FAQ

Mengapa press release saya perlu tampil di Pressrelease.id?

Berbeda dengan media massa pada umumnya, Pressrelease.id akan menampilkan press release Anda secara utuh. Administrator tidak melakukan penyuntingan konten terhadap press release Anda. Kalau pun terpaksa ada penyuntingan, biasanya bersifat teknis agar press release Anda bisa tampil menarik sesuai layout situs.

 

Apa perlunya press release saya dimuat secara utuh?

Pressrelease yang dimuat secara utuh berarti memberi kesempatan pembaca untuk menangkap informasi dari penerbit press release secara utuh pula. Dengan demikian peluang terjadinya salah pengertian atau kesalahpahaman oleh pembaca terhadap informasi yang Anda sampaikan bisa diminimalisir.

 

Bagaimana agar press release saya bisa muncul di pressrelease.id?

Ada dua jalur yang bisa Anda pilih untuk menampilkan press release perusahaan atau institusi yang Anda wakili di Pressrelease.id:

1. Mengirimkan langsung pressrelease Anda melalui email ke halo@pressrelease.id. Administrator kami yang akan mengunggahnya untuk Anda.

2. Daftarkan diri Anda sebagai kontributor, lalu unggah sendiri press release Anda secara langsung.

 

Mengapa saya perlu menjadi kontributor kalau bisa “menitipkan” press release kepada Administrator melalui email untuk diunggah?

Dengan menjadi kontributor, Anda berhak menikmati beberapa fasilitas yang tidak akan diperoleh jika mengirimkan press release melalui email.

 

Apa saja fasilitas yang bisa saya manfaatkan sebagai kontributor?

Beberapa fasilitas yang bisa Anda manfaatkan sebagai kontributor:

1. Anda bisa mengunggah sendiri press release sehingga akan tampil seketika di halaman depan Pressrelease.id. Bandingkan jika Anda mengirimkan press release melalui email, Administrator baru akan mengunggahnya pada pukul 10.00 WIB, 15.00 WIB, dan 21.00 WB.

2. Anda bisa menampilkan foto pada press release Anda. Bandingkan jika Anda mengirimkan press release melalui email, penampilan foto tergantung pada kebijaksanaan Administrator.

3. Sebagai kontributor Anda juga bisa melampirkan file-file pelengkap berupa foto, grafik, dokumen, dalam berbagai format ( jpg, gif, xls, pdf, doc, dll). Pembaca bisa mengunduh file-file tersebut sehingga informasi Anda akan diterima pembaca secara lebih utuh. Jika Anda mengirimkan press release melalui email, Administrator tidak akan mengunggah file-file pelengkap tersebut.

 

Apa yang harus saya lakukan agar bisa menjadi kontributor Pressrelease.id?

Langkah untuk menjadi kontributor:

1. Daftarkan diri Anda sebagai member.

2. Lakukan verifikasi email.

3. Setelah itu ajukan permintaan (request) untuk menjadi kontributor. Anda akan diminta mengisi beberapa data, termasuk mendaftarkan perusahaan yang hendak Anda wakili (jika belum terdaftar di database Pressrelease.id).

4. Anda akan diminta melampirkan foto kartu identitas pribadi asli (KTP, Passpor, SIM) dan surat keterangan dari perusahaan yang Anda wakili yang menegaskan bahwa Anda memang berhak mengunggah press release dari perusahaan/lembaga yang Anda wakili tersebut.

5. Jika semua syarat sudah terpenuhi dan mendapat verifikasi Administrator, Anda sah menjadi kontributor dan bisa mengunggah langsung press release Anda.

 

Sejauh mana press release saya yang tampil di Pressrelease.id akan menjangkau pembaca?

Pressrelease.id merupakan salah satu layanan inisiatif KONTAN grup. Sebagai sebuah grup media yang mengelola beberapa penerbitan pers: Harian KONTAN, Tabloid KONTAN, Edisi Khusus KONTAN, Kontan Epaper, dan Kontan.co.id; tentu KONTAN akan semaksimal mungkin mengenalkan Pressrelease.id kepada pembaca dan masyakat Indonesia maupun khalayak international.