September
08
2017
     17:29

Pelindo 1 Selenggarakan Diklat Building Personal Effectiveness

Pelindo 1 Selenggarakan Diklat Building Personal Effectiveness
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Medan, 8 September 2017. PT Pelindo I (Persero) atau Pelindo 1 menyelenggarakan diklat yang bertema “Building Personal Effectiveness” pada hari Rabu, 6 Agustus 2017 yang bertempat di kantor Pelindo 1 Cabang Belawan. Diklat ini diikuti oleh 83 pegawai yang berasal dari cabang Belawan, Belawan International Container Terminal (BICT), dan Terminal Peti Kemas Domestik (TPKDB) dengan menghadirkan narasumber Parlindungan Marpaung dan Indra K. Muhtadi, yang merupakan profesional trainer nasional.

Diklat yang dilaksanakan menjadi dua batch yaitu pukul 08.00-12.00 dan 13.30-17.00 ini merupakan suatu wadah untuk mengembangkan potensi diri para pegawai menjadi karakter yang lebih efektif dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Dengan mengikuti diklat tersebut, para pegawai diharapkan mampu menerapkan pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti pelatihan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

“Perubahan itu terjadi setiap saat, karena itu perubahan harus diciptakan setiap saat bukan sekali-kali,” tutur Parlindungan Marpaung dalam mengawali diklat ini. Untuk menghadapi perubahan yang bisa terjadi kapanpun, Parlindungan Marpaung menjelaskan bahwa setiap orang harus bisa menjadi pribadi yang efektif. “Orang yang menjadi pribadi efektif adalah yang bisa bekerja cepat, menyesuaikan diri, dan kreatif. Untuk menjadi pribadi yang efektif, kita perlu untuk belajar mengatur waktu, bisa memilih mana tugas yang sangat penting dan mendesak untuk segera dikerjakan,” terangnya.

Diklat ini berjalan secara interaktif, tidak hanya satu arah oleh fasilitator tetapi juga diwarnai dengan partisipasi aktif dari para pegawai Pelindo 1. Diklat yang digelar ini merupakan salah satu upaya transformasi di bidang SDM di Pelindo 1 untuk meningkatkan kinerja perusahaan. “Transformasi SDM ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pegawai sehingga kinerja perusahaan semakin lebih baik. Oleh karena itu, Pelindo 1 akan terus memfasilitasi peningkatan kualitas SDM demi kemajuan perusahaan. Pelindo 1 akan terus melakukan perbaikan dan meningkatkan kinerja di segala aspek perusahaan,” terang Ade Maydwianda, Plh. ACS Humas Pelindo 1.

Tentang PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)

(BUMN) yang  mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat. Pelindo 1 berkantor pusat di Medan dan memiliki wilayah operasi di 4 provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Riau Kepulauan, serta mengelola 16 cabang pelabuhan, 11 kawasan pelabuhan/ perwakilan dan mengelola 1 (satu) unit usaha yaitu UGK (Unit Usaha Galangan Kapal) dan RSPM (Rumah Sakit Pelabuhan Medan) serta 6 (enam) Anak Perusahaan, yaitu PT Terminal Petikemas Indonesia (TPI), PT Prima Terminal Petikemas (PTP), PT Prima Multi Terminal (PMT), PT Prima Indonesia Logistik (PIL), PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK), dan PT Prima Husada Cipta Medan (PHCM).

Pelayanan Pelindo 1 meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya.  Pelindo I mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama eksport CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

Saat ini Pelindo 1 dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menerus, telah melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga sehingga untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien. Pengembangan secara kontinu ini juga untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan Pemerintah terutama dalam program tol laut untuk memperkuat konektivitas nasional dan menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif serta meningkatkan daya saing nasional

Pelindo 1, Indonesia Gateway


Contact Information 1:
Ade Maydwianda

public.relations@pelindo1.co.id
082163176964