July
14
2017
     12:30

Penelitian SAP Ungkap 4 Ciri Khas Pemimpin Transformasi Digital

Contributor
Administrator 3
Attachment
— No Files —

Jakarta, Indonesia, 12 Juli 2017 – Saat 84 persen perusahaan global menyatakan bahwa transformasi digital amatlah penting bagi kelangsungan bisnis mereka dalam lima tahun ke depan, ternyata baru tiga persen yang telah bertransformasi secara penuh di seluruh bagian perusahaan, sebagaimana ditunjukkan dalam hasil penelitian terbaru dari SAP SE (NYSE: SAP).

Hasil penelitian tersebut, yang didukung oleh Oxford Economics, diumumkan pada acara SAP Leonardo Live baru-baru ini dari tanggal 11 hingga 12 Juli di Frankfurt, Jerman.

Dalam hasil penelitian tersebut, dikatakan bahwa perusahaan yang belum bertransformasi digital memiliki resiko bisnis yang tinggi: perusahaan yang telah sukses dalam bertransformasi digital ditemukan memiliki tingkat pangsa pasar (85 persen vs 41 persen) dan profitabilitas yang jauh lebih tinggi dari mereka yang belum bertransformasi digital (80 persen vs 53 persen). Tentunya, perusahaan yang telah bertransformasi digital diperkirakan akan meraih pertumbuhan pendapatan sekitar 23 persen dalam dua tahun ke depan dibandingkan perusahaan lainnya yang belum bertransformasi, yang juga turut disurvei. Di sisi lain, studi tersebut juga menemukan bahwa transformasi digital akan menjadi salah satu dari tiga penggerak utama dari pendapatan bisnis di masa depan, di seluruh bidang industri dan perusahaan dengan berbagai ukuran.

Penelitian berjudul "SAP Transformasi Eksekutif Eksekutif Studi: 4 Cara Pemimpin Set Sendiri Sendiri" ini adalah yang paling komprehensif dari penelitian-penelitian lain sejenisnya. Melalui survei mendalam yang dilakukan pada lebih dari 3.000 eksekutif senior di 17 negara dan wilayah, penelitian ini mengidentifikasi tantangan, peluang, nilai dan teknologi kunci yang menjadi pendorong transformasi digital. Hasil survei tersebut juga mengidentifikasi 100 perusahaan teratas - yang disebut “Pemimpin Digital” – dan mengungkap siapa yang terbaik di antara mereka dalam menghubungkan orang, hal dan bisnis.

Ciri Khas Para Pemimpin Digital

Pemimpin Digital memegang empat ciri utama, yang:

  • Memandang transformasi digital sebagai sesuatu yang luar biasa transformasional: 96 persen Pemimpin mengatakan bahwa transformasi digital adalah tujuan bisnis inti, dibandingkan dengan 61 persen yang berpendapat lain. Transformasi digital mencakup ke seluruh area bisnis mereka dan mempengaruhi cara mereka dalam berinteraksi dengan pelanggan, pemasok dan mitra bisnis.
  • Berfokus pada fungsi-fungsi yang langsung berhadapan dengan terlebih dahulu: 70 persen Pemimpin mengatakan bahwa transformasi digital telah memberikan peningkatan kepuasan pelanggan dibandingkan 22 persen yang berpendapat lain. Dapat disimpulkan, pengalaman pelanggan adalah pintu gerbang menuju transformasi digital yang sukses.
  • Memprioritaskan karyawan: 71 persen Pemimpin menyatakan bahwa upaya transformasi digital menjadikan mereka lebih mudah dalam menarik dan mempertahankan karyawan dibandingkan 54 persen yang berpendapat lain. Mereka juga menghabiskan lebih banyak investasi untuk melatih kembali tenaga kerja yang ada dibandingkan perusahaan lainnya.
  • Berinvestasi dalam teknologi generasi masa depan: 50 persen Pemimpin kini telah bekerja mengandalkan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan pembelajaran mesin (machine learning), dibandingkan dengan 7 persen yang berpendapat lain. Mereka juga berinvestasi lebih banyak pada Big Data dan analisis (94 persen vs 60 persen) serta Internet of Things (76 persen vs. 52 persen). Menggunakan arsitektur TI dual-mode memungkinkan mereka menjalankan sistem operasional secara efisien seraya mengintegrasikan teknologi baru.

"Transformasi digital bukan lagi pilihan, melainkan dorongan vital bagi pendapatan, keuntungan dan pertumbuhan," kata Vivek Bapat, wakil presiden senior, kepala strategi Pemasaran dan Pemikiran Global, SAP SE. "Eksekutif perlu bertransformasi, dari sekadar memahami tuntutan yang tinggi, ke merealisasikan pelaksanaan yang menyeluruh di seluruh bisnis mereka. Hal ini membutuhkan terobosan teknologi inovatif, investasi dalam skill digital, dan pelatihan ulang tenaga kerja yang ada. Waktu dua tahun ini ke depan akan menjadi titik kunci perubahan, yang akan membedakan para pelaku transformasi digital dari mereka yang belum melaksanakannya."

Untuk informasi lebih lanjut tentang penelitian ini, kunjungi www.sap.com/execstudy. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi SAP News Center. Ikuti SAP di Twitter pada @sapnews dan @digitalistmag.

Tentang SAP

Selaku pemimpin pasar dalam perangkat lunak aplikasi enterprise, SAP (NYSE: SAP) membantu perusahaan dari semua ukuran dan industri berjalan lebih baik. Dari kantor ke ruang rapat, gudang ke etalase, desktop ke perangkat mobile – SAP memberdayakan masyarakat dan organisasi untuk bekerjasama dengan lebih efisien dan menggunakan wawasan bisnis dengan lebih efektif untuk tetap berada di depan kancah persaingan. Aplikasi dan layanan SAP memungkinkan lebih dari 350.000 pelanggan untuk beroperasi secara menguntungkan, beradaptasi terus-menerus, dan tumbuh berkelanjutan.


Contact Information 1:
Rasyida S. Paddy

rasyida.paddy@sap.com
+65 6664-6868