August
22
2017
     20:28

Synnex Metrodata, I-811 & HPE Tawarkan Solusi Big Data Paques Di Indonesia

Synnex Metrodata, I-811 & HPE Tawarkan Solusi Big Data Paques Di Indonesia
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Jakarta, 22 Agustus 2017—PT Synnex Metrodata Indonesia (“SMI”)—salah satu entitas anak PT Metrodata Electronic Tbk (IDX: MTDL) yang fokus dibidang Distribusi Teknologi, Informasi dan Komunikasi (“TIK”), pada hari ini mengumumkan kemitraannya dengan PT Delapan Sebelas Indonesia atau dikenal dengan Insight Eight Eleven (“i-811”)—perusahaan lokal Indonesia yang fokus dalam membangun dan mengembangkan enterprise software Big Data Processing and Analytics Solution untuk memasarkan dan mengembangkan solusi yang diberi nama Paques (baca: Pakis) di Indonesia.

Sebagai Distributor Tunggal, SMI akan memasarkan solusi Paques Super Query dan Paques bagi mitra bisnisnya. Keistimewaan dari solusi Paques adalah sudah dilengkapi dengan visualisasi serta teks analitik yang mampu mengolah Bahasa Indonesia. Solusi Paques dipercaya dan sudah diterapkan dibeberapa perusahaan di Indonesia antara lain di industri telekomunikasi, ritel, keuangan, lembaga dan kantor pemerintah Indonesia. Agar solusi dapat berjalan dengan sempurna, i-811 bekerjasama dengan HPE dalam penyediaan perangkat kerasnya, yaitu dengan server HPE Superdome X.

Pada saat perusahaan memilih big data dan dianalisa bersama dengan data tradisional, perusahaan bisa mendapatkan pengertian yang lebih komprehensif tentang bisnis mereka, yang akan berdampak pada produktifitas meningkat, lebih kompetitif dan inovatif. Perusahaan menggunakan data dan analytic tool untuk mendapatkan insight yang bisa menghasilkan informasi agar perusahaan bisa mengambil keputusan strategis bisnis dengan lebih baik.

Sebagai salah satu perusahaan Distribusi TIK terbesar di Indonesia, SMI akan menawarkan tipe Paques Big Data Processing and Analytic Tools dan Paques Super Query. Paques Big Data Processing dan Analytic Tools adalah piranti lunak Big Data Enterprise yang merupakan engine platform yang lengkap mulai dari integrasi dengan sumber data, pengolahan, analisa dan visual sudah dalam satu engine platform dan dilengkapi dengan NLP (Natural Language Processing) yang sudah didukung dengan Bahasa Indonesia dan Machine Learning. Sedangkan Paques Super Query merupakan appliance Paques Big Data yang merupakan gabungan dari piranti lunak Paques Big Data Processing dan Analytic Tools dan HP Superdome X sebagai perangkat keras servernya.

Kelebihan utama dari solusi Paques adalah memiliki kemampuan dalam self service analytic melalui command interpreter yang diciptakan dan disiapkan oleh Paques atau dikenal dengan Parallel Query Language dengan grammar yang diciptakan secara unik dan khas.

“Saat ini peluang pasar piranti lunak TI di Indonesia masih sangat besar, sedangkan pasar dBase DWH dan BI bisa dijadikan target pasar yang paling mudah untuk dipahami dan menerima dengan cepat mengenai teknologi Big Data. Kami sangat senang dapat dipercaya oleh i-811 sebagai Distributor Tunggal Paques Big Data Processing dan Analytic Tools dan Paques Super Query di Indonesia dan berkolaborasi dengan HPE sebagai penyedia perangkat kerasnya”, demikian kata Agus Honggo Widodo, Presiden Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia.

“HPE Superdome X sangat mendukung kinerja Paques yang membutuhkan kebutuhan komputasi yang tinggi dimana HPE Superdome X ini memiliki socket processor dan slot memory lebih banyak dibanding dengan server lain di kelas nya. Kelebihan lain dari mesin ini adalah memiliki kecepatan interconnect antar blade yang sangat tinggi dan HPE Superdome X sangat cocok digunakan untuk perusahaan kelas Enterprise”, kata Lie Heng, Komersial Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia.

