April
26
2018
     09:42

Sucofindo Raih Penghargaan Best Leader Revolusi Mental & BUMN Bersih Terbaik

Sucofindo Raih Penghargaan Best Leader Revolusi Mental & BUMN Bersih Terbaik

Jakarta, PT SUCOFINDO (PERSERO) meraih penghargaan pada Revolusi Mental Award BUMN 2018 untuk Perusahaan BUMN dengan kategori BUMN Bersih Terbaik di Hotel JS Luwansa (25/4). Selain itu pada ajang tersebut Direktur Utama PT SUCOFINDO (PERSERO), Bachder Djohan Buddin mendapat apresiasi sebagai Best Leader Revolusi Mental Aplikasi dan Program Kerja Revolusi Mental Terbaik. Penjurian pada ajang ini dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani yang didaulat sebagai Juri Kehormatan.

“Penerapan nilai-nilai revolusi mental di perusahaan adalah dalam rangka mencapai budaya kinerja unggul. Kami akan terus pupuk dan kembangkan hal tersebut untuk mencapai tujuan perusahaan,” kata Bachder usai penganugerahan Revolusi Mental Award BUMN 2018.

Penghargaan ini merupakan bentuk dari program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang bertekad mewujudkan tertanamnya nilai-nilai luhur ke-Indonesia-an sebagai tiga pilar Trisakti. “Dengan adanya ajang ini mampu mengapresiasi dan mengevaluasi sejauh mana BUMN dan Anak Perusahaan BUMN mengimplentasikan program Revolusi Mental,” kata Ketua Dewan Juri Sugiharto, Menteri BUMN periode 2004-2007. Tak hanya itu, Sugiharto pun berharap kegiatan ini mampu memberikan motivasi bagi BUMN dan Anak Perusahaan BUMN untuk tetap berkomitmen menjalankan Revolusi Mental. Pada ajang yang dihelat oleh BUMN Track ini sejumlah BUMN dan Anak Perusahaan dinilai oleh para juri berkompeten dari akademisi, praktisi dan media.

Penilaian ini berdasarkan implementasi nilai-nilai Revolusi Mental yang ditetapkan 5 (lima) gerakan perubahan, yaitu gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Mandiri, dan Gerakan Indonesia Bersatu.

Berdasarkan 5 (lima) gerakan perubahan tersebut, PT SUCOFINDO (PERSERO) juga telah menerapkan di tiap aspek perusahaan, baik di internal maupun untuk eksternal, seperti membantu pemerintah dan masyarakat, dengan memberikan layanan jasa yang turut mendorong nilai-nilai GNRM. Salah satunya melalui layanan jasa CSR berbasis ISO 26000. “Layanan jasa ini menyediakan jasa sertifikasi layanan CSR yang dilakukan guna memastikan bantuan yang tepat guna dan tepat sasaran. Layanannya berupa social mapping, pendampingan kegiatan CSR, pelatihan ISO 26000, Community Satisfaction Index (CSI), dan penghitungan dampak CSR,” kata Bachder.

Sebagai bentuk peran PT SUCOFINDO (PERSERO) dalam memberikan perlindungan konsumen, PT SUCOFINDO (PERSERO) menawarkan layanan jasa SNI untuk Komoditas dan Produk Konsumen. Didalamnya terdapat upaya mendorong kemandirian bangsa dengan melakukan pembinaan dan sertifikasi produk untuk IKM dan UKM.

Selain itu, guna mendukung pemerintah dalam penggunaan produk dalam negeri, PT SUCOFINDO (PERSERO) memiliki jasa pada verifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). “Dengan jasa TKDN ini juga mampu membatasi penggunaan produk luar,” kata Bachder. Salah satu layanan terbaru PT SUCOFINDO (PERSERO), yaitu untuk verifikasi kandungan dalam negeri dalam perangkat telekomunikasi pada telepon seluler. Dalam hal ini Sucofindo juga memiliki laboratorium pengujian radio frekuensi dan menginisiasi pembuatan regulasi untuk laboratorium pengujian keselamatan dan kesehatan pada perangkat telekomunikasi.

Tercatat pada tahun 2017 PT SUCOFINDO (PERSERO) mengalami kenaikan pendapatan operasi, yaitu sebesar 2,037 triliun lebih besar dibanding tahun 2016, yaitu 1,86 triliun atau dengan persentase kenaikan 9,5 %.

Tentang Sucofindo
PT Sucofindo (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Merupakan perusahaan BUMN, dimana Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen .
Bisnis Sucofindo bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan terutama komoditas pertanian serta membantu pemerintah dalam menjamin kelancaraan arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian Sucofindo melakukan diversifikasi jasa di bidang pergudangan dan forwarding, laboratorium analitis, teknik industri dan kelautan , fumigasi dan kebersihan industri.
Saat ini Sucofindo telah mengembangkan jasa di bidang inspeksi, audit, pengujian dan analisa, sertifikasi, konsultansi dan pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, perkebunan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi terbarukan, pariwisata, pemerintahan dan sistem informasi.

Titik Layanan Sucofindo
Sucofindo berada di 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh ahli di bidangnya .
Sucofindo juga memiliki 45 laboratorium terintegrasi, di seluruh Indonesia. Di beberapa titik, Sucofindo juga menyediakan layanan mobile laboratory, untuk memperluas jangkauan layanan sampai ke pelosok.
Sucofindo juga memperluas layanan Sucofindo hingga ke luar negeri. Pada 2015, Sucofindo meresmikan cabang Luar Negeri di Korea Selatan dan telah memiliki cabang di Timor Leste serta kantor operasional bekerjasama dengan BUMN lain di Singapura, Malaysia, Shenzhen-Tiongkok, Hongkong, dan Vietnam.


Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved