May
05
2024
     14:44

Living Lab Ventures Hadirkan Launchpad, Gerbang Utama Startup Global untuk Ekspansi

Living Lab Ventures Hadirkan Launchpad, Gerbang Utama Startup Global untuk Ekspansi
ILUSTRASI. Living Lab Ventures (LLV) merupakan corporate venture dari Sinar Mas Land untuk mendukung pengembangan startup di Indonesia. Kehadiran LLV juga mendukung inovasi teknologi melalui percepatan dan pendanaan startup yang potensial ke kancah global. Hingga saat ini, LLV telah memberdayakan 27 startup yang berfokus pada tiga aspek teknologi, meliputi Smart Technologies, Digital Life, dan Mobility.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Living Lab Ventures (LLV), sebuah corporate venture Sinar Mas Land di sektor agnostik, dengan bangga meluncurkan LLV Launchpad, yang dirancang untuk memperkaya lanskap startup dan memudahkan akses menuju kesuksesan bagi pengusaha global di dalam ekosistem bisnis di Indonesia yang berkembang pesat.

Tergabung di dalam ekosistem BSD City yang dinamis, LLV Launchpad berfungsi sebagai pusat inkubasi internasional. Program tersebut memberikan akses langsung ke pasar Indonesia bagi startup global dan mengembangkan lingkungan kolaboratif yang menjadi fondasi untuk kesuksesan startup yang tergabung. Dengan misi untuk memberdayakan generasi pengusaha berikutnya, pusat inkubasi ini menawarkan beragam sumber daya dan dukungan yang disesuaikan untuk mendorong pertumbuhan startup.

Chief Transformation Officer of Sinar Mas Land, Mulyawan Gani menjelaskan, “Township kami telah menikmati sederet hasil karya yang menguntungkan dari startup di bawah naungan LLV. Sebagian besar dari para startup ini adalah lokal, tetapi hari ini kami sangat senang untuk menyambut startup dari seluruh dunia untuk memperluas pasar mereka ke dalam ekosistem digital kami di Indonesia. Bersama dengan Sinar Mas Land, kami akan membuka peluang baru, mendorong inovasi, dan membentuk masa depan entrepreneurship di Indonesia dan sekitarnya.”

Partner of Living Lab Ventures, Bayu Seto mengatakan, “Di LLV, kami percaya pada kekuatan transformatif dari startup untuk mendorong inovasi. Ekspansi pasar internasional bisa menjadi hal yang menegangkan bagi para startup founders. Dengan LLV Launchpad, kami bermaksud untuk memberdayakan startup global dengan memberikan akses langsung ke potential market, localized experts, dan resources serta koneksi untuk berkembang dalam lanskap kompetitif saat ini.”

LLV Launchpad menawarkan berbagai fitur dan manfaat utama. Pertama, Direct Exposure to the Indonesian Market, untuk menyediakan akses bagi startup ke pasar Indonesia yang dinamis, memungkinkan mereka untuk mengumpulkan umpan balik secara real-time, mencapai kesesuaian pasar produk (product-market fit), dan mengintegrasikan dengan cepat untuk memenuhi permintaan konsumen lokal.

Kedua, Funding & Investment Opportunities, yang memungkinkan LLV untuk memberikan dukungan finansial  serta bimbingan strategis untuk mendorong pertumbuhan mereka, sebagaimana yang telah dilakukan pada 27 startup naungan LLV. Selain itu, Sinar Mas Land melalui LLV juga berkomitmen untuk tidak hanya mendukung startup melalui suntikan dana, tetapi juga menyediakan akses dan sumber daya untuk pilot project mereka di BSD City.

Selanjutnya, LLV Launchpad juga memungkinkan anggotanya untuk Leverage the Sinar Mas Land Ecosystem, di mana mereka dapat memanfaatkan jaringan sumber daya Sinar Mas Land yang luas dan in-house apps yang tersedia untuk pengembangan terintegrasi dan membuka jalan baru untuk inovasi.

Terakhir, anggota LLV Launchpad juga diuntungkan dengan Collaborative Environment yang dibina oleh International Incubation Center untuk mengembangkan komunitas startup internasional dan pakar industri yang dinamis, menyediakan vibrant co-working space untuk saling berkolaborasi, membangun koneksi dengan para startup lainnya, serta mewujudkan ide baru.

Salah satu startup naungan yakni Spatial Pleasure, yang berbasis di Jepang, memberikan testimoni setelah melakukan kerja sama dengan LLV sekitar enam bulan untuk menciptakan carbon credits melalui penilaian manfaat lingkungan dari proyek perkotaan dan transportasi.

Chief Executive Officer (CEO) of Spatial Pleasure, Soma menambahkan, “LLV telah terbukti menjadi mitra yang luar biasa, mendorong upaya bersama kami secara cepat dan kolaboratif sehingga membedakan mereka dari perusahaan besar lainnya.

Pendekatan proaktif mereka dan komitmen yang kuat terhadap tujuan bersama kami, menjadikan mereka sebagai venture capital yang sangat berharga dalam menavigasi pasar Indonesia dan mendorong urban development yang berkelanjutan. Bagi perusahaan yang ingin berekspansi ke Indonesia atau melakukan proyek di sektor smart city, kami dapat mengatakan bahwa tidak ada mitra yang lebih baik dari LLV.”

Berbasis di Indonesia, LLV berinvestasi pada global-minded entrepreneurs yang membangun perusahaan berdampak sangat tinggi dengan memanfaatkan keahlian, layanan dukungan, dan ekosistem. Perusahaan ini berfokus untuk mencapai nilai jangka panjang dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang didukung oleh teknologi, inovasi, dan modal.

Tentang Living Lab Ventures

Living Lab Ventures adalah corporate venture Sinar Mas Land untuk sektor agnostik di Asia Tenggara. Perusahaan ini memberikan pendanaan, keahlian, layanan, dukungan serta ekosistem yang difokuskan bagi wirausaha dalam membangun perusahaan menuju ke kancah global. Pasarnya berkisar pada perusahaan rintisan yang dapat mengolah teknologi, inovasi, dan modal menjadi bernilai jangka panjang dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Living Lab Ventures memfasilitasi startup secara berkelanjutan melalui tiga pilar utama yakni Investasi, Incubation & Integration, dan Venture Building. Di pilar Investasi, Living Lab Ventures menyediakan pendanaan untuk startup yang berpotensi menjadi game changer dan telah menunjukkan pertumbuhan tinggi. Pada Incubation & Integration, Living Lab Ventures menyediakan program kolaboratif untuk membantu perusahaan rintisan tahap awal agar sukses serta menyediakan program kemitraan melalui divisi Living Lab X. Kemudian dalam pilar Venture Building, Living Lab Ventures secara metodis menciptakan inisiatif bisnis baru untuk mendukung bisnis inti.

Living Lab Ventures juga memiliki Startup Studio sebagai wadah untuk menerapkan ide menjadi produk yang berkembang pesat.

Baca Juga: Sinar Mas Land melalui Digital Hub bersama Xendit Gelar DNA VC Startup Connect

Selanjutnya: Ini Cara Memilah Sampah Untuk Selamatkan Bumi

Menarik Dibaca: Ini Cara Memilah Sampah Untuk Selamatkan Bumi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved