May
03
2017
     10:49

Chandra Asri Petrochemical Bagikan Dividen Tunai kepada Pemegang Saham

Chandra Asri Petrochemical Bagikan Dividen Tunai kepada Pemegang Saham
Publisher
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Jakarta, 2 Mei 2017 – PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (“CAP”) pada hari ini telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“Rapat”). Seiring dengan prestasi kinerja yang gemilang sepanjang 2016 dan sukses mencetak rekor Laba Bersih sebesar US$300,1 juta, CAP akan membagikan dividen tunai kepada para pemegang saham.

Rapat telah menyetujui penggunaan 50% dari Laba Bersih tahun 2016 sebagai dividen tunai dengan total nilai US$ 150.000.000 atau senilai US$0,04563 per saham yang akan dikurangi dengan dividen interim senilai US$0,01 per saham yang telah dibayarkan pada tanggal 15 September 2016, sehingga sisanya sebesar US$0,03562 per saham akan dibayarkan kepada Pemegang Saham Perseroan pada tanggal 23 Mei 2017 mendatang. Pembayaran dividen akan dilakukan dalam mata uang Rupiah dengan menggunakan kurs tengah Bank Indonesia pada tanggal Rapat sebagai kurs konversi.

Dalam Rapat, Pemegang saham juga memberikan pengesahan dan persetujuan terhadap Laporan Tahunan dan Laporan Keuangan Perseroan tahun buku 2016. Selain itu, Rapat juga memberikan persetujuan atas rencana penambahan modal Perseroan dengan memberikan Hak Memegang Efek Terlebih Dahulu (HMETD) melalui mekanisme Penawaran Umum Terbatas II (rights issue). Dana yang diperoleh akan digunakan Perseroan sebagai belanja modal sejalan dengan rencana bisnis jangka menengah Perseroan untuk menambah kapasitas produksi dan diversifikasi portofolio produknya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Perseroan juga melaporkan Realisasi Penggunaan Dana Hasil Penawaran Umum Obligasi Chandra Asri Petrochemical I Tahun 2016 dimana seluruh dana hasil bersih Penawaran Umum setelah dikurangi biaya-biaya telah dipakai seluruhnya untuk pembayaran sebagian utang Fasilitas Berjangka.

Pada tahun lalu, Perseroan berhasil membukukan Laba Bersih sebesar US$300,1 juta, naik 1.043% dari sebelumnya US$26,3 juta di 2015. Sementara itu, Pendapatan Bersih US$1.930,3 juta atau 40% lebih tinggi dibandingkan dengan US$1.377,6 juta di 2015, dengan Laba Kotor 2016 meningkat 239% yoy menjadi US$494,3 juta dari US$145,7 juta. Alhasil, marjin Laba Kotor dan marjin Laba Bersih masing-masing melonjak menjadi 26% dan 16% dari sebelumnya 11% dan 2% di 2015. Perbaikan kualitas marjin ini mencerminkan marjin petrokimia yang kuat, utilisasi pabrik yang lebih baik dengan kapasitas yang lebih besar serta optimalisasi portofolio produk.

Sehubungan dengan penambahan kapasitas produksi, Perseroan sedang melakukan studi kelayakan kompleks petrokimia terintegrasi kedua di Indonesia yang akan berlokasi dekat dengan kompleks pabrik saat ini. Kompleks baru berskala dunia ini nantinya akan terdiri dari Cracker Ethylene berkapasitas 1 juta ton per tahun dan berbagai turunan hilirnya. Selain itu, Perseroan juga melakukan penambahan kapasitas sebesar 37% untuk pabrik Butadiene menjadi 137KTA serta menambah pabrik Polyethylene baru dengan kapasitas sebesar 400KTA. Dengan berbagai langkah ekspansi ini, Perseroan optimis untuk dapat lebih melayani pasar domestik yang terus bertumbuh dan berkembang.

Sekilas CAP

CAP, anak perusahaan PT Barito Pacific Tbk sebagai pemegang saham mayoritas, merupakan perusahaan petrokimia Indonesia terbesar yang terintegrasi yang memproduksi olefins dan polyolefins. CAP menggabungkan teknologi terkini dan fasilitas penunjang di Cilegon dan Serang, Provinsi Banten. Perseroan merupakan satu-satunya produsen yang mengoperasikan naphtha cracker, dan juga produsen domestik tunggal styrene monomer dan butadiene. Selain itu, Perseroan merupakan produsen propylene dan polypropylene terbesar di Indonesia. CAP menghasilkan bahan baku plastik dan kimia yang digunakan untuk produk kemasan, pipa, otomotif, elektronik, dll. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi www.chandra-asri.com.

 


Contact Information 1:
Suryandi Director PT Chandra Asri Petrochemical Tbk

suryandi@capcx.com
(62-21) 530 7950


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021