July
14
2017
     19:08

Tetra Pak dan Praise Dorong Pengelolaan Sampah Berkelanjutan dan Bertanggung Jawab Lewat Pendekatan Circular Economy

Tetra Pak dan Praise Dorong Pengelolaan Sampah Berkelanjutan dan Bertanggung Jawab Lewat Pendekatan Circular Economy
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Jakarta, 13 Juli 2017 – Untuk turut menemukan solusi atas permasalahan tata kelola sampah di Indonesia yang semakin kompleks, Tetra Pak Indonesia bersama PRAISE (Packaging and Recycling Alliance for Indonesia Sustainable Environment / Aliansi Untuk Kemasan & Daur Ulang Bagi Lingkungan Indonesia yang Berkelanjutan) melakukan inisiatif untuk membangun tata kelola persampahan yang terintergrasi dan berkelanjutan.

Hal tersebut diwujudkan dengan partisipasi Tetra Pak Indonesia dalam rangkaian acara INDO WASTE Forum & Expo 2017 yang berlangsung pada tanggal 12-14 Juli 2017 di Jakarta Convention Center dan dibuka secara langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan. Dalam kesempatan tersebut, disadari bahwa pengembangan yang dapat dilakukan untuk merealisasi pengelolaan berkelanjutan ialah pendekatan Circular Economy (ekonomi melingkar), yaitu cara mengubah pandangan terhadap limbah kemasan bekas pakai sebagai sebuah komoditas yang berpotensi untuk dikembangkan dan memiliki nilai lebih, tidak hanya sebagai limbah bagi lingkungan.

Pendekatan Circular Economy memungkinkan material kemasan bekas pakai, seperti halnya plastik kemasan, dapat memiliki fase yang melingkar guna mempertahankan nilainya. Fase ini melingkupi proses daur ulang (recycling), penggunaan kembali (reuse), dan produksi ulang (remanufacture) guna memaksimalkan penggunaan material tersebut. Melalui pendekatan ini, dapat tercipta rantai ekonomi baru dan meminimalisir beban lingkungan di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan lautan.

Sebagai perusahaan yang sangat memperhatikan pengelolaan limbah secara bertanggung jawab, Tetra Pak yang merupakan salah satu pemrakarsa PRAISE telah melakukan berbagai upaya menuju praktik kemasan yang berkelanjutan. “Kami ingin terus bekerjasama dengan pemerintah Indonesia dan para pelaku bisnis dalam menciptakan pengelolaan sampah yang menggunakan pendekatan circular economy. Pada level global, Tetra Pak bergabung dengan program Circular Economy 100 untuk berkolaborasi dengan para petinggi lainnya dalam upaya mempercepat pendekatan circular economy melalui pengadaan material yang dapat didaur ulang,” ujar Gabrielle Angriani, Communications Manager Tetra Pak Indonesia.

Tetra Pak bersama dengan perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam PRAISE akan terus menggalakkan pemahaman tentang cara pandang pengelolaan sampah selama dekade terakhir ini. Sehingga pengelolaan sampah tidak lagi hanya dianggap sebagai sebuah proses yang ‘linear’ (ambil – pakai – buang’, melainkan ‘circular’. Dalam mewujudkan circular economy di Indonesia, PRAISE siap untuk menjadi mitra pemerintah dalam memetakan pihakpihak yang terlibat melalui kerangka kerja Tanggung Jawab Para Pihak yang Diperluas (Extended Stakeholder Responsibility – ESR). Kolaborasi Tetra Pak dengan PRAISE juga terus mendorong seluruh pemangku kepentingan Indonesia untuk dapat bersinergi dan memiliki pemahaman yang sama mengenai sistem pengelolaan sampah.

“Saat ini pemerintah tengah menyusun roadmap nasional terkait pengelolaan sampah beserta berbagai upaya percepatan pengelolaan sampah. PRAISE mendukung sepenuhnya kesungguhan pemerintah dan siap untuk ikut terlibat di dalamnya. Hal ini sesuai dengan komitmen kami untuk terus mendorong agar pengelolaan sampah di Indonesia dapat semakin terintegrasi dan berkelanjutan,” jelas Sinta Kaniawati, perwakilan PRAISE.

Tetra Pak sebagai perusahaan global terkemuka yang bergerak di bidang pemrosesan dan pengemasan makanan dan minuman, memiliki komitmen untuk berkontirbusi terhadap lingkungan. Tetra Pak memiliki Gerakan 3L (Lepas, Lipat, Letakkan) yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai kemasan Tetra Pak yang memiliki nilai ekonomis dan tetap bermanfaat setelah dikonsumsi. Selain itu, kemasan Tetra Pak berbahan dasar kertas telah tersertifikasi FSC® (Forest Stewardship Council® ), sehingga dapat dipastikan bahwa serat kayunya berasal dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab. Peluncuran kemasan Tetra Rex® Bio-based di tahun 2007 menjadi tonggak penting dalam perjalanan perusahaan sebagai kemasan karton berlabel FSC® pertama di dunia, sebagai salah satu bentuk penerapan circular economy Tetra Pak. Kemasan Tetra Rex® Bio-based diproduksi secara keseluruhan dari dari bahan karton dan plastik yang berasal dari tumbuhan.

Tetra Pak berkontribusi terhadap circular economy melalui penggunaaan bahan dasar yang dapat didaur ulang, dikelola secara bertanggung jawab dan dengan meningkatkan daur ulang serta doing more with less,” ujar Reza Andreanto, Environment Manager Tetra Pak Indonesia.

TENTANG TETRA PAK

Tetra Pak adalah perusahaan global terkemuka yang bergerak di bidang pemrosesan dan pengemasan makanan dan minuman. Bermitra erat dengan pelanggan dan pemasok, kami menyediakan produk yang aman, inovatif dan berwawasan lingkungan yang setiap hari digunakan untuk memenuhi kebutuhan ratusan juta orang di lebih dari 170 negara di seluruh dunia. Dengan lebih dari 24.000 karyawan di seluruh dunia, kami percaya akan kepemimpinan industri yang bertanggungjawab dan pola pendekatan usaha yang berkelanjutan. Moto kami, “MELINDUNGI YANG BAIK™," mencerminkan visi kami untuk menghadirkan makanan dan minuman yang aman dan tersedia, di manapun juga.

TENTANG PRAISE

Packaging and Recycling Alliance for Indonesia Sustainable Environment atau Aliansi Untuk Kemasan & Daur Ulang Bagi Lingkungan Indonesia yang Berkelanjutan lahir karena adanya komitmen bersama untuk menjaga keberlanjutan lingkungan melalui praktek terbaik pengelolaan sampah kemasan yang berkesinambungan dan menggagas kerangka kerja holistik, terintegrasi dan berkelanjutan untuk pengelolaan sampah di Indonesia. Aliansi ini diprakarsai oleh: PT Coca-Cola Indonesia, PT Indofood Suskes Makmur, Tbk, PT Nestle Indonesia, PT Tetra Pak Indonesia, PT Tirta Investama, dan PT Unilever Indonesia, Tbk.


Contact Information 1:
Gabrielle Angriani

Gabrielle.Johny@tetrapak.com
+62 811 899 1180


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021