March
21
2017
     08:29

Pentingnya Pemasangan IUD Pasca Persalinan

Pentingnya Pemasangan IUD Pasca Persalinan
Publisher
Contributor
Attachment(s)
— No Files —

Setiap tahun terjadi 5 juta kelahiran di Indonesia, namun hanya kurang dari 30 persen ibu melahirkan yang langsung ber-KB. Padahal, pemasangan KB pasca persalinan (Postpartum) bermanfaat untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI), menaikkan angka pemakai kontrasepsi jangka panjang dan dapat menekan angka drop out ber-KB. Untuk itu, Kontrasepsi Andalan bersama JNPK-KR mengadakan Pelatihan untuk Pelatih Medis “TOT Postpartum IUD Tingkat Provinsi” pada bulan Maret 2017, guna meningkatkan kompetensi tenaga medis (dokter dan bidan) mengenai pemasangan IUD pasca melahirkan dengan metode inserter yang diselenggarakan di Semarang, Serang, Makasar, Jakarta, dan Medan. Pelatihan yang didukung oleh Kemenkes RI, BKKBN Pusat, POGI dan IBI ini diikuti peserta pelatih medis tingkat kabupaten dengan trainer dari Pusat Pelatihan Klinis Sekunder (P2KS) sebagai jaringan dari JNPK-KR.

Basuki Dwi Harjanto, Deputy GM Family Planning & Reproductive Health DKT Indonesia yang juga membawahi Kontrasepsi Andalan mengungkapkan, “Masih banyak perempuan Indonesia yang kurang mengerti mengenai pentingnya KB Pasca Persalinan. IUD merupakan salah satu metode KB terbaik yang dapat digunakan pasca persalinan, karena efektivitas, keamanan dan kenyamanannya. Untuk itu Andalan memperkenalkan metode pemasangan IUD menggunakan inserter, suatu metode yang lebih praktis, lebih mudah dan lebih higienis.”

“TOT Post Partum IUD Tingkat Propinsi ini merupakan kelanjutan dari kegiatan TOT Tingkat Nasional, bertujuan untuk melahirkan pelatih yang handal, mempunyai pengetahuan dan ketrampilan khususnya untuk pemasangan IUD pasca persalinan metode inserter. Ke depan para pelatih ini mempunyai action plan untuk mensosialisaikan metode baru ini kepada para provider di tempatnya masing-masing”, lanjut Basuki menjelaskan.

Pada kegiatan tersebut, para pelatih diajarkan teknik memasang IUD Andalan Tcu 380A Postpartum dengan inserter khusus yang menghilangkan kebutuhan forcep dalam pemasangan IUD, sehingga membuat teknik pemasangan Postpartum IUD menjadi lebih mudah, dengan hasil yang aman dan lebih steril. Dengan pemasangan metode inserter dengan benar, maka dapat menurunkan angka ekspulsi IUD untuk peserta KB pasca persalinan.

“Selama ini inserter IUD konvensional tidak memiliki panjang yang memadai untuk mencapai fundus uteri postpartum sehingga perlu instrumen lain untuk membantu memasukan IUD ke dalam rahim, selain itu benang IUD konvensional terlalu pendek untuk terlihat setelah pemasangan IUD pasca persalinan. Dengan IUD Andalan Tcu 380A Postpartum ini dapat menjawab permasalahan tersebut”, ujar Basuki menambahkan.

Melalui Program ‘Pilihanku’, Kontrasepsi Andalan memiliki misi untuk meningkatkan wawasan masyarakat Indonesia pada pilihan penggunaan alat, obat dan metode berkontrasepsi, termasuk ber-KB pasca persalinan. Program ‘Pilihanku’ juga bertujuan untuk meningkatkan penggunaan kontrasepsi jangka panjang IUD dan Implan di Indonesia.

“Di negara-negara berkembang seperti Indonesia, masih banyak masyarakat yang tidak tahu tentang berbagai macam pilihan kontrasepsi yang tersedia dengan harga terjangkau. Padahal, penggunaan kontrasepsi merupakan faktor penting untuk merencanakan keluarga yang bahagia dan sejahtera”, pungkas Basuki.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Andalan, dapat mengunjungi http://tundakehamilan.com


Contact Information 1:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021