May
17
2017
     15:43

Tim Universitas Indonesia Menangkan Shopee Campus Competition 2017, Kompetisi Bisnis dan Pemasaran untuk Mahasiswa di Indonesia

Tim Universitas Indonesia Menangkan Shopee Campus Competition 2017, Kompetisi Bisnis dan Pemasaran untuk Mahasiswa di Indonesia
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Jakarta, 16 Mei 2017 – Shopee, perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia, mengumumkan pemenang Shopee Campus Competition, sebuah kompetisi bisnis dan pemasaran bagi mahasiswa di seluruh Indonesia. Diinisiasikan oleh Shopee guna mendorong generasi muda untuk turut serta mendukung pertumbuhan UKM lokal, kompetisi ini menantang peserta untuk mengajukan proposal strategi rencana pemasaran, yang memberikan solusi praktis terhadap permasalahan bisnis yang terjadi secara nyata.

Tahun ini, Universitas Indonesia meraih juara pertama di kompetisi ini, memenangkan total hadiah Rp 30 juta, kesempatan magang di kantor Shopee Indonesia, serta kunjungan ke kantor pusat Shopee di Singapura. Peringkat kedua dan ketiga diraih oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Jawa Timur dan Universitas Nusa Cendana Greenia, Nusa Tenggara Timur (NTT), secara berurutan.

Chris Feng, CEO Shopee mengatakan, “Shopee Campus Competition merupakan realisasi dari investasi Rp 100 miliar Shopee untuk mendukung pengusaha lokal di Indonesia. Tahun ini, kami mengucapkan selamat kepada tim Universitas Indonesia sebagai pemenang pertama program ini. Mereka mampu memaparkan ide-ide pemasaran yang menyeluruh bagi penjual lokal, serta menjelaskan secara detail implementasi praktek strategi tersebut melalui aplikasi Shopee. Kami berharap program ini dapat menginspirasi lebih banyak mahasiswa untuk menjadi ahli pemasaran di masa mendatang dan memberikan solusi nyata guna mendukung perkembangan UKM di Indonesia.”

Setiap tahunnya, Shopee Campus Competition memberikan tantangan bisnis yang berbeda bagi kelompok berisi 3 mahasiswa. Setelah babak penyisihan, Shopee akan memilih 10 kelompok terbaik untuk melaju ke babak selanjutnya, dimana mereka akan ditantang untuk menjadi konsultan bisnis bagi salah satu penjual Shopee dan mengimplementasikan strategi mereka secara langsung di aplikasi Shopee. Akhirnya, Shopee memilih 3 finalis untuk mempresentasikan strategi mereka di hadapan dewan juri. Tahun ini, program ini berhasil menarik 1.000 peserta mahasiswa yang berasal dari 84 universitas dari seluruh Indonesia.

Rene Suhardono, Penulis, Penggiat Pendidikan, dan Juri SCC 2017 memberikan pandangannya terhadap kompetisi ini, “Kami melihat potensi yang luar biasa dari ketiga finalis Shopee Campus Competition 2017 untuk menjadi ahli pemasaran di masa depan. Melihat penampilan mereka saat sesi praktek serta presentasi hasil strategi pemasaran, kami menyadari bahwa para peserta sudah memiliki kreativitas tinggi, fleksibilitas, dan kejelian untuk melihat tren terkini, dimana ketiga hal tersebut merupakan karakter utama yang penting untuk dimiliki seorang ahli pemasaran. Kami sangat bersemangat untuk melihat bagaimana program ini dapat terus mendukung dan mengembangkan minat mereka di bidang bisnis dan pemasaran. Masa depan sudah hadir, walaupun masih memiliki banyak ruang untuk dikembangkan. Ketiga finalis Shopee tersebut adalah mereka yang telah siap menjadi bagian dari masa depan di Indonesia.”

Pemenang kedua SCC 2017 adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Jawa Timur, yang mendapatkan total dana sebesar Rp 20 juta; sedangkan peringkat ketiga ditempati oleh Universitas Nusa Cendana Greenia, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang mendapatkan hadiah dana sebesar Rp 10 juta. Seluruh pemenang mendapatkan piala dan sertifikat.

Selvia Ligar Utami, Perwakilan Tim Universitas Indonesia sebagai Pemenang Pertama SCC 2017 mengungkapkan kegembiraannya memenangkan kompetisi ini, “Kami sangat bangga dapat memenangkan program Shopee Campus Competition tahun ini. Kemenangan ini merupakan motivasi bagi kami untuk terus mempelajari strategi bisnis dan pemasaran untuk bisnis online, serta mencoba mengaplikasikannya dalam bisnis kami sendiri. Pengalaman kami dalam berpartisipasi di SCC sangat berharga, khususnya dalam sesi boot camp, dimana kami mendapatkan tambahan pengetahuan praktis yang membantu kami menjadi ahli pemasaran yang lebih baik di masa mendatang.

Tentang Shopee

Shopee merupakan perusahaan marketplace e-Commerce terbesar di Asia Tenggara dan Taiwan. Shopee merupakan wadah yang secara khusus disesuaikan untuk kebutuhan pasar Asia Tenggara, menjadikan proses belanja online menjadi mudah, aman, dan fleksibel melalui sistem pembayaran dan dukungan sistem logistik yang kuat.

Tim Shopee percaya akan kekuatan transformasi teknologi. Ketika berbelanja melalui perangkat ponsel telah menjadi “norma baru”, Shopee berkomitmen untuk secara konsisten mengembangkan platform-nya dan menjadi tujuan pilihan e-commerce di kawasan ini.

Shopee didukung oleh Sea (sebelumnya dikenal sebagai Garena), penyedia platform internet terbesar di Asia Tenggara. Shopee dapat di unduh secara gratis di App shop dan Google Play di Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, Vietnam, Filipina dan Taiwan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.shopee.co.id.


Contact Information 1:
Dinda Sarasannisa Fatimah

dinda.sarasannisa@shopeemobile.com
+62 817-815-929


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021