July
10
2017
     19:25

Sinar Mas Land Kembali Akuisisi Bangunan Komersial di London Senilai 3,6 Triliun Rupiah

Sinar Mas Land Kembali Akuisisi Bangunan Komersial di London Senilai 3,6 Triliun Rupiah
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Jakarta, 9 Juli 2017 – Sinarmas Land Limited telah melakukan akuisisi perusahaan bernama Horseferry Property Limited, dimana perusahaan tersebut memiliki gedung 33 Horseferry Road (33HF) yang merupakan bangunan komersial premium terletak di Central London. Adapun akuisisi ini berlangsung pada 29 Juni 2017 lalu dengan nilai £ 188,6 juta atau sekitar Rp 3,6 triliun jika dihitung kurs GBP/IDR 17.300.

33HF menempati lokasi startegis yang berada di jantung Victoria, salah satu kawasan komersial dan residensial utama di Central London. Kawasan Victoria berbatasan dengan St. James di wilayah utara, Belgravia di wilayah barat, Westminster di wilayah timur, dan sungai Thames di wilayah selatan. Secara historis, wilayah Victoria sebelumnya menjadi pusat pemerintahan karena lokasinya yang berdekatan dengan gedung Parlemen, Downing Street, dan Whitehall. Dalam beberapa tahun terakhir, Victoria mengalami banyak perkembangan dari adanya berbagai pengembangan terbaik yang menjadikannya sebagai lokasi perkantoran, retail, rekreasi, dan residensial.

Ferdinand Sadeli, Executive Director and Chief Financial Officer Sinarmas Land Limited dalam siaran pers hari ini mengungkapkan, " Kami optimis melihat prospek pasar properti komersial di London, dan akuisisi 33 Horseferry Road (33HF) menghadirkan kesempatan investasi yang menarik dimana gedung tersebut telah diisi oleh beberapa tenant terkemuka dan juga kesempatan untuk pengembangan area retail di lokasi Victoria yang terletak dekat dengan gedung parlemen. Akuisisi gedung ini, tentunya  akan memperkuat portofolio investasi Sinar Mas Land.”

Dengan area seluas 16,778 meter persegi, bangunan komersial ini terdiri dari perkantoran Grade A seluas 15.213 meter persegi dari lantai dasar bawah (lower ground), lantai dasar (ground), dan lima lantai di atasnya. Semua lantai perkantoran di bangunan ini dilengkapi oleh area utama serta dua area pelengkap lainnya di sisi timur dan barat. Selain itu, pada lantai dasar 33HF memiliki retail space seluas 1.564 meter persegi, yang terbagi menjadi 10 unit yang semuanya langsung menghadap ke jalan Horseferry. Sebagai tambahan, bangunan ini juga dilengkapi dengan 16 lahan parkir tertutup dan fasilitas tempat penyimpanan sepeda, saat ini total luas lahan yang dimiliki oleh Sinarmas Land Limeted adalah seluas 46,000 sqm.

33HF merupakan peluang investasi yang langka karena seluruh ruang kantor saat ini telah disewa oleh Kementerian Transportasi Inggris kurang lebih selama 17 tahun. Selain itu, area retail gedung telah disewakan kepada sejumlah tenant terkemuka National Westminster Bank, Pret A Manger, William Hills, dan Starbucks. Sistem penyewaan di gedung tersebut dituangkan dalam perjanjian “Full Repairing and Insuring Leases (FRI)” dimana  para penyewa atau tenant memiliki kewajiban untuk melakukan perbaikan dan mengasuransi ruangan yang disewa sehingga mengurangi beban biaya pemilik gedung terhadap asuransi dan juga perbaikan.

Tentang Sinarmas Land Limited

Sinarmas Land Limited (Sinar Mas Land bersama dengan anak perusahaannya) tercatat di Bursa Singapura dan berkantor pusat di Singapura, bergerak dalam bisnis properti melalui proyeknya di Indonesia, China, Malaysia, Singapura dan Inggris.

Sinar Mas Land adalah pengembang properti terbesar dalam bidang strategic land bank and market capitalisation di Indonesia. Sinar Mas Land beroperasi terutama melalui tiga anak perusahaan publik yang terdaftar di Indonesia, yaitu PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Duta Pertiwi Tbk (DUTI) dan PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS), dengan kapitalisasi pasar gabungan lebih dari S$ 6,0 miliar.

Sinar Mas Land bergerak di banyak sub-sektor bisnis properti, termasuk pengembangan kota, perumahan, komersial, industri dan properti yang berhubungan dengan perhotelan di Indonesia maupun proyek pengembangan dan investasi jangka panjang dalam aset komersial dan perhotelan,di luar Indonesia seperti di . Singapura, Malaysia, China dan Inggris.

Tentang Sinar Mas Land

Sinar Mas Land adalah pengembang properti terkemuka di Asia Tenggara dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam bidang pengembangan properti di Indonesia.  Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE). Awal tahun 2011, BSDE  telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.

Dengan lebih dari 50 proyek besar yang telah dikembangkan di Indonesia, dan juga memiliki lebih dari 10.000 ha land bank, Sinar Mas Land dapat disebut sebagai pengembang properti terbesar dan paling terpecaya di Indonesia. Bukti kesuksesan Sinar Mas Land juga diakui oleh dunia dengan mendapatkan berbagai macam penghargaan International yang prestigious seperti World FIABCI Prix d’excellence Award di Cyprus (2011), Taichung (2013) & Kuala Lumpur (2015), Asia Pacific Property Award di Kuala Lumpur (2012, 2013, 2015, 2016), dan Cityscape Awards For Emerging Market di Dubai (2014).

Dengan dukungan tim manajemen yang kuat, Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri paling berhasil (melalui BSD City Development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan Klaster / concept- clustered residential (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Disamping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor (pioneer) pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Center (ITC) di Indonesia.

Sinar Mas Land sebagai pengembang berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyeknya. Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program, seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan ‘The Breeze’, jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun. Sejauh ini, Sinar Mas Land telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan,  dan mengembangkan taman kota serta hutan kota. Inisiatif dan komitmen terhadap masalah sosial juga terus dilakukan melalui program – program CSR yang memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Sinar Mas Land seperti penyediaan tempat usaha untuk UKM di Pasar-pasar tradisional dan taman jajan kaki lima serta program-program CSR lainnya.

Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan dan Itochu-Japan, Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe.

 


Contact Information 1:
Panji Himawan

panji.himawan@sinarmasland.com
021- 50 368 368


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021