January
25
2017
     07:10

Dicari Mahasiswa Yang Inovatif, Peduli Lingkungan dan Sosial Sebagai Youth Leader In Sustainability

Dicari Mahasiswa Yang Inovatif, Peduli Lingkungan dan Sosial Sebagai Youth Leader In Sustainability
Publisher

Jakarta, 24 Januari 2017 – Hari ini, The Roundtable on Sustainable Palm Oil meluncurkan program “Youth Leader in Sustainability” yaitu program pencarian pemimpin masa depan yang akan menjadi duta kampanye Sustainability.Program pencarian duta “Youth Leader in Sustainability” ini diadakan dengan kolaborasi bersama WWF-Indonesia, The Body Shop® dan SINAR MEADOW. Program ini akan berlangsung dari Januari hingga Mei 2017 dengan serangkaian kegiatan mulai dari roadshow ke berbagai universitas, seminar hingga tahapan penyeleksian.

Peluncuran program “Youth Leader in Sustainability” menyasar para mahasiswa Indonesia dari seluruh universitas di Indonesia dan bertujuan untuk mengedukasi konsumen Indonesia mengenai kelapa sawit ramah sosial dan ramah lingkungan serta gaya hidup ramah lingkungan. Kompetisi ini diadakan sebagai lanjutan dari hasil studi persepsi konsumen yang diselenggarakan oleh RSPO pada tahun 2015 lalu yang menunjukkan fakta bahwa masih rendahnya pemahaman konsumen Indonesia tentang minyak kelapa sawit berkelanjutan, dampak positifnya terhadap lingkungan dan masyarakat, serta besarnya kekuatan konsumen dalam mewujudkan praktek minyak kelapa sawit berkelanjutan sebagai norma di Indonesia. Kegiatan ini juga bagian dari kampanye ‘Beli Yang Baik’ yang diinisiasi WWF-Indonesia sejak tahun 2015 yang hingga saat ini terus mendapat dukungan aktif dari RSPO.

Tiur Rumondang, Direktur RSPO Indonesia mengatakan “Produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan yang telah mendapat sertifikat RSPO secara global saat ini mencapai 12.15 juta ton, atau 17% dari total produksi minyak kelapa sawit dunia. Indonesia menyumbang 58% produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan dari total volume minyak kelapa sawit yang bersertifikat RSPO. Namun begitu, penyerapan minyak kelapa sawit berkelanjutan di dalam negeri masih tergolong minim karena permintaan konsumen di Indonesia masih rendah. Oleh karena itu dengan lebih banyaknya kegiatan edukasi seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran konsumen yang didukung dengan peningkatan permintaan atas produk yang berbasis minyak kelapa sawit berkelanjutan.”

Minyak kelapa sawit merupakan komoditas yang sangat populer digunakan dalam banyak produk konsumen seperti minyak goreng, margarin, cokelat, es krim, sabun, kosmetik dan bahan bakar untuk mobil serta pembangkit listrik. Namun begitu belum banyak konsumen yang menyadari hal ini. Duta “Youth Leader in Sustainability” ini akan bersama-sama dengan RSPO, WWF-Indonesia, The Body Shop®, and SINAR MEADOW berperan untuk mengedukasi masyarakat tentang dampak positif bagi lingkungan, sosial dan ekonomi masyarakat atas praktek-praktek berkelanjutan dalam produksi minyak kelapa sawit.

Dalam penjelasannya di konferensi pers, Arnold Sitompul, Direktur Konservasi WWF-Indonesia menyampaikan “Kondisi keanekaragaman hayati global (termasuk Indonesia) sudah pada level yang sangat memprihatinkan. Salah satu faktor yang mendorong laju penurunan keanekaragaman hayati adalah dari pemanfaatan sumber daya alam yang tidak berkelanjutan (termasuk industri kelapa sawit). Untuk memastikan kelestarian keanekaragaman hayati maka perlu adanya terobosan baru dalam mendorong industri kelapa sawit yang berkelanjutan.

Suzy Hutomo, Executive Chairwoman The Body Shop® Indonesia menegaskan keterlibatan perusahaan dalam program “Youth Leader in Sustainability” merupakan bentuk komitmen global bertajuk “Enrich Not Exploit, It’s In Our Hands” yang bertujuan untuk mencapai keberlanjutan sejati dan menjadi bisnis global paling beretika di dunia. “The Body Shop® percaya bahwa bukan hanya kami yang memiliki kekuatan untuk menciptakan perubahan positif di dunia sebagai tanggung jawab sebuah bisnis; tetapi juga kita semua, termasuk semua pelanggan kami dan generasi muda yang memiliki kekuatan untuk menciptakan perubahan yang positif dalam kehidupan orang lain.”

Melvin Darmadinata, General Manager SINAR MEADOW mengatakan bahwa “Keikutsertaan SINAR MEADOW dalam program ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk selalu memberikan pelanggan kami produk-produk yang diproduksi secara berkelanjutan. Kami berharap melalui program ini tidak hanya meningkatkan kesadaran namun juga meningkatkan permintaan akan produk-produk yang ramah lingkungan dan diproduksi secara bertanggung jawab.”

RSPO, WWF-Indonesia, The Body Shop® dan SINAR MEADOW akan melakukan roadshow dan seminar ke sebelas (11) Universitas di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, dan Jambi. Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari KampusUpdate.com sebagai salah satu media pendukung. Para mahasiswa harus melalui tahapan seleksi mulai dari kompetisi melalui Sustainability Quest app yang dapat diunduh di Google dan Apple store, membuat dan mepresentasikan ide kampanye sosialisasi terkait sustainability. Sepuluh (10) mahasiswa yang terpilih akan diundang untuk penjurian. Tiga pemenang akan dipilih sebagai duta “Youth Leader in Sustainability”. Para pemimpin muda ini akan diberikan kesempatan untuk magang selama enam (6) bulan di kantor RSPO dan para mitra pendukung program ini serta dapat mewujudkan ide kampanye sustainability selama magang.

Untuk informasi lebih lanjut terkait program “Youth Leader in Sustainability” dapat mengakses youthleaderindonesia.rspo.org.

Tentang RSPO www.rspo.org

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved