January
11
2018
     08:58

Trafik Telekomunikasi Musim Liburan Akhir/awal Tahun Meningkat Signifikan

Trafik Telekomunikasi Musim Liburan Akhir/awal Tahun Meningkat Signifikan

Jakarta, 9 Januari 2018 – Musim liburan akhir tahun 2017 dan awal tahun 2018 baru saja usai, seiring dengan mulainya masyarakat kembali ke aktivitas rutin mereka. Aktivitas berlibur masyarakat tidak bisa dilepaskan dengan berbagai aktivitas berkomunikasi, khususnya penggunaan sosial media untuk saling berbagi pengalaman, informasi, update status/aktivitas dan lain-lain. Peningkatan aktivitas komunikasi ini berimbas pada peningkatan trafik telekomunikasi cukup siginifikan, khususnya di berbagai wilayah wisata dan berlibur.

Selama masa liburan akhir tahun dan awal tahun ini, termasuk di dalamnya perayaan Tahun Baru 2018, jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo mencatat kenaikan trafik cukup signifikan, dimana saat puncak perayaan Tahun Baru pada tanggal 31 Desember 2017, trafik data mencapai 3.919,80 TeraBytes, meningkat 14,31% dari trafik hari biasa dan meningkat 88,05% dibanding trafik pada hari yang sama tahun sebelumnya.

Sementara untuk trafik suara mengalami penurunan 21,48% dibandingkan trafik hari biasa, demikian juga dengan trafik SMS turun 23,28% dibandingkan dengan trafik SMS hari biasa. Penurunan trafik suara dan SMS ini lebih karena tren penggunaan masyarakat saat ini lebih cenderung ke layanan data, terutama saat beraktivitas liburan dimana berbagai gambar, foto dan status lebih banyak di-posting di sosial media.

“Kami berupaya untuk terus menjaga performansi jaringan kami pada saat-saat kenaikan trafik telekomunikasi bersamaan dengan peningkatkan aktivitas masyarakat di momen tertentu seperti liburan akhir tahun dan awal tahun saat ini. Kami terus memastikan bahwa layanan kami terus mendukung dan menemani saat-saat terbaik mereka menghabiskan liburan di akhir dan awal tahun, berbagi momen kegembiraan dan kebahagian melalui berbagai aktivitas di media sosial tentunya membutuhkan performansi layanan data terbaik,” demikian disampaikan Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo telah menyiapkan jaringannya untuk mengantisipasi kenaikan trafik telekomunikasi yang diprediksi akan terjadi saat libur akhir tahun ini, dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringannya. Perusahaan telah meningkatkan semua kapasitas layanan yang meliputi suara, SMS dan Data. Kapasitas suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit/hari (atau 37,49 juta Erlang/hari), kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1.011 milyar SMS/hari dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 8.262 Terabyte/hari.

Tentang Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo (IDX: ISAT), bagian dari Ooredoo Group, adalah perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia yang memberikan akses dan konektivitas kepada setiap orang dan bisnis. Berfokus pada human growth, Indosat Ooredoo ingin meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik melalui dunia digital.

Pada kuartal III tahun 2017, Indosat Ooredoo memiliki 97 juta pelanggan dan mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 146,9% dibandingkan kuartal III tahun 2016. Didukung oleh lebih dari 4000 orang pegawai, Indosat Ooredoo berhasil mencapai pertumbuhan pendapatan data sebesar 38,7% terhadap periode yang sama tahun sebelumnya. Indosat Ooredoo menerima penghargaan sebagai Most Innovative Company of the Year tahun 2015 dari Asia Pacific Stevie Awards.

Tentang Ooredoo

Ooredoo adalah sebuah perusahaan komunikasi internasional yang beroperasi di Timur Tengah, Afrika Utara dan Asia Tenggara. Melayani konsumen dan bisnis di 10 negara, Ooredoo memberikan pengalaman data terdepan melalui berbagai konten dan layanan yang canggih, jaringan seluler dan data fixed-sentris.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved