June
02
2017
     12:39

Pelindo 1 Gelar Mudik Gratis Bagi 2000 Lebih Pemudik

Pelindo 1 Gelar Mudik Gratis Bagi 2000 Lebih Pemudik
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 akan menggelar kegiatan  mudik gratis bagi masyarakat khususnya yang berada di wilayah kerjanya.Program Mudik Gratis yang diselenggarakan Pelindo 1 ini akan melayani mudik gratis di 8 (delapan) rute. Program mudik gratis bersama Pelindo 1 ini akan diikuti sekitar 2.150 peserta, yang akan berangkat dari Batam, Pekanbaru, Perawang, Dumai dan Medan.

"Program mudik gratis bersama Pelindo 1 ini akan diantar langsung oleh Pelindo 1  menuju beberapa kota di Pulau Sumatera. Yaitu dari Pelabuhan Batam ke Pelabuhan Belawan dengan jadwal keberangkatan tanggal 21 Juni menggunakan Kapal Kelud.  Sedangkan tujuan Pekanbaru - Padang, Perawang – Padang, Perawang - Medan, Pekanbaru –Medan, Medan – Aceh, Dumai – Medan, dan Medan – Tapanuli Selatan dengan jadwal keberangkatan tanggal 20 Juni, menggunakan bus. ” jelas Mardiofi, Senior Menejer Pelayanan Kapal dan Barang Pelindo 1.

Mardiofi mengatakan Pelindo 1 akan menyediakan 45 bus untuk program mudik gratis ini dan khusus untuk keberangkatan dari Pelabuhan Batam ke Pelabuhan Belawan akan disiapkan 1 kapal laut.  “Pendaftaran peserta mudik gratis ini dapat dilakukan mulai 29 Mei – 15 Juni 2017 di kantor CabangPelindo 1 di setiap daerah keberangkatan. Selain itu, setiap peserta akan dicover asuransi sehingga peserta mudik gratis makin nyaman dan tenang dalam perjalanan,” jelas Mardiofi.  

Untuk menjadi peserta mudik gratis Pelindo 1, para peserta dapat mendaftarkan diri secara langsung di kantor Cabang Pelindo 1 (pada daerah keberangkatan yaitu Kantor Pelabuhan Pekanbaru, Perawang, Dumai, Belawan dan Pelabuhan Batam) maupun di Kantor Dinas Perhubungan setempatdengan membawa Kartu Keluarga dan Identitas Diri (KTP). Seluruh peserta mudik gratis Pelindo 1 juga akan dilindungi asuransi yang ditanggung sepenuhnya oleh Pelindo 1, serta akan mendapatkan berbagai fasilitas seperti kaos mudik, topi, konsumsi, serta bus yang dipakai dilengkapi fasilitas AC.

ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami mengatakan bahwa Program Mudik Gratis Bareng Pelindo 1 ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke kampung halaman masing-masing dengan moda transportasi darat maupun laut, hingga sampai kota tujuan. “Program mudik gratis ini juga merupakan salah satu Program BUMN Hadir Untuk Negeri, dimana melalui program ini masyarakat luas dapat semakin merasakan manfaat yang diberikan oleh Pelindo 1,” ujar Fiona.

Selain menggelar Program Mudik Gratis, Pelindo 1 juga menyiapkan Angkutan Lebaran dalam menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 2017. Kesiapan ini  dilakukan dengan pemantauan pada 8 (delapan) cabang pelabuhan yaitu Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Tembilahan.

“Kami berkomitmen menyiapkan dan menjaga seluruh fasilitas agar selalu siap untuk dipergunakan demi kelancaran arus mudik lebaran tahun ini. Selain itu, kami juga memastikan keamanan dan keselamatan penumpang melalui koordinasi dengan pihak-pihak terkait, dalam rangka mewujudkan zero accident pada Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri tahun ini,” tegas Fiona.

Tentang PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)

(BUMN) yang  mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat. Pelindo 1 berkantor pusat di Medan dan memiliki wilayah operasi di 4 provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Riau Kepulauan, serta mengelola 16 cabang pelabuhan, 11 kawasan pelabuhan/ perwakilan dan mengelola 2 (dua) unit usaha yaitu, UGK (Unit Usaha Galangan Kapal), RSPM (Rumah Sakit Pelabuhan Medan) serta 5 (lima) Anak Perusahaan, yaitu PT Terminal Petikemas Indonesia (TPI), PT Prima Terminal Petikemas (PTP), PT Prima Multi Terminal (PMT), PT Prima Indonesia Logistik (PIL) dan PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK).

Pelayanan Pelindo 1 meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya.  Pelindo I mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama eksport CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

Saat ini Pelindo 1 dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menerus, telah melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga sehingga untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien. Pengembangan secara kontinu ini juga untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan Pemerintah terutama dalam program tol laut untuk memperkuat konektivitas nasional dan menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif serta meningkatkan daya saing nasional.

Pelindo 1, Indonesia Gateway


Contact Information 1:
Fiona Sari Utami

Public.relations@pelindo1.co.id
(+62-61) 6610220


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021