XL Axiata Raih Pertumbuhan Kuat Di Q3 2017, Agenda Transformasi Hasilkan Berbagai Pencapaian Positif
PT
XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyampaikan berbagai pencapaian positif dari
kinerja perusahaan selama sembilan bulan pertama yang berakhir per 30 September 2017. Layanan data masih memberikan kontribusi yang sangat
signifikan, bahkan semakin kuat sebagai kontributor pendapatan utama bagi perusahaan.
Presiden
Direktur & CEO XL Axiata,
Dian Siswarini, mengatakan, “Kinerja kami yang tumbuh kuat di kuartal ketiga
memperlihatkan bahwa agenda transformasi merupakan strategi yang tepat dan
terbukti menghasilkan pencapaian yang sesuai harapan. Bisnis layanan Data
menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan periode yang sama tahun
lalu dan yang tertinggi di
industri, dengan komposisi pendapatan layanan data dan pengguna smartphone mencapai
71% dan 70%. Saya senang XL Axiata berhasil memanfaatkan momentum untuk terus
tumbuh selama 4 kuartal berturut-turut ”.
XL Axiata telah berhasil memanfaatkan
momentum meningkatnya penggunaan layanan Data di Indonesia dengan terus
membangun infrastruktur jaringan Internet kecepatan tinggi yang handal dan
memperluas cakupan layanan. Untuk memperkuat bisnis layanan Data tersebut,
jaringan 4G LTE XL Axiata
saat ini telah menjangkau 338 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia,
dengan hampir 16.000 BTS 4G, serta lebih dari 44.000 BTS 3G. Hal ini telah
menempatkan XL menjadi brand pilihan
bagi pelanggan data dan pengguna smartphone, dimana melalui parameter Net Promoter Score (NPS) menunjukkan
adanya peningkatan penilaian terhadap berbagai atribut khususnya yang terkait
dengan meningkatkan persepsi positif pelanggan terhadap kualitas layanan data
khususnya untuk jangkauan layanan dan kekuatan sinyal. Selain itu, meningkatnya
investasi yang dilakukan di berbagai wilayah di luar Jawa dengan program 3G
U900 dan perluasan jaringan internet kecepatan tinggi 4G LTE yang telah
mancakup ratusan kota di Sumatera,
Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Lombok, telah mendorong XL untuk dapat
meraih wilayah pertumbuhan baru, selaras dengan semakin meningkatnya trafik
Data dan pertumbuhan pendapatan.
Dian
menambahkan, “Berbagai penawaran paket Data inovatif kami melalui strategi dual-brand telah telah
menghasilkan berbagai pencapaian yang positif, selaras dengan semakin
diminatinya XL bagi segmen pasar white-collar dan blue-collar,
serta Axis bagi segmen pasar youth, dimana kedua merk tersebut
membedakan penawarannya sesuai
fokus dari segmen pasarnya”. XL
Axiata juga terus berhasil menarik jumlah pengguna data dan smartphone,
dengan lanju penetrasi smartphone meningkat 3 persen sejak kuartal
sebelumnya menjadi 70%. Konsumsi layanan Data juga terus menerus meningkat, dimana
trafiknya mencapai dua kali lipat dari tahun sebelumnya, sehingga mempercepat
konsumsi data per pengguna.
Produk
layanan XL Axiata yang berhasil merebut pasar
terutama Program Xtra Combo dan AXIS Hitz. Layanan Xtra Combo dengan brand “XL”
terus menjadi favorit pelanggan prabayar XL sejak diluncurkan pertama kali.
Program ini memberikan bonus yang sangat menarik, yaitu dengan membeli paket
internet, pelanggan akan bisa menikmati akses YouTube tanpa kuota, juga kuota
menelpon ke semua operator 24 Jam. Selain itu, pelanggan juga masih akan
mendapatkan manfaat dari kerja sama dengan penyedia konten, berupa bebas
berlangganan konten untuk menyaksikan Liga Inggris di Genflix, menikmati serial
drama Korea favorit di Tribe, dan streaming musik sepuasnya di Yonder.