May
08
2017
     20:02

Layanan Biro Kredit Swasta Sudah Tersedia, Pefindo Biro Kredit Resmikan Operasi Komersial

Layanan Biro Kredit Swasta Sudah Tersedia, Pefindo Biro Kredit Resmikan Operasi Komersial
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Jakarta, 8 Mei 2017. Proses asesmen aplikasi kredit baru maupun monitoring kredit eksisting debitor oleh lembaga keuangan sudah bisa dilakukan secara lebih cepat, efisien dan mudah dengan memanfaatkan layanan biro kredit swasta. Pada hari Senin, 8 Mei 2017 di Jakarta, Pefindo Biro Kredit salah satu pionir dalam industri biro kredit swasta di Indonesia meresmikan operasi komersialnya yang telah dimulai sejak 27 Maret 2017 yang menandai era baru dalam infrastruktur industri keuangan nasional.

”Saat ini layanan kami sudah bisa dimanfaatkan oleh lembaga keuangan secara luas. Laporan perkreditan yang mudah dipahami dan dilengkapi skor kredit tentunya akan meningkatkan efisiensi dalam proses penilaian kelayakan aplikasi kredit baru serta mempermudah pemantauan debitor existing” ujar Ronald T. Andi Kasim, CFA, Direktur Utama Pefindo Biro Kredit di Jakarta.

Lebih lanjut Ronald menambahkan bahwa keberadaan Pefindo Biro Kredit merupakan wujud komitmen pihaknya dalam mendukung penguatan infrastruktur sistem keuangan nasional dan perluasan akses jasa keuangan ke masyarakat. “Kami mendorong perluasan akses pembiayaan inklusif kepada berbagai jenis usaha termasuk sektor UMKM, khususnya lembaga keuangan mikro yang selama ini masih unbankable guna mewujudkan pertumbuhan dan ekspansi bisnis mereka ke depan” tambah Ronald.

Sebagai informasi, sistem pelaporan kredit di Indonesia menerapkan prinsip dual credit reporting system yang merupakan sinergi antara  public credit registry yang dilakukan otoritas yang selama ini dikenal sebagai “BI Checking” dan private credit bureau (biro kredit swasta) seperti Pefindo Biro Kredit. “Namun demikian, nilai tambah berupa data non kredit dan credit score hanya dapat dipenuhi oleh biro kredit swasta seperti kami” jelas Ronald

Hingga saat ini Pefindo Biro Kredit telah menghimpun lebih dari 55 anggota dari kalangan lembaga keuangan dan sekitar 18 perusahaan berbasis teknologi finansial (fintech) untuk bergabung menjadi anggota dan mitra kerjasama. Sementara itu, sekitar 25 lembaga keuangan diharapkan segera bergabung dalam waktu dekat. Untuk memperoleh layanan Pefindo Biro Kredit prosesnya tergolong mudah dan fleksibel. Lembaga keuangan tinggal mengisi formulir dan melengkapi persyaratan yang ada. ”Selanjutnya layanan sudah bisa diakses melalui berbagai jenis koneksi” demikian Ronald menutup keterangannya.

Tentang PT Pefindo Biro Kredit

PT Pefindo Biro Kredit (PBK) merupakan Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan yang sahamnya dimiliki oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia, PT Pegadaian (Persero), PT Taspen (Persero), PT Sigma Cipta Caraka (Telkom Sigma), PT Consumer Information Consulting dan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia. PBK telah memperoleh izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan pada tanggal 22 Desember 2015.

Dalam menjalankan kegiatan usahanya, PBK menghimpun data kredit yang bersumber dari lembaga keuangan dan data non kredit dari beberapa instansi publik dan lembaga yang telah bekerjasama sebagai sumber data. Data tersebut tersebut kemudian diolah dan disajikan diantaranya dalam bentuk laporan dan skor yang dapat diakses oleh para anggotanya.

Pefindo Biro Kredit memiliki misi menjadi pengelola dan penyedia data perkreditan dan data relevan lainnya yang bernilai tambah, terlengkap dan paling akurat di Indonesia guna mendukung terwujudnya pertumbuhan ekonomi nasional yang kuat dan berkesinambungan.

Saat ini Pefindo Biro Kredit menyediakan empat produk informasi perkreditan unggulan yaitu:

  • PEFINDO Score & Report: Laporan debitur yang disajikan secara lengkap dan komprehensif berisi identitas, fasilitas kredit dan non kredit, riwayat pembayaran dan credit score
  • PEFINDO Alert: Notifikasi otomatis atas perubahan kritikal pada profil kredit debitur guna mempermudah pemantauan debitur
  • PEFINDO Profiling: Analisis data sesuai permintaan yang dapat digunakan sebagai referensi dalam pengembangan usaha dan penentuan kebijakan
  • PEFINDO Identity Checking: Verifikasi identitas calon debitur perorangan maupun perusahaan secara digital

Contact Information 1:
Juni Hendry

juni.hendry@pefindobirokredit.co.id
+62 816 113 8801


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021