June
19
2017
     09:55

Standard Chartered Bank Raih Penghargaan Bank Asing Terbaik di Indonesia Digital Innovation Award 2017

Standard Chartered Bank Raih Penghargaan Bank Asing Terbaik di Indonesia Digital Innovation Award 2017
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

JAKARTA, 16 Juni 2017 – Standard Chartered Bank Indonesia (“Bank”) hari ini menerima penghargaan Indonesia Digital Innovation Award 2017 for Financial Industry untuk kategori Bank Asing yang diselenggarakan Warta Ekonomi di Hotel Pullman, Jakarta.

Apresiasi ini diberikan kepada bank yang sukses mengimplementasikan inovasi digital terbaik, baik berupa produk maupun kegiatan operasional perbankan, untuk meningkatkan kinerja bisnis sehingga dapat mempertahankan kompetensinya seiring perkembangan teknologi yang terjadi di sektor keuangan.

Apresiasi Indonesia Digital Innovation Award 2017 for Financial Industry merupakan rangkaian akhir dari riset tahunan yang dilakukan oleh Warta Ekonomi Intelligence Unit (WEIU). Riset ini menjaring bank dari berbagai kategori, yang kemudian diberikan skor berdasarkan kinerja bisnis dan kinerja inovasi digital. Adapun skor kinerja inovasi digital dinilai berdasarkan inovasi produk perbankan, strategi perbankan, keamanan data, serta inovasi digital yang dapat mendukung strategi dan pencapaian target bisnis perusahaan.

Chief Executive Officer Standard Chartered Bank Indonesia Rino Donosepoetro sangat menyambut baik penghargaan yang diberikan kepada Bank. “Kami percaya bahwa teknologi mampu membantu mentransformasi interaksi antara Bank dengan pemangku kepentingan, termasuk klien dan nasabah, menjadi lebih baik. Di Bank, kami membantu beragam klien, seperti institusi keuangan, klien-klien dari sektor publik, maupun organisasi lainnya, agar dapat memenuhi kebutuhan perbankan mereka dalam hal perdagangan, investasi, maupun pengembangan bisnis. Dengan mengadopsi teknologi dalam seluruh proses, kegiatan perbankan akan menjadi lebih mudah, cepat, nyaman, dan tetap aman. Komitmen kami untuk mengadopsi teknologi demi kenyamanan nasabah dibuktikan dengan penhargaan ini.”

Lebih lanjut Rino menambahkan bahwa pada akhirnya teknologi adalah sebuah alat, namun yang jauh lebih penting adalah manusia yang ada di belakangnya. “Didukung oleh tim ahli yang paham dengan tren global serta pengetahuan mendalam tentang pasar di Indonesia setelah selama lebih 150 tahun beroperasi di tanah air, Bank senantiasa melakukan inovasi untuk melahirkan produk dan layanan yang memiliki nilai tambah bagi klien.”

Beberapa inovasi dalam dunia teknologi digital yang dilakukan Bank diantaranya dengan meluncurkan Straight2Bank Wallet, layanan mobile pertama untuk klien korporat Bank di Indonesia dengan dukungan jaringan telekomunikasi Indosat. Melalui layanan ini, klien korporat Bank, termasuk perusahaan multinasional, institusi keuangan bukan bank dan perusahaan Fast Moving Consumer Good (FMCG), dapat melakukan pembayaran non-tunai melalui sistem elektronik Straight2Bank kepada penerima yang mempunyai rekening bank ataupun tidak. Dana akan diterima secara elektronik melalui dompet elektronik ‘Dompetku’ dari Indosat

Straight2Bank Wallet dapat menggantikan pembayaran tunai yang beresiko tinggi dengan menggunakan sistem pembayaran digital yang efisien dan aman. Selain itu, layanan ini mampu memberi keuntungan dari sisi efisiensi rekonsiliasi dan juga mengurangi risiko penipuan dan pencurian yang terkait dengan pembayaran tunai.

Selain itu, Standard Chartered adalah salah satu bank pertama yang menyuguhkan fitur Touch ID Login (login dengan sidik jari) di Mobile Banking (SC Mobile) baik untuk telepon genggam berbasis iOS maupun Android.

Pada Mei 2017 lalu, Standard Chartered Bank juga menanandatangani kerja sama dengan PT Mitra Pinashtika Mustika Finance (MPM Finance) untuk implementasi program layanan penagihan regular Sistim Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) Generasi II. SKNBI merupakan sistem transfer dana elektronik inisiatif dari Bank Indonesia yang meliputi kliring debet dan kliring kredit yang penyelesaian setiap transaksinya dilakukan secara nasional. Bank merupakan satu dari sepuluh bank pertama yang menggunakan infrastruktur ini, khususnya untuk fitur layanan penagihan regular,

Dengan infrastruktur ini, perusahaan dimudahkan untuk menagih pembayaran dari nasabah atau klien tanpa harus menjadi nasabah dari bank tertagih. Sebagai bank yang dipercaya untuk melakukan penarikan dana oleh MPMF, Bank menyediakan suatu platform elektronik yang terintegrasi yaitu Straight2Bank sebagai media penagihan demi mempercepat proses penagihan dana dengan biaya yang lebih efisien bagi MPM Finance.

Head of Digital Banking Standard Chartered Bank Indonesia Andrey Mongi mengatakan, “Selain untuk kemudahan dan kenyamanan klien, komitmen kami dalam mengadopsi teknologi juga sebagai bentuk dukungan Bank kepada program pemerintah. Melalui inovasi-inovasi yang dilakukan, Bank berupaya meningkatkan akses publik pada produk-produk perbankan sehingga mampu mendorong inklusi keuangan.”

Selain memenangkan penghargaan tersebut, Standard Chartered juga menerima penghargaan sebagai salah satu bank kustodian terbaik dalam ajang penghargaan Indonesia Top Performing Mutual Fund and Consumer Choice Award 2017 pada bulan Mei lalu dari Majalah Warta Ekonomi. Para pemenang dipilih berdasarkan penelitian kuantitatif terhadap 1.600 reksa dana terdaftar yang menunjukkan kinerja terbaik dalam lima tahun terakhir.

Tentang Standard Chartered

Kami adalah grup perbankan internasional terdepan, dengan dukungan lebih dari 84.000 orang staf serta rekam sejarah lebih dari 150 tahun di beberapa pasar dinamis di dunia. Kami melakukan kegiatan perbankan bersama masyarakat dan perusahaan untuk giatkan investasi, perdagangan, serta penciptaan kemakmuran di Asia, Afrika dan Timur Tengah. Warisan dan nilai-nilai budaya kami tercermin melalui janji merek kami, yaitu Here for Good. Standard Chartered PLC tercatat di Bursa Saham London dan Hong Kong, serta di Bursa Saham Nasional di India dan Mumbai.

Sebagai salah satu bank tertua di Indonesia, Standard Chartered Bank rmemiliki pengalaman lebih dari 150 tahun sejak memulai layanan pertama kali pada tahun 1863 lalu. Dengan dukungan 23 kantor cabang yang terletak di 8 kota besar di Indonesia dan jaringan di lebih dari 30.000 ATM Bersama, menjadikan Standard Chartered adalah salah satu bank internasional dengan rekam jejak terluas di Indonesia. Standard Chartered juga memiliki saham di PermataBank.


Contact Information 1:
Dody Rochadi

CorporateAffairs.Indonesia@sc.com
021) 57999000


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021