December
15
2017
     18:39

Sucofindo Sinergi dengan SIER, Dukung Pengembangan Kawasan Industri

Sucofindo Sinergi  dengan SIER,  Dukung Pengembangan Kawasan Industri
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Surabaya (15/12), Dua perusahaan plat merah, PT SIER dan PT SUCOFINDO (Persero) bersinergi dalam rangka peningkatan pelayanan kawasan industri, pelayanan satu pintu ekspor/impor dan pengelolaan serta pengembangan bisnis logistik kawasan Industri. Kerjasama tersebut tertuang dalam Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani oleh Direktur Utama SUCOFINDO Bachder Djohan Buddin dan Plt. Direktur Utama SIER Fattah Hidayat di Graha SIER Surabaya. Acara ini juga dihadiri oleh Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis Sucofindo, Beni Agus Permana serta Direktur SIER, Agus Hendardi.

Direktur Utama SUCOFINDO Bachder Djohan Buddin mengatakan bahwa kerjasama SUCOFINDO dengan SIER merupakan wujud sinergi BUMN dalam meningkatkan pelayanan investor di kawasan industri milik SIER di Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan. “Harapannya MoU ini akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, serta bagi investor, agar mendapatkan manfaat dari kerjasama ini hingga pada akhirnya bermanfaat bagi kepentingan Bangsa dan Negara”, ungkap Bachder.

Lebih lanjut, Bachder menjelaskan bahwa dengan ditandatanganinya MoU ini diharapkan akan terjalin kerjasama antara SUCOFINDO dan SIER maupun SUCOFINDO dengan para investor di Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) dan Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER). “Lingkup kerjasamanya adalah sesuai lingkup usaha bisnis SUCOFINDO di bidang Inspeksi, Pengujian dan Sertifikasi, Konsultansi dan Training.
Beberapa layanan untuk kawasan SIER diantaranya adalah inspeksi produk ekspor impor, pengujian mutu barang. Sertifikasi Manajemen Pengamanan (SMP), Sertifikasi Alat Berat dan Peralatan Industri, Sertifikasi ISO di bidang mutu dan lingkungan, Jasa Survey Pemetaan dengan UAV dan Pelayanan Jasa analisa Laboratorium, pengelolaan gudang Pusat Logistik Berikat, pengendalian hama, analisa dampak lingkungan, pelatihan & konsultasi terkait program Corporate Social Responsibility (CSR)”.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Fattah menyampaikan bahwa kerjasama yang dilakukan akan menambah kelengkapan fasilitas kawasan dalam mendukung kelancaran bisnis bagi pelaku usaha dalam kawasan SIER dan PIER khususnya, maupun pelaku bisnis di Jawa Timur pada umumnya.

Selanjutnya Fattah menjelaskan “Saat ini SIER sedang memproses pendirian Pusat Logistik Berikat (PLB) dan segera membangun gudang untuk PLB baik dikawasan SIER maupun PIER. Banyak manfaat yang didapatkan oleh pelaku usaha dengan adanya fasilitas PLB tersebut, diantaranya penangguhan bea masuk dan Inspeksi barang langsung dilakukan di gudang oleh SUCOFINDO sehingga menambah kelancaran arus barang termasuk mengurangi masa tunggu barang di pelabuhan”

“Tidak hanya itu, SIER akan melayani kegiatan-kegiatan logistik yang dibutuhkan oleh pelaku usaha mulai dari Pergudangan, Manajemen Gudang, Konsultasi Pergudangan, Perdagangan,Transportasi, dan fasilitas pendukung lainnya”, ujar Fattah menutup uraiannya.

Hal ini sejalan dengan pemerintah yang sedang giat mendorong pertumbuhan industri, peningkatan investasi, termasuk menciptakan kebijakan industri yang kondusif, memberikan fasilitas ekspor dan mengembangkan kawasan berikat.


Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Merupakan perusahaan BUMN, dengan kepemilikan saham 95 persen Pemerintah Indonesia.

Bisnis jasa SUCOFINDO bermula dari pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan, membantu pemerintah dalam menjaga kelancaraan distribusi barang dan pengamanan devisa negara.

SUCOFINDO terus melakukan diversifikasi produk jasa di berbagai bidang, seperti laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan terbarukan, dan teknologi informasi.

Dengan dukungan 28 kantor cabang, 32 unit layanan dan 45 laboratorium terintegrasi yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang.

Tentang SIER

PT SIER adalah perusahaan pengembang kawasan industri di Indonesia didirikan pada tanggal 28 Februari 1974. Dengan kepemilikan saham 50% Pemerintah Indonesia, 25% Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan 25% Pemerintah Kota Surabaya.

Tujuan awal SIER didirikan adalah mengelola dan mengembangkan kawasan industri di Jawa Timur untuk mendukung tujuan Pemerintah untuk menarik investasi langsung yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.

SIER mengelola kawasan industri miliknya di Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan. Saat ini SIER memiliki lahan seluas 250 Ha di Pasuruan yang siap dimanfaatkan oleh investor.

Bisnis SIER saat ini antara lain penjualan lahan industri, persewaan bangunan pabrik, properti/perkantoran, kontraktor, pengolahan limbah industri dan total logistik yang terdiri dari persewaan gudang, management gudang, konsultasi pergudangan, perdagangan dan transportasi.


Contact Information 1:
Teguh Rudi Siswanto

rudisis@sier-pier.com
+628113535171


Contact Information 2:
Iwan Eddy Himawanto

iwaneddy@sucofindo.co.id
081314141720

Release Terkini