June
21
2017
     19:31

Pelindo 1 Tandatangani Mou dengan Pemko Gunungsitoli

Contributor
Administrator 3
Attachment
— No Files —

edan, 21 Juni 2017. PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menandatangani Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kota Gunungsitoli tentang Pengembangan Pelabuhan Angin Gunungsitoli, Pemanfaatan Pelabuhan Lama dan Eks Pelabuhan Lama serta Penataan Kota Gunungsitoli, yang dilaksanakan di Kantor Pusat Pelindo 1 pada tanggal 20 Juni 2017.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Bisnis Pelindo 1, Syahputera Sembiring dan Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua. Nota Kesepahaman ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi antara Pelindo 1 dan Pemko Gunungsitoli dalam mengembangkan Pelabuhan Angin Gunungsitoli, pemanfaatan Pelabuhan Lama dan Eks Pelabuhan Lama serta Penataan Kota Gunungsitoli.

Dalam sambutannya, Direktur Bisnis Pelindo 1, Syahputera Sembiring mengatakan bahwa kerjasama ini untuk semakin menguatkan sinergi antara Pelindo 1 dengan pemerintah kota dalam membangun dan mengembangkan infrastruktur pelabuhan dan penataan Kota Gunungsitoli. “Kami juga mengucapkan terimakasih atas dukungan Pemerintah dan masyarakat Kota Gunungsitoli, sehingga kinerja dan produktifitas Pelabuhan Gunugsitoli semakin meningkat,” ujar Syahputera.

Ruang lingkup dari Nota Kesepahaman yang ditandatangani ini adalah dukungan dalam pengembangan Pelabuhan Angin melalui penyelarasan program kerja dan peraturan-peraturan  yang dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi bagi Kota Gunungsitoli dan Kepulauan Nias pada umumnya dan  dukungan dalam penertiban dan penataan Pelabuhan Lama dan Lahan eks Pelabuhan Lama dengan menyelaraskan sesuai ketentuan berlaku.

Tentang PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)

(BUMN) yang  mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat. Pelindo 1 berkantor pusat di Medan dan memiliki wilayah operasi di 4 provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Riau Kepulauan, serta mengelola 16 cabang pelabuhan, 11 kawasan pelabuhan/ perwakilan dan mengelola 1 (satu) unit usaha yaitu, UGK (Unit Usaha Galangan Kapal) serta 6 (enam) Anak Perusahaan, yaitu PT Terminal Petikemas Indonesia (TPI), PT Prima Terminal Petikemas (PTP), PT Prima Multi Terminal (PMT), PT Prima Indonesia Logistik (PIL), PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK) dan PT Prima Husada Cipta Medan (PHCM).

Pelayanan Pelindo 1 meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya.  Pelindo I mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama eksport CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

Saat ini Pelindo 1 dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menerus, telah melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga sehingga untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien. Pengembangan secara kontinu ini juga untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan Pemerintah terutama dalam program tol laut untuk memperkuat konektivitas nasional dan menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif serta meningkatkan daya saing nasional

 

Pelindo 1, Indonesia Gateway


Contact Information 1:
Fiona Sari Utami

Public.relations@pelindo1.co.id
(+62-61) 6610220