April
03
2018
     16:22

Panorama Catat Penjualan Rp 5,2 Triliun di Tahun 2017

Panorama Catat Penjualan Rp 5,2 Triliun di Tahun 2017

Jakarta, 3 April 2018. PT Panorama Sentrawisata Tbk (Panorama, IDX: PANR), perusahaan pariwisata terintegrasi di Indonesia, mencatatkan kinerja positif pada tahun 2017. Perseroan mencatat penjualan sebesar Rp. 5,2 Trilyun, meningkat 9% dari tahun 2016 dan laba kotor sebesar Rp. 501 milyar, naik 14% dibandingkan tahun sebelumnya.

Pariwisata Indonesia sendiri terus mengalami pertumbuhan yang signifikan dengan mencatatkan peningkatan kedatangan wisman sebesar 25,68% pada tahun 2017 (Kemenpar). Pada tahun 2017 Indonesia masuk ke dalam daftar top 20 Fastest Growing Travel Destination menurut United Nations World Tourism Organization (UNWTO).

Perseroan turut menikmati industri pariwisata Indonesia yang tengah berkembang. Pada tahun 2017, Perseroan berhasil mencatat Laba Tahun Berjalan sebesar Rp 36 milyar atau naik sangat signifikan dibandingkan tahun 2016 yang hanya sebesar Rp 3 milyar. Hal ini didukung oleh peningkatan kinerja entitas anak dan penurunan beban bunga perseroan.

“Tahun 2017 merupakan tahun yang penting bagi Perseroan karena berhasil melakukan beberapa inovasi dan pengembangan dalam kelima pillar bisnisnya,” Ungkap Budi Tirtawisata, Direktur Utama PT Panorama Sentrawisata Tbk. “Pada tahun yang sama Perseroan juga bersinergi dengan strategic partner untuk mendukung perkembangan Perseroan menjadi pemain regional dan global kedepannya.”

Selama tahun 2017 Pillar Inbound Perseroan berhasil membawa kedatangan lebih dari 165 ribu wisman dengan pasar utama dari Eropa disusul Asia Selatan dan ASEAN. Pada tahun 2017 pillar inbound juga berhasil mengembangkan pasar regional dan memperluas jaringan operasional di ASEAN, dengan mengakuisisi sebuah perusahaan di Singapura. ASEAN sendiri merupakan destinasi dengan tingkat kunjungan tertinggi kedua setelah Eropa dengan jumlah wisman 125 juta orang pada tahun 2017 lalu. Hal yang cukup menjadi tantangan di tanah air pada akhir 2017 adalah erupsi Gunung Agung yang ikut menekan performa Pilar Inbound.

Pasar untuk wisatawan nusantara juga mengalami pertumbuhan yang baik sepanjang tahun 2017. Hal ini didukung oleh bonus demografi, dimana adanya peningkatan usia produktif dan pertumbuhan kelas menengah, pergeseran pada pola konsumsi masyarakat yang kini menjadikan traveling menjadi sebuah gaya hidup. Di awal 2017 Perseroan bersinergi dengan JTB Corporation, sebuah perusahaan travel terkemuka di Jepang dan di Asia Pasifik, untuk melayani pasar Indonesia dengan lebih baik.

Sinergi antara dua permain pariwisata yang kuat melebur di pilar usaha Travel & Leisure, sebagai PT Panorama JTB Tours Indonesia, diyakini akan memberikan dampak pertumbuhan yang signifikan pada tahun-tahun mendatang.

Kontribusi positif juga datang dari Pilar Media, yang sepanjang tahun 2017 telah sukses melaksanakan 13 pameran di Indonesia, dua terbesar antara lain Maritime Expo dan Indonesia Comic Con. Perseroan optimis untuk terus aktif mengembangkan sektor MICE (Meeting, Incentive, Conference & Exhibition) melalui event yang bersifat B2B maupun B2C.

Selama tahun 2017 Perseroan terus melakukan berbagai inovasi dan digitalisasi di lini operasional. Pilar Transportasi Perseroan pada pertengahan 2017 telah berhasil meluncurkan layanan pemesanan bus secara online melalui website dan aplikasi. Layanan ini mempercepat proses pemesanan bus dengan fleksibilitas dan jaminan keamanan bertransaksi secara online. Layanan online-booking ini juga dilengkapi dengan fitur untuk melengkapi kebutuhan perjalanan, antara lain; snack, perlengkapan, sampai dengan tiket masuk objek wisata. Perseroan berkomitmen untuk terus mengembangkan produk dan layanan untuk memberikan pengalaman yang terbaik bagi seluruh pelanggan.

Perseroan juga terus mendukung promosi Kementrian Pariwisata dengan co-branding Wonderful Indonesia untuk bersama mencapai target wisatawan mancanegara sebanyak 20 juta pada tahun 2019. Perseroan sangat optimistis terhadap peningkatan kinerja perseroan seiring dengan gerak industri pariwisata. Untuk tahun 2018, Perseroan menargetkan pertumbuhan sebesar 20%.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved