan paket data dan telefon murah; Bank Mandiri berkomitmen untuk membantu akses pembiayaan; dan JNE yang akan memberikan dukungan gratis ongkos kirim selama 3 bulan bagi para UMKM peserta program #KamuJugaBisa.

Inisiatif bersama ini juga mendapatkan dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Republik Indonesia. “Kami menyambut baik inisiatif program bersama #KamuJugaBisa untuk memajukan perekonomian Indonesia. Ini merupakan pertama kalinya kami melihat kolaborasi sejumlah instansi swasta dan BUMN untuk mengembangkan UMKM sejalan dengan potensi ekonomi digital Indonesia.” unkap Fadjar Hutomo, Deputi Akses Permodalan BEKRAF. “BEKRAF akan mendukung inisiatif ini dengan menyediakan akses terhadap UMKM binaan BEKRAF dan memfasilitasi pelatihan bagi UMKM yang berpotensi dalam kerangka program #KamuJugaBisa,” tambahnya.

Lazada Indonesia berharap #KamuJugaBisa dapat diterima dengan baik bagi pelaku UMKM di Indonesia untuk mengembangkan potensi mereka, serta meningkatkan perekonomian Indonesia. Untuk mendaftarkan diri, UMKM dapat mengakses laman www.lazada.co.id/jualan-online.

                                                           1 menurut riset Deloitte tahun 2015

Tentang Lazada

Lazada Group yang mengoperasikan Lazada, merupakan destinasi belanja dan berjualan online terbesar di Asia Tenggara, yang beroperasi di Indonesia (www.lazada.co.id), Malaysia (www.lazada.com.my), Philippines (www.lazada.com.ph), Singapore (www.lazada.sg), Thailand (www.lazada.co.th) dan Vietnam (www.lazada.vn).

Diresmikan pada Maret 2012, Lazada menjadi pionir untuk e-commerce di Asia Tenggara dengan menghadirkan pengalaman berbelanja yang mudah bagi konsumen melalui beragam pilihan metode pembayaran, termasuk bayar ditempat atau cash-on-delivery, layanan pelanggan menyeluruh, serta kebijakan pengembalian gratis. Lazada menghadirkan rangkaian produk yang beragam dari berbagai kategori mulai dari produk elektronik rumah tangga, mainan anak, fashion dan perlengkapan olahraga. Lazada juga menawarkan solusi marketplace dan ekosistem kemitraan bagi brand dan penjual untuk mendapatkan akses kepada 560 juta konsumen di enam negara secara online.

Lazada Indonesia sendiri telah meraih penghargaan Platinum Award sebagai e-Commerce terbaik pilihan konsumen Indonesia untuk kategori Business to Customer (B2C) dari idEA pada tahun 2016. Lazada juga memperoleh penghargaan Wow Brand sebagai Brand terbaik untuk e-commerce dari Marketeers pada awal tahun 2017 ini.


Contact Information 1:
Astrid Puspitasari

astrid.puspitasari@lazada.co.id
(021) 80630200