Sebagai mitra bisnis i-811, manfaat lain yang akan diperoleh SMI selain memperkaya portofolio solusi komersial yang ditawarkan kepada pelanggannya, termasuk membuka kesempatan bisnis seluas-luasnya sesuai yang diinginkan, sehingga SMI dapat meningkatkan pendapatan dan keuntungan. SMI memiliki pusat distribusi yang tersebar di wilayah strategis di Indonesia didukung dengan tenaga penjualan dan logistik termasuk didalamnya tim Technical Advisor dan Professional Engineers yang mampu memberikan solusi i-811 bagi mitra bisnisnya. SMI juga memastikan dapat memberikan ragam layanan produk dan solusi dengan kualitas kelas dunia.

Dengan berbasiskan search engine bukan data base di back end nya, “search engine Paques akan dengan mudah menyisir data secara on-the-fly ketika mendapat perintah atau query sehingga definisinya dapat ditentukan saat itu juga”, demikian kata Benni Adham Chief Executive Officer i-811 dan sekaligus Founder dari Paques.

“Melalui Parallel Query Language yang didisain sendiri juga akan memudahkan query bagi para data scientist atau data analyst sehingga menjadikan Paques sebagai Big Data yang mampu memberikan self-service-analytic”,  lanjut Benni.

Tentang PT Synnex Metrodata Indonesia

PT Synnex Metrodata Indonesia (“SMI”) adalah perusahaan patungan (joint venture agreement) antara Synnex Technology International Corp dan PT. Metrodata e-Bisnis yang dibentuk pada awal tahun 2011—salah satu entitas anak PT. Metrodata Electronics, Tbk (IDX: MTDL) yang fokus dibidang Distribusi TIK. Saat ini SMI bermitra dengan mitra teknologi TI kelas dunia serta memiliki tujuh sentra distribusi di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Daerah Istimewa Yogyakarta, Medan dan Makassar, serta didukung kantor logistic & sales force yang tersebar di seluruh kota-kota besar di Indonesia (Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Daerah Istimewa Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Makassar dan Manado). Dengan layanan yang efisien dan efektif, serta didukung oleh dealer dan reseller, SMI siap melayani berbagai kebutuhan para pelanggannya. Informasi lengkap mengenai SMI, kunjungi www.synnexmetrodata.com.

Tentang PT Delapan Sebelas Indonesia

i-811 adalah perusahaan lokal Indonesia yang memfokuskan dalam membangun dan mengembangkan enterprise software Big Data Analytics Solution yang diberi nama PAQUES. Dengan keistimewaan Paques yang simple, mudah dan lengkap sampai visualisasi serta sudah dilengkapi dengan teks analitik yang mampu mengolah bahasa Indonesia, Paques sudah dipercaya dipergunakan di beberapa perusahaan Indonesia antara lain di perusahaan telekomunikasi, ritel, keuangan serta kementrian dan lembaga pemerintah Indonesia. Benni Adham yang sudah berpengalaman berkarya dibidang IT baik di Indonesia dan UK, selain sebagai CEO di i-811, Benni adalah “the man behind the gun” yang dengan kepiawiannya menciptakan Paques sebagai Big Data Analytics Solution. i-811 juga sudah beberapa kali ikut serta dalam pameran tingkat internasional baik sendiri maupun bersama dengan Kementerian Perindustrian di ajang CommunicAsia, Singapore dan CeBit, Hannover, Jerman.

Tentang Hewlett Packard Enterprise

Hewlett Packard Enterprise adalah pemimpin perusahaan teknologi yang dapat mengajak para pelanggan lebih cepat, semakin cepat. Dengan industri yang memiliki portofolio yang lengkap, mencakup dengan data center di awan untuk aplikasi kerja, teknologi dan layanan kami membantu para pelanggan diseluruh dunia membuat TI lebih efisien, lebih produktif dan lebih aman.


Contact Information 1:
Melani D. Rohi

Melani.Nastiti@metrodata.co.id
(62-21) 29345888 ext. 2008