May
08
2018
     19:26

Unilever Kembali Menggelar Gerakan 'Bersih-bersih Masjid'

Unilever Kembali Menggelar Gerakan 'Bersih-bersih Masjid'

JAKARTA, 8 Mei 2018 – Menyambut Ramadan 1439 H, Unilever Indonesia kembali meluncurkan Gerakan ‘Bersih-Bersih Masjid’ hari ini di Masjid Istiqlal, Jakarta. Peluncuran ini menandai dimulainya kegiatan membersihkan 2.000 masjid di Indonesia dari awal Ramadan sampai akhir tahun. Gerakan yang digelar bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) merupakan kelanjutan “Bersih-Bersih 1001 Masjid” di tahun 2017 yang sukses membersihkan 1.011 masjid. Di tahun kedua ini, Unilever dan DMI menggandeng lembaga swadaya masyarakat (LSM) lokal untuk melibatkan marbut masjid dan masyarakat sekitar agar semakin menginspirasi masyarakat lebih luas dalam menjaga kebersihan.

Sinta Kaniawati, Head of Sustainable Business and Unilever Indonesia Foundation menerangkan bahwa PT Unilever Indonesia Tbk. melalui produk pembersihnya yang bersertifikasi halal, yakni Wipol, Super Pell, dan Vixal, melanjutkan ajakan kepada masyarakat Indonesia untuk terus menjaga kebersihan. “Ramadan merupakan momentum awal dari niat kami mengajak masyarakat Indonesia untuk menjaga kebersihan masjid dan rumah, tidak hanya demi menyempurnakan ibadah namun juga menjadikan ini sebagai kebiasaan setiap saat. Untuk itu, tahun ini kami menjadikan bulan suci sebagai titik awal untuk memulai Gerakan Bersih-Bersih Masjid yang dilaksanakan sampai akhir tahun,”

"Gerakan ini juga merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen kami untuk membantu masyarakat Indonesia menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Komitmen ini sejalan dengan strategi global Unilever Sustainable Living Plan (USLP), yaitu menumbuhkan bisnis kami seraya mengurangi dampak lingkungan dan memberikan dampak sosial positif kepada masyarakat,” tambah Sinta.

Menyadari bahwa peran aktif masyarakat sangat penting untuk menjaga kebersihan setiap saat, maka Unilever akan melibatkan para marbut dan komunitas masyarakat setempat dalam pelaksanaan gerakan ‘Bersih-Bersih Masjid’ kali ini. Bersama DMI dan para mitra LSM lokal, Unilever akan memberikan pelatihan, paket peralatan kebersihan serta panduan cara membersihkan masjid secara efektif kepada 2.000 marbut masjid.

Sinta menjelaskan, “Marbut merupakan tokoh kunci untuk mengajak masyarakat setempat dalam membangun kebiasaan untuk menjaga kebersihan. Setelah pelatihan marbut, kami ingin gerakan ini dapat menjangkau sekitar 50.000 anggota masyarakat di sekitar masjid untuk bersama-sama melakukan kegiatan bersih-bersih sepanjang tahun. Kami pun membekali komunitas dengan buku panduan untuk menjaga kebersihan masjid dan rumah agar kebiasaan baik ini bergulir ke rumah tinggal mereka.”

Komjen Pol. Drs. H. Syafruddin, M.Si selaku Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) sekaligus Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia menyambut baik kolaborasi dengan Unilever Siaran Pers Siaran Pers Siaran Pers Siaran Pers Indonesia untuk kembali membersihkan ribuan masjid di Indonesia. “Di bulan Ramadan, masjid adalah tempat pilihan utama untuk beribadah guna mencapai hati yang bersih sehingga penting untuk menjaga kebersihan dan kenyamanannya. Yang lebih penting, masjid tidak hanya digunakan saat Ramadan karena upaya untuk mencapai hati yang bersih pastinya ingin diraih setiap saat. Ini yang mendorong kami untuk melibatkan komunitas masyarakat setempat, serta mendukung gerakan ini melalui penyediaan mobil pemelihara akustik. Mobil ini akan digunakan untuk membantu proses distribusi paket peralatan kebersihan ke berbagai wilayah di Indonesia.”

Gerakan yang dimulai di Jakarta ini juga didukung penuh oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. “Saya sangat bersemangat ketika pertama kali mendengar bahwa Unilever dan Dewan Masjid Indonesia kembali mengadakan Gerakan ‘Bersih-Bersih Masjid’ tahun ini. Jelas manfaat akan dirasakan oleh masyarakat, khususnya warga DKI Jakarta, untuk terus melakukan ibadah di masjid yang nyaman. Saya mengharapkan bahwa gerakan positif ini dapat menginspirasi wilayah lainnya di Indonesia untuk selalu menerapkan perilaku menjaga kebersihan demi kebaikan bersama.”

Irwansyah, selebriti yang tekun menjalankan kegiatan keagamaan berbagi kebahagiaannya dalam menyambut bulan Ramadan. Baginya, bulan ini istimewa, karena memberi umat muslim kesempatan untuk memperbanyak ibadah dan amalan. “Sebagai bulan yang penuh berkah, Ramadan merupakan momen yang tepat bagi kita untuk mencapai kebersihan rohani yang sempurna. Untuk menunjang kesempurnaan tersebut, kebersihan jasmani juga haruslah dijaga, salah satu contohnya adalah dengan menjaga kebersihan masjid dan rumah tinggal kita.”

Dhini Aminarti, selebriti sekaligus seorang istri, menambahkan, “Perasaan yang tenang dan nyaman saat beribadah di masjid yang bersih juga ingin saya terapkan di rumah. Salah satu hal yang menentukan rumah bersih dapat terlihat dari lantainya. Lantai rumah yang bersih sangatlah penting untuk dijaga, karena lantai menjadi media kita untuk menunaikan ibadah shalat setiap harinya. Ketika lantai bersih, hal tersebut dapat mempengaruhi suasana hati kita agar dapat lebih positif dalam menyambut hari sehingga dapat menciptakan hati yang bersih”.

Unilever berkeinginan agar kegiatan ini bisa mendorong para marbut dan komunitas masyarakat di sekitar masjid untuk menyebarluaskan ajakan untuk menjaga kebersihan yang benar dimana saja, tidak terbatas di masjid. Dari gerakan ini diharapkan seluruh lapisan masyarakat di Indonesia dapat terinspirasi untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari di rumah. Karena masjid bersih, rumah dan lingkungan yang bersih adalah cerminan hati yang bersih.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved