June
13
2017
     14:00

Sinergi Rumah Zakat Bersama PT. Bank HSBC Indonesia Bangun 7 Titik Desa Berdaya

Sinergi Rumah Zakat Bersama PT. Bank HSBC Indonesia Bangun 7 Titik Desa Berdaya
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Jakarta – 12 Juni 2017. Sebagai upaya membantu peningkatan keberdayaan desa di Indonesia, Rumah Zakat menggandeng PT. Bank HSBC Indonesia untuk membangun 7 titik Desa Berdaya. Adapun titik-titik desa berdaya tersebut yaitu Desa Pejaten Timur Jakarta, Desa Mekarsari Bandung, Desa Tamanan Yogyakarta, Desa Margorejo Surabaya, Desa Sidorejo Hilir Medan, Desa Maccini Raya Makassar, dan Desa Banjar Serasan Pontianak.

Berdasarkan informasi kemiskinan dari Kementrian PPN/Bappenas persentase penduduk miskin di daerah perkotaan pada September 2015 sebesar 8,22 persen, turun menjadi 7,79 persen pada Maret 2016. Sementara persentase penduduk miskin di daerah perdesaan naik dari 14,09 persen pada September 2015 menjadi 14,11 persen pada Maret 2016.

“Tingkat kemiskinan semakin berkurang, namun dalam 4 tahun terakhir  jumlah penduduk miskin masih relatif berfluktuasi. Fokus perlu dilakukan  untuk secara konsisten menurunkan tingkat kemiskinan dan jumlah  penduduk miskin secara bersama-sama,” ungkap CEO Rumah Zakat, Nur Efendi.

Salah satu komitmen Rumah Zakat untuk berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan di Indonesia ini adalah melalui program Desa Berdaya. “Desa Berdaya merupakan sebuah pendekatan komprehensif agar masyarakat di sebuah desa bisa menanggulangi permasalahan sekaligus memperbaiki akses maupun layanan di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan,” papar Nur Efendi, CEO Rumah Zakat.

Rumah Zakat telah membina 800 Desa Berdaya di 129 kota dan kabupaten di Indonesia. “Tahun 2017 ini, kami targetkan bisa memberdayakan 1.080 desa di Indonesia. Oleh karena itu sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak sangat penting, agar realisasi tambahan 280 Desa Berdaya bisa segera terwujud,” terang Nur Efendi.

“Keberdayaan masyarakat desa merupakan salah satu faktor percepatan ekonomi. Kami ingin menjadi bagian dari pertumbuhan Indonesia yang memiliki potensi begitu besar. Untuk itu sinergi pembangunan masyarakat yang berkelanjutan menjadi agenda utama dalam program kemasyarakatan kami. Inilah yang menjadi landasan kerjasama program Desa Berdaya,” ujar Nuni Sutyoko, Head of Corporate Sustainability PT Bank HSBC Indonesia.

Kerja sama antara Rumah Zakat dan PT Bank HSBC Indonesia ini diresmikan dalam kesempatan ifthar sekaligus pembagian paket Ramadhan bagi yang kurang mampu, hari ini 12 Juni 2017. Di Bulan Ramadhan ini, PT Bank HSBC Indonesia mendedikasikan 3.270 paket program Ramadhan untuk masyarakat yang membutuhkan di wilayah kantor cabang perusahaan, yang tersebar di 29 kota dan kabupaten.

“Kami yakin sinergi dengan PT Bank HSBC Indonesia akan memberi kontribusi strategis dalam pembangunan masyarakat yang berkelanjutan.  Unit layanan kami hingga akhir 2016 ini telah melingkupi 18 Sekolah Juara, 3 Mobil Juara, 9 Klinik Pratama RBG, 51 ambulance gratis, dan 20 Mobil Klinik. Ini menjadi portofolio sekaligus komitmen kami untuk meningkatkan akses dan layanan untuk masyarakat,” pungkas Nur Efendi.

Tentang Rumah Zakat

Dengan misi untuk membangun kemandirian dan pelayanan masyarakat, Rumah Zakat kini ada pada tingkat yang lebih tinggi; yakni sebagai organisasi sosial keagamaan yang berkelas internasional. Dengan menanamkan tiga nilai organisasi baru; trusted, progressive, dan humanitarian. Sebagai lembaga filantropi, yang mengelola zakat, infak dan sedekah serta dana sosial lainnya melalui program – progam pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan yang direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (Pendidikan), Senyum Sehat (Kesehatan) Senyum Mandiri (Pemberdayaan Ekonomi) serta Senyum Lestari (Inisiatif Kelestarian Lingkungan). Program dikemas dengan efektif dan berkesinambungan dalam memberdayakan masyarakat untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.


Tentang Sustainability PT Bank HSBC Indonesia
 

Di HSBC, keberlanjutan diartikan sebagai upaya membangun bisnis jangka panjang dengan senantiasa memperhatikan pertimbangan sosial, lingkungan dan ekonomi dalam berbisnis. Hal ini turut memacu kegiatan usaha seraya berkontribusi bagi pertumbuhan serta kelestarian masyarakat. HSBC memberikan kontribusi finansial untuk berbagai program kemasyarakatan di dunia dan melibatkan ribuan karyawan di seluruh dunia untuk menyumbangkan waktu dan keterampilan mereka dalam program relawan. Titik berat investasi kemasyarakatan PT Bank HSBC Indonesia adalah program pendidikan yang disebut HSBC Membina, sebagai kunci kesejahteraan dan program lingkungan hidup yang disebut HSBC Membumi, untuk memitigasi perubahan iklim dan tekanan terhadap sumber daya alam yang memengaruhi perkembangan ekononi dunia.

Tentang Program Desa Berdaya

Desa Berdaya adalah sebuah program untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat di sebuah wilayah melalui program-program pemberdayaan di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan sesuai dengan potensinya masing-masing. Kondisi kemiskinan di Indonesia secara grafik masih naik turun menjadi landasan program Desa Berdaya dalam membangun pemberdayaan berbasis kewilayahan. Dengan tagline “Dari Desa Membangun Negeri” proses pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh seorang Fasilitator di wilayah dan waktu tertentu, dengan maksud membantu memberikan percepatan perbaikan atas permasalahan yang ada di wilayah tersebut. Desa Berdaya ini sebagai alternatif solusi pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat di Indonesia.


Contact Information 1:
Alina Pranoto

alinasukmayanipranoto@hsbc.co.id
+62 21 524 6222


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021