September
27
2017
     20:05

PermataBankir Cilik Gandeng Anak-anak Berkebutuhan Khusus

PermataBankir Cilik Gandeng Anak-anak Berkebutuhan Khusus

JAKARTA – PermataBankir Cilik yang digagas sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan literasi keuangan dan perbankan melalui siswa/i SD/SLB kelas 4-5 yang akan bertindak sebagai Duta Menabung terus di tingkatkan kualitasnya secara berkesinambungan.

Di tahun yang ketiga ini, untuk pertama kalinya anak-anak berkebutuhan khusus dari Sekolah Luar Biasa berkesempatan belajar dan menjadi bagian dari PermataHati. 90 siswa/i dari beberapa SD/SLB di sekitar PermataBank seperti SDN Menteng Atas 21 Pagi, SDN Pondok Jaya 02, SDN Pondok Pucung 02, SLB A Pembina Tingkat Nasional dan SLBN 01 Jakarta B-C siap memulai kembali program PermataBankir Cilik berupa pelatihan dan pembekalan edukasi literasi keuangan dan perbankan selama tiga bulan.

Hadir dalam acara ini Ridha Wirakusumah – Direktur Utama PermataBank, Horas Tarihoran - Direktur Bidang Edukasi & Literasi Keuangan OJK, DR Juanda Nilsah - Kasubdit Kurikulum Kemendikbud, Julian Fong – Wakil Direktur Utama PermataBank, para Bankir Cilik, Kepala Sekolah, Guru pendamping dan Relawan PermataBankers.

PermataBankir Cilik sendiri merupakan program tiga bulanan yang melibatkan 15-20 siswa/i terpilih dari Sekolah Dasar Negeri dan/atau Sekolah Dasar Luar Biasa (binaan PermataHati) yang akan menerima pelatihan langsung dari PermataBank, yang kemudian akan meneruskan pengetahuannya tersebut kepada teman-temannya di sekolah. Memasuki tahun ketiga, PermataBank bekerjasama dengan Maxima (mitra PermataHati) dibantu oleh guru pemimbing di setiap sekolahnya, yang akan mendampingi para peserta Bankir Cilik untuk memastikan kegiatan edukasi literasi keuangan dapat berlangsung secara berkesinambungan.

Ridha Wirakusumah – Direktur Utama PermataBank mengatakan,”Kami senang dapat ikut terlibat dalam Bankir Cilik ini. Program ini merupakan kontribusi nyata PermataBank untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak. Hal ini sejalan dengan program “Edukasi Literasi Keuangan” dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan gerakan “Ayo Ke Bank” yang dicanangkan oleh Bank Indonesia (BI). Dengan demikian, program ini diharapkan dapat meningkatkan akses edukasi keuangan dan keuangan inklusif bagi anak-anak dari komunitas di lingkungan sekitar PermataBank, terutama yang berusia 6-12 tahun”.

“Yang istimewa di tahun ini adalah untuk pertama kalinya kami melibatkan anak-anak berkebutuhan khusus dari SLB di sekitar lokasi kantor cabang kami mengingat anak-anak tersebut harus memiliki kesempatan yang sama dengan teman-temannya yang lain. Kami sangat bersyukur karena program ini disambut baik oleh pihak sekolah maupun para pemangku kepentingan. Hal ini terlihat dari tingginya animo sekolah yang mendaftar dimana terjadi kenaikan 60% jumlah sekolah yang mendaftar sebagai peserta program dan dari 5 sekolah terbaik yang terpilih, salah satunya adalah sekolah yang berpartisipasi di tahun lalu”, jelas Ridha.

Pada peluncuran program PermataBankir Cilik 2017 ini, PermataBank kembali menjalin sinergi dengan OJK melalui penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Tabungan SIMPEL dengan tiga SD Negeri dan dua SD Luar Biasa sebagai peserta program

Modul PermataBankir Cilik memiliki ragam yang menarik, mulai dari lintas bank (mengenal uang asli dan uang palsu, budaya menabung, mengenal bank, menggunakan ATM), bermain eksploratoris, ular tangga si Bintang, bermain keterampilan dan sosial dan cerita si Bintang, bermain imajinatif. Dengan bermain, mereka sedang dalam proses belajar. Keuntungan lainnya mereka juga memperoleh ketrampilan berpikir kritis, team work, motivasi, public speaking, kreatifitas dan sportifitas mengenai materi yang dipelajari.

Sebagaimana diketahui Pendidikan merupakan fokus utama PermataHati sebagai program tanggung jawab sosial PermataBank. Edukasi literasi keuangan menjadi pilihan, untuk itu PermataHati mengembangkan berbagai program edukasi menarik yang disesuaikan dengan target pesertanya.

Tentang PermataBank
Tentang PermataBank
PermataBank telah berkembang menjadi sebuah bank swasta utama yang menawarkan produk dan jasa inovatif serta komprehensif terutama disisi delivery channel-nya termasuk Internet Banking dan Mobile Banking.PermataBank memiliki visi menjadi Pelopor dalam memberikan solusi finansial yang inovatif. Melayani sekitar 2 juta nasabah di 62 kota di Indonesia, per Juni 2017 PermataBank memiliki 330 kantor cabang, 21 cabang bergerak (Mobile Branch), enam payment point, 1.004 ATM dengan akses di lebih dari 100.000 ATM (VisaPlus, Visa Electron, MasterCard, Alto, ATM Bersama dan ATM Prima) dan jutaan ATM di seluruh dunia yang terhubung dengan jaringan Visa, Mastercard, Cirrus. Pengakuan terkini atas pencapaian PermataBank adalah “Excellent Service Experience Award 2016” kategori Regular Banking dan Sharia Banking dari Majalah Service Excellence dan Carre CCSL, Contact Center Service Excellence Award (CCSA) 2016, Exceptional Grade untuk kategori Regular Banking-Sharia Banking-Priority Banking; “Best Business Model Execution” dari The Asian Banker Indonesia Country Awards. Untuk informasi lebih lanjut terkait PermataBank tersedia melalui website di http://www.permatabank.com

Tentang PermataHati
PermataBank pada akhir tahun 2010 memperkenalkan program CSR PermataHati yang berfokus pada pendidikan, khususnya literasi keuangan. PermataHati dirancang dengan memadukan berbagai aktivitas dalam tiga pilarnya yaitu: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Perbaikan Fasilitas, dan Pemberdayaan Masyarakat. Partisipasi aktif dari para karyawan PermataBank sebagai Employee Volunteer (EVO) merupakan tulang punggung dan kunci keberhasilan dari semua kegiatan CSR yang dilakukan PermataBank, dimana EVO menyisihkan waktu dan tenaganya dalam menjalankan kegiatan CSR untuk mendapatkan Poin Senyum. Setiap 10 Poin Senyum yang terakumulasi, PermataBank akan memberikan 1 beasiswa bagi anak berprestasi yang kurang mampu selama 1 tahun ajaran. Untuk mendukung program CSR ini, setiap karyawan PermataBank berhak mendapatkan 1 hari cuti CSR, diluar jatah cuti tahunannya.
Sejak diluncurkan pada tahun 2010, 15.271 PermataBankers telah mengajukan diri secara sukarela dalam 522 kegiatan CSR termasuk pendidikan perbankan bagi para siswa, pelatihan guru dan renovasi fasilitas pendidikan. Kegiatan ini telah menghasilkan 52.028 Poin Senyum yang setara dengan 5.202 beasiswa untuk anak-anak kurang mampu.


Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved