June
22
2017
     16:31

Memaksimalkan Faktor “Manusia” dalam Adopsi Teknologi PerbankanDemi Pengalaman Terbaik Bagi Nasabah

Memaksimalkan Faktor “Manusia” dalam Adopsi Teknologi PerbankanDemi Pengalaman Terbaik Bagi Nasabah
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

JAKARTA, 22 Juni 2017 – Indonesia menawarkan potensi digital yang begitu besar. Teknologi tumbuh pesat dimana dari sekitar 255 juta penduduk Indonesia, lebih dari 60 juta merupakan pengguna aktif telepon genggam, 88 juta adalah pengguna internet aktif , dan 74 juta merupakan pengguna sosial media aktif1 . Angka ini berbanding terbalik dengan jumlah penduduk dewasa Indonesia yang memiliki rekening di lembaga keuangan formal yang jumlahnya baru mencapai sekitar 36% dari total populasi penduduk2 .

Pertumbuhan teknologi yang begitu pesat di Indonesia pun secara perlahan namun pasti mulai mendorong transformasi digital di sektor keuangan, termasuk perbankan. Meski berada di dalam lingkunan yang diatur secara ketat oleh regulasi, pelaku usaha terus berupaya menciptakan inovasi digital tidak hanya untuk memberikan nilai tambah dan pengalaman terbaik bagi nasabah, namun juga untuk menjawab tantangan inklusi keuangan bagi seluruh masyarakat Indonesia agar mampu mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih merata dan berkeadilan.

Standard Chartered Bank Indonesia sebagai bank internasional dengan pengalaman lebih dari 150 tahun di Indonesia pun menyadari besarnya potensi teknologi dan terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik untuk nasabah dan calon nasabah. Chief Executive Officer Standard Chartered Bank Indonesia Rino Donosepoetro menjelaskan, “Kami percaya bahwa teknologi mampu membantu mentransformasi interaksi antara bank dengan pemangku kepentingan, termasuk klien dan nasabah, menjadi lebih baik. Melalui inovasi digital yang tepat, kami mengadopsi teknologi dalam seluruh proses, sehingga kegiatan perbankan akan menjadi lebih mudah, cepat, nyaman, dan tetap aman.”

Kenyamanan dan keamanan menjadi fokus utama Standard Chartered dalam melakukan inovasi digital. Untuk memastikan kenyamanan, perusahaan terus memantau kebutuhan nasabah melalui interaksi mereka dengan bank, kemudian mengembangkan layanan digital untuk kebutuhan tersebut. Disisi lain, perkembangan tren, baik teknologi perbankan maupun teknologi pendukung lainnya (seperti teknologi mobile phone), juga menjadi salah satu pertimbangan dalam mengembangkan layanan digital. Sementara dari sisi keamanan, memastikan infrastruktur dan mitigasi risiko keamanan data terus terjaga menjadi upaya utama Bank untuk menjaga kepercayaan nasabah.

Head of Digital Banking Standard Chartered Bank Indonesia Andrey Mongi menambahkan, “Hal penting lain yang diterapkan oleh Standard Chartered Bank Indonesia adalah memastikan faktor “manusia” tetap mendukung layanan digital. Teknologi adalah sebuah alat, namun yang jauh lebih penting adalah manusia yang ada di belakangnya. Di era digital dimana teknologi menawarkan kemudahan dan kenyamanan, peran ‘orang’ menjadi krusial untuk memastikan nasabah mendapatkan pengalaman terbaik yang mengawinkan atribut terbaik dari in-person dan online banking.”

Perkembangan teknologi dan digital tidak hanya dimanfaatkan oleh Standard Chartered Bank Indonesia untuk memberikan layanan kepada nasabah, tetapi juga untuk membantu karyawan dalam meningkatkan pelayanan kepada nasabah. Teknologi dan digital bisa memudahkan karyawan untuk memberikan informasi yang lebih cepat kepada nasabah, membantu mereka menjawab permasalahan dengan lebih cepat sehingga dapat menciptakan pengalaman yang seamless dan akhirnya memberikan nilai tambah bagi keseluruhan proses.

Adapun beberapa inovasi dalam dunia teknologi digital yang dilakukan Standard Chartered diantaranya dengan meluncurkan Straight2Bank Wallet, layanan mobile pertama untuk klien korporat di Indonesia untuk dapat melakukan pembayaran non-tunai kepada penerima yang mempunyai rekening bank ataupun tidak. Dana akan diterima secara elektronik melalui dompet elektronik ‘Dompetku’ dari Indosat.

Layanan ini dapat menggantikan pembayaran tunai yang beresiko tinggi dengan menggunakan sistem pembayaran digital yang efisien dan aman. Layanan ini juga mampu memberi keuntungan dari sisi efisiensi rekonsiliasi dan juga mengurangi risiko penipuan dan pencurian yang terkait dengan pembayaran tunai.

Selain itu, Standard Chartered merupakan salah satu bank pertama yang menyuguhkan fitur Touch ID Login (login dengan sidik jari) pada layanan mobile banking SC Mobile bagi nasabah retail. Dengan adanya fitur ini, nasabah bisa login ke dalam SC Mobile dengan menggunakan sidik jari tanpa menggunakan username dan password. Inovasi ini disediakan pada dua platform mobile pada telepon genggam berbasis iOS maupun Android.

Inovasi lainnya dalam layanan mobile banking Standard Chartered adalah aplikasi The Good Life, yang dapat memberikan informasi penawaran dari kartu kredit, sekaligus memberitahukan lokasi dari merchant yang sedang memberikan penawaran khusus (promo). Aplikasi ini disediakan lewat platform AppStore, iOS, dan Android.

Atas serangkaian inovasi digital yang diciptakan, Standard Chartered Bank Indonesia berhasil memenangkan penghargaan Indonesia Digital Innovation Award 2017 for Financial Industry untuk kategori Bank Asing di Hotel Pullman, Jakarta, pada 16 Juni 2017 yang lalu. Ajang apresiasi yang diselenggarakan Warta Ekonomi ini diberikan kepada bank yang sukses mengimplementasikan inovasi digital terbaik, baik berupa produk maupun kegiatan operasional perbankan, untuk meningkatkan kinerja bisnis sehingga dapat mempertahankan kompetensinya seiring perkembangan teknologi yang terjadi di sektor keuangan.

Apresiasi Indonesia Digital Innovation Award 2017 for Financial Industry merupakan rangkaian akhir dari riset tahunan yang dilakukan oleh Warta Ekonomi Intelligence Unit (WEIU). Riset ini menjaring bank dari berbagai kategori, yang kemudian diberikan skor berdasarkan kinerja bisnis dan kinerja inovasi digital. Adapun skor kinerja inovasi digital dinilai berdasarkan inovasi produk perbankan, strategi perba nkan, keamanan data, serta inovasi digital yang dapat mendukung strategi dan pencapaian target bisnis perusahaan.

Dalam penilaiannya, Warta Ekonomi melakukan desk research dengan mengumpulkan data-data melalui publikasi perusahaan ataupun berita-berita terbaru tentang informasi yang relevan. Data-data tersebut berupa penerapan inovasi digital dalam kegiatan operasional perusahaan. Penilaian dalam ajang penghargaan ini dilakukan berdasarkan perusahaan yang telah menerapkan teknologi dan berdampak baik untuk perusahaan, secara khusus; dan perekonomian serta masyarakat luas, secara umum.

Selain memenangkan penghargaan tersebut, Standard Chartered juga menerima penghargaan sebagai salah satu bank kustodian terbaik dalam ajang penghargaan Indonesia Top Performing Mutual Fund and Consumer Choice Award 2017 pada bulan Mei lalu dari Majalah Warta Ekonomi. Para pemenang dipilih berdasarkan penelitian kuantitatif terhadap 1.600 reksa dana terdaftar yang menunjukkan kinerja terbaik dalam lima tahun terakhir.

Tentang Standard Chartered

Kami adalah grup perbankan internasional terdepan, dengan dukungan lebih dari 84.000 orang staf serta rekam sejarah lebih dari 150 tahun di beberapa pasar dinamis di dunia. Kami melakukan kegiatan perbankan bersama masyarakat dan perusahaan untuk giatkan investasi, perdagangan, serta penciptaan kemakmuran di Asia, Afrika dan Timur Tengah. Warisan dan nilai-nilai budaya kami tercermin melalui janji merek kami, yaitu Here for Good.

Standard Chartered PLC tercatat di Bursa Saham London dan Hong Kong, serta di Bursa Saham Nasional di India dan Mumbai.

Sebagai salah satu bank tertua di Indonesia, Standard Chartered Bank rmemiliki pengalaman lebih dari 150 tahun sejak memulai layanan pertama kali pada tahun 1863 lalu. Dengan dukungan 23 kantor cabang yang terletak di 8 kota besar di Indonesia dan jaringan di lebih dari 30.000 ATM Bersama, menjadikan Standard Chartered adalah salah satu bank internasional dengan rekam jejak terluas di Indonesia. Standard Chartered juga memiliki saham di PermataBank.


Contact Information 1:
Dody Rochadi

CorporateAffairs.Indonesia@sc.com
021) 57999000


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021