July
04
2017
     18:41

Ruangguru Mendapatkan Pendanaan Seri B

Ruangguru Mendapatkan Pendanaan Seri B
Publisher
PT. Ruangraya Indonesia (Ruangguru.com)
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Jakarta, 4 Juli 2017. Ruangguru mengumumkan telah mendapatkan pendanaan Seri B yang dipimpin oleh UOB Venture Management, bagian dari perusahaan ekuitas swasta United Overseas Bank Limited yang berkantor pusat di Singapore.

Dengan investasi pendanaan Seri B ini, UOB Venture Management bergabung dengan Venturra Capital and East Ventures sebagai pendukung modal Ruangguru.

Seah Kian Wee, Managing Director dan CEO, UOB Venture Management, menyatakan, “Ruangguru adalah investasi yang menarik karena semangat dan kapabilitas manajemennya, skalabilitas bisnisnya, dan potensi dampak positif yang dapat diberikan kepada pelajar di Indonesia. Kami percaya Ruangguru dapat merubah permainan bisnis di sektor pendidikan Indonesia, melihat besarnya pengadopsian sistem manajemen pembelajarannya dan potensi produk lainnya.”

Selama setahun terakhir, Ruangguru telah berhasil menjalin kerja sama dengan 27 (dari 34) pemerintah provinsi dan lebih dari 300 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia.  Kerja sama ini memungkinkan siswa di daerah untuk mengakses Sistem Manajemen Belajar (Learning Management System) Ruangguru yang mencakup bank soal berkualitas, manajemen kelas, dan simulasi ujian online.

Dengan pendanaan ini, Ruangguru akan memperkuat timnya, khususnya di sisi konten edukasi, teknologi, pemasaran, dan operasional, serta terus meningkatkan penggunaan produknya di Indonesia. Ruangguru juga akan terus mencari cara terbaik untuk memberikan layanan pendidikan digital yang terpersonalisasi – dengan mengoptimalkan kekayaan data akademis yang dimiliki.

"East Ventures menyambut semua investor baru dan menantikan inovasi berikutnya dari Ruangguru. Kami melanjutkan komitmen kami untuk Ruangguru dan melipatgandakan investasi kami," ujar Wilson Cuaca, Managing Partner of East Ventures.

"Kami terus bersemangat dan berkomitmen dalam mendukung usaha Ruangguru untuk melakukan perubahan dalam pendidikan di Indonesia. Kami yakin bahwa kerja sama dengan UOB Venture Management dan investor strategis lainnya akan membawa Ruangguru menjadi lebih baik." ungkap Rudy Ramawy, Managing Partner Ventura Capital.

Sejak didirikan pada tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang baru-baru ini masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 untuk kategori consumer technology di Asia, Ruangguru telah berkembang menjadi pemimpin pasar dalam bidang pendidikan berbasis teknologi di Indonesia. Pengguna Ruangguru di Indonesia saat ini berjumlah 3 juta, dari siswa kelas 1 sampai 12, dalam berbagai layanan pendidikan yang disediakan. Ruangguru saat ini hadir di hampir setiap jenjang pendidikan; berperan dalam mendukung sistem pendidikan formal serta pendidikan tambahan yang berkualitas di luar sekolah.

Mendukung sistem pendidikan formal

Sistem Manajemen Belajar Ruangguru merupakan kunci utama dalam upayanya untuk mendukung sistem pendidikan formal di Indonesia. Sistem Manajemen Belajar Ruangguru ini juga menyediakan panel dasbor dan data wawasan bagi pemerintah untuk mendukung pembuatan kebijakan berbasis data, dengan cara yang tidak mungkin dilakukan sebelumnya. Sebagai perusahaan lokal, Ruangguru berkomitmen menjadi mitra pemerintah daerah untuk meningkatkan hasil akademis siswa di seluruh Indonesia dengan teknologi.

"Bermitra dengan pemerintah daerah menjadi sumber inspirasi kami untuk terus memikirkan bagaimana kita dapat berkontribusi lebih terhadap keberhasilan akademis siswa. Kami juga percaya bahwa dengan memperkuat kerja sama dengan pemerintah, akan membantu kami untuk memperluas jangkauan operasional perusahaan secara nasional," ungkap Iman Usman, Co-founder dan Chief Product Officer Ruangguru.

Menyediakan pendidikan tambahan terbaik dengan harga terjangkau

Untuk mendukung pendidikan formal di tingkat dasar dan menengah, Ruangguru menawarkan berbagai layanan pendidikan tambahan di luar sekolah, termasuk; RuangBelajar, sebuah layanan video belajar berlangganan terpadu; RuangLes, market-place guru privat; RuangLesOnline, layanan bimbingan belajar online on-demand; dan Ruangguru Digital Bootcamp - solusi pendidikan untuk pembelajaran jarak jauh berbasis group chat. Dengan memanfaatkan akses konten melalui perangkat mobile, Ruangguru berusaha untuk memberikan konten pendidikan kelas dunia melalui teknologi kepada siswa dengan biaya lebih terjangkau daripada metode belajar konvensional.

Salah satu kemitraan strategis yang dilakukan Ruangguru yang menarik untuk disoroti adalah kemitraan dengan LINE, dimana Ruangguru dan LINE meluncurkan LINE Academy, yang berhasil mencapai 3,2 juta pengguna hanya dalam 6 bulan sejak diluncurkan. Dalam tiga bulan terakhir, lebih dari 1,5 juta siswa mendapatkan kesempatan mengikuti tryout Ujian Nasional dan Ujian Semester di Ruangguru melalui LINE Academy. Ruangguru dan LINE berkomitmen untuk terus memperluas layanannya dan menjangkau lebih banyak lagi di tahun yang akan datang.

"Kami percaya bahwa teknologi adalah kunci untuk melampaui pencapain pendidikan nasional selama ini dan memastikan bahwa semua anak, tidak peduli domisili dan status ekonominya, memiliki akses yang sama terhadap konten pendidikan berkualitas tinggi. Kami sangat bangga dengan pencapaian tim Ruangguru dalam satu tahun terakhir, dan terus bersemangat bahwa kami mungkin akan menjadi katalisator utama dalam transformasi pendidikan di negara ini dengan teknologi," ungkap Belva Devara, Co-founder dan CEO Ruangguru.

Tentang Ruangguru

Didirikan pada tahun 2014, Ruangguru adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada penyediaan layanan di berbagai bidang pendidikan. Ruangguru menawarkan Sistem Manajemen Belajar yang ditujukan untuk siswa sekolah dasar, menengah, dan sekolah menengah atas di Indonesia. Ruangguru juga menawarkan video belajar berlangganan, marketplace les privat, layanan bimbingan belajar on-demand, tryout ujian online, dan lain-lain. Untuk mengetahui lebih banyak, unduh aplikasi seluler Ruangguru di Play Store, App Store, atau kunjungi Ruangguru.com.

Tentang UOB Venture Management Pte Ltd

UOB Venture Management (UOBVM) adalah badan ekuitas swasta dari United Overseas Bank Limited (UOB). UOBVM mengelola dana ekuitas swasta pihak ketiga yang melebihi $1 miliar SGD dan berfokus pada perusahaan bertumbuh di ASEAN dan China. UOBVM berkomitmen untuk berinvestasi secara bertanggung jawab dan telah memasukkan penilaian lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) dalam proses penilaian investasinya sejak tahun 2004.


Contact Information 1:
Defina Romasi

defina@ruangguru.com
+628111071014


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021