May
04
2017
     10:34

Maksimalkan Hidup Yolo! Dengan Menjadi Generasi #Sayanguangnya

Maksimalkan Hidup Yolo! Dengan Menjadi Generasi #Sayanguangnya
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

JAKARTA  - Pada hari ini, PermataBank sebagai bank yang terus berinovasi untuk jutaan keluarga Indonesia kembali mengajak masyarakat untuk menjalani gaya hidup hemat lewat gerakan #SayangUangnya. Bertempat di Kinokuniya Plaza Senayan, PermataBank meluncurkan buku berjudul Kece Tanpa Kere – Strategi #SayangUangnya Mengatur Keuangan Ala Anak Muda  

Mantra hidup YOLO, You Only Live Once semakin populer di kalangan usia 18 – 35 tahun. Mantra ini mengajarkan bahwa hidup hanya sekali, haruslah dinikmati sehingga kita harus menjalani hidup tanpa penyesalan. Akan tetapi, mantra YOLO sering di salah artikan menjadi makna negatif, bahwa hidup menggila hari ini seperti tidak ada hari esok. Termasuk dalam urusan konsumsi, mantra ”YOLO” ini juga yang membuat generasi Milennial terjebak hidup konsumtif tanpa memikirkan masa depan.  Padahal, kalau hidup hanya sekali, haruslah dimaksimalkan baik untuk pengembangan diri maupun persiapan masa depan.

Ria Prastiani - Direktur Penelitian Kebijakan & Pengaturan Edukasi dan Perlindungan Konsumen (EPK) Otoritas Jasa Keuangan menambahkan “OJK memiliki visi untuk meningkat literasi keuangan di kalangan masyarakat Indonesia. Akan tetapi, generasi muda sering kali beranggapan bahwa segala sesuatu tentang keuangan tidak perlu dipikirkan sekarang. Buku ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan literasi keuangan di kalangan anak muda dengan cara yang ‘muda’.”

Menyikapi hal ini, Bianto Surodjo - Direktur Retail Banking PermataBank menyatakan, ”Ketika saya merefleksikan mantra YOLO! saya sadar bahwa perilaku kita sejak muda akan dibawa hingga nanti, termasuk perilaku konsumtif kita. Buku ini merupakan kontribusi kami juga dalam rangka Hari Pendidikan Nasional Indonesia agar masyarakat Indonesia memiliki pengertian yang utuh tentang uang sejak dini.” 

Disisi lain, Andy F. Noya -  host Kick Andy yang membagikan prakata dalam buku ini juga memberikan tanggapannya mengenai fenomena ini “Semua orang pastinya ingin menikmati hidup. Akan tetapi, banyak yang mengaitkan kebahagian dengan perilaku konsumtif, seakan – akan barang yang kita miliki bisa menggambarkan jati diri kita.”

Cantyo Atindriyo - Psikolog Klinis We Can Psychology Consultant menjelaskan “Manusia pasti ingin bahagia serta memiliki banyak kebutuhan-kebutuhan di hidupnya. Misalnya saja kebutuhan untuk mengaktualisasikan diri. Kebutuhan ini tentu tidak akan tercapai ketika ia hanya fokus dan menghabiskan apa yang dia miliki tanpa pertimbangan masa depan. Oleh karena itu, penting untuk bisa mengelola apa yang dimiliki, agar individu bisa mengaktualisasikan dirinya dengan baik.”

Buku Kece Tanpa Kere melalui setiap babnya mengajak untuk merubah cara pandang kita terhadap mantra YOLO yang salah menjadi mantra YOLO yang #SayangUangnya. Semuanya dimulai dari cara kita berpikir dan merasakan tentang uang. Setelah itu, kita baru mulai merencanakan penggunaan uang dengan baik dan disesuaikan dengan tujuan hidup. Mengetahui tujuan keuangan dan tujuan hidup kita, membantu kita bertindak benar tentang uang seperti berhemat dan menabung.

Adinia Wirasti mengamini hal tersebut. “Mengenali jati diri kita, apa yang sebenarnya kita inginkan sangatlah penting, agar tidak mudah terpengaruh oleh orang lain. Yang terpenting, teruslah mengembangkan diri kita agar hidup YOLO lebih bermakna. Dengan begitu, kita jadi mengerti tujuan hidup kita dan perencanaan keuangan seperti apa yang bisa mendukung kita untuk mencapai hal tersebut.”

Buku ini membagikan pengetahuan yang utuh tentang uang dengan memaparkan penyebab generasi muda menjadi konsumtif hingga solusi untuk terlepas dari perilaku konsumtif, yaitu dengan menjadi generasi #SayangUangnya. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan berbagai insight & hasil riset komprehensif, wawancara eksklusif inspiratif bersama Ringgo Agus, Adinia Wirasti, Hamish Daud, Rene Suhardono, Nina Moran serta Prita Ghozie dan jurnal #21HariSayangUangnya. PermataTabungan Bebas mengajak kita semua untuk ikut serta dalam #21HariSayangUangnya untuk mengubah kebiasaan boros kita menjadi lebih hemat.

Disela-sela acara, dilakukan penyerahan buku #SayangUangnya. secara simbolis kepada kepada siswa SMK Bina Informatika, SMK Farmasi Ditkesad dan SMKN 27 peserta program Permata Student Entrepreneurship Program (PSEP). Program PSEP sendiri merupakan program literasi keuangan PermataBank yang mengajarkan kewirausahaan sejak dini kepada siswa/i SMK. Dengan diberikannya buku ini, para siswa/i yang merupakan bagian dari generasi Milennial ini tidak terjebak dalam kehidupan konsumtif dan dapat mengembangkan dirinya untuk masa depan.

Mendukung Gerakan #SayangUangnya, PermataTabungan Bebas berinovasi untuk memberikan keuntungan dalam ragam transaksi di kehidupan sehari-hari. PermataTabungan Bebas memberikan Cashback 5% setiap hari dan Cashback 10% setiap tanggal 20 dan 17 di Supermarket, SPBU & Toko Online, bebas biaya admininistrasi dan transfer online melalui PermataMobile SMART CX* serta gratis tarik tunai di ATM mana saja tanpa syarat. Cashback serta bebas biaya ini bisa ditabung lagi.

Hidup hanya sekali, haruslah dinikmati. Tidak ada salahnya berhemat terlebih dahulu, untuk masa depan yang pasti, bukan? Marilah mengamini mantra “YOLO” yang benar dengan menjadi generasi #SayangUangnya.

*Berlaku untuk nasabah dengan average balance minimal Rp 5.000.000. Cashback 10% berlaku hingga Juni 2017.

Tentang PermataBank

PermataBank telah berkembang menjadi sebuah bank swasta utama yang menawarkan produk dan jasa inovatif serta komprehensif terutama disisi delivery channel-nya termasuk Internet Banking dan Mobile Banking.PermataBank memiliki visi menjadi Pelopor dalam memberikan solusi finansial yang inovatif. Melayani sekitar 2 juta nasabah di 62 kota di Indonesia, per Maret 2017 PermataBank memiliki 331 kantor cabang, 22 cabang bergerak (Mobile Branch), enam payment point, 1.007 ATM dengan akses di lebih dari 100.000 ATM (VisaPlus, Visa Electron, MasterCard, Alto, ATM Bersama dan ATM Prima) dan jutaan ATM di seluruh dunia yang terhubung dengan jaringan Visa, Mastercard, Cirrus. Pengakuan terkini atas pencapaian PermataBank adalah “Excellent Service Experience Award 2016” kategori Regular Banking dan Sharia Banking dari Majalah Service Excellence dan Carre CCSL, Contact Center Service Excellence Award (CCSA) 2016, Exceptional Grade untuk kategori Regular Banking-Sharia Banking-Priority Banking; “Best Business Model Execution” dari The Asian Banker Indonesia Country Awards. Untuk informasi lebih lanjut  terkait PermataBank tersedia melalui website di http://www.permatabank.com

Tentang Gerakan #SayangUangnya

Gerakan #SayangUangnya adalah gerakan yang mengajak masyarakat Indonesia mengurangi kebiasaan konsumtif dengan hidup lebih hemat, tapi tetap bisa menikmati hidup. Gerakan ini ingin mengubah pola pikir masyarakat dimana hemat berbeda dengan pelit.

Tahun 2016 lalu, gerakan #SayangUangnya telah berhasil menginspirasi 34.000 orang, mendapatkan lebih dari 3.000 tips hemat ala #SayangUangnya dan mendapatkan lebih dari 135.000.000 eksposur di situs www.sayanguangnya.com. Melihat kesuksesan ini, PermataBank melanjutkan gerakan #SayangUangnya untuk menginspirasi jutaan keluarga Indonesia menjalani gaya hidup frugal, bijak dalam bertransaksi sehingga memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Program ini merupakan kontribusi sosial PermataBank mengajak generasi Indonesia menjadi generasi #SayangUangnya, generasi yang memiliki semangat menabung untuk masa depan mereka. Informasi mengenai #SayangUangnya dan PermataTabungan Bebas, dapat dengan diakses di www.sayanguangnya.com.

Tentang PermataTabungan Bebas

PermataTabungan Bebas merupakan produk transaksional PermataBank yang memberikan banyak manfaat transaksional berupa gratis biaya dan cashback yang mendukung para nasabah memaksimalkan uang yang mereka miliki. PermataTabungan Bebas menggratiskan biaya tarik tunai di ATM Bank mana saja tanpa ada syarat apapun, serta menggratiskan biaya administrasi serta gratis biaya transfer online melalui PermataMobile dan PermataNet bagi nasabah dengan saldo rata-rata Rp5 juta. PermataTabungan Bebas juga memberikan manfaat cashback hingga Rp. 500.000 setiap bulannya yaitu cashback5% setiap hari untuk transaksi di supermarket, SPBU, transportasi online dan toko online serta cashback 10% bagi transaksi di kategori yang sama khusus pada tanggal 20 dan 17 (cashback 10% berlaku hingga bulan Juni 2017). Manfaat Cashback ini dapat dinikmati oleh nasabah dengan saldo rata-rata per bulan minimum Rp5 juta. PermataMobile SMART CX dihadirkan untuk mendukung kemudahan bertransaksi seperti transfer, pembayaran PLN dan tagihan lainnya, isi ulang pulsa dan internet, top-up Go-Pay, dan lain-lain.


Contact Information 1:
Richele Maramis

corporate.affairs@permatabank.co.id
+62 21 523 7788


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021