April
26
2017
     16:27

Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Layani Penerbangan Internasional

Cengkareng, 25 April 2017 – Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta akan melayani perdana penerbangan internasional rute Jakarta – Singapura oleh Garuda Indonesia GA 824 yang dijadwalkan berangkat pada tanggal 1 Mei 2017 pukul 06.10 WIB.

Seluruh penumpang GA 824 dapat langsung menuju Terminal 3 untuk memproses keberangkatan sesuai dengan jadwal penerbangan tersebut.

Adapun penerbangan itu sekaligus menandakan perpindahan seluruh penerbangan internasional Garuda Indonesia ke Terminal 3 mulai 1 Mei 2017 dari sebelumnya di Terminal 2. Adapun saat ini Garuda Indonesia mengoperasikan sedikitnya 17 penerbangan internasional langsung atau direct dari Bandara Soekarno-Hatta ke sejumlah negara di Asia, Australia, dan Eropa.

Dapat diinformasikan bahwa area keberangkatan Terminal 3 Internasional dapat dijangkau oleh penumpang pesawat melalui Gate 1 dan Gate 2 untuk kemudian memproses keberangkatan di konter check-in island A dan B.

Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura II (Persero) Djoko Murjatmodjo mengatakan, “Kami berterima kasih atas dukungan masyarakat, Kementerian Perhubungan dan stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta sehingga pada 1 Mei 2017 penerbangan rute internasional dapat dilayani melalui Terminal 3 di mana tahap pertama ini khusus yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia,” jelasnya.

“Pada 1 Mei mendatang bangunan yang akan dioperasikan untuk penerbangan internasional ini baru sebatas main building saja atau bagian tengah bangunan, sementara untuk Pier 1 belum dioperasikan. Oleh karena itu, Gate yang dibuka untuk proses naik pesawat atau boarding baru sebanyak 6 gate yakni Gate 5, 6, 7, 8, 9, dan 10. Kami menilai ini cukup karena baru Garuda Indonesia yang akan mengoperasikan penerbangan internasional,” ujar Djoko Murjatmodjo.

Terminal 3 Internasional juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas digital seperti layar flight information display system dengan teknologi termodern, serta didukung aplikasi smartphone yang dapat mempermudah penumpang pesawat atau pengunjung bandara mencari lokasi parkir, memesan tempat parkir inap, melakukan reservasi taksi, melihat jadwal penerbangan, dan lain sebagainya.

Guna mendukung kelancara operasional, Terminal 3 juga dilengkapi dengan 64 konter imigrasi, masing-masing 32 konter imigrasi di keberangkatan dan kedatangan. Selain itu juga terdapat 30 autogateimigrasi,  di mana masing-masing 15 autogateimigrasi di keberangkatan dan kedatangan.

Pada security check point sebelum memasuki area imigrasi terdapat 12 unit x-ray dan 2 unit body scanner guna mendukung terwujudnya keamanan serta keselamatan saat di terminal maupun pesawat. Sementara itu di sisi udara, Terminal 3 Internasional menyediakan 17 parking stand untuk pesawat di mana juga dapat mengakomodir 3 pesawat berbadan lebar atau wide body hingga Airbus A380.

Sementara itu, Direktur Layanan Garuda Indonesia Nicodemus P. Lampe mengatakan, “Perpindahan layanan penerbangan internasional Garuda Indonesia di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta telah kami persiapkan dari bulan November 2016 lalu, mulai dari persiapan teknis penanganan bagasi hingga penanganan air parking stand di bulan Februari 2017. Kemudian di bulan Maret 2017 kami juga telah melakukan persiapan intensif dengan seluruh stake holder terkait simulasi layanan operasional mulai dari Airnav hingga Gapura Angkasa,” papar Nico.

Dalam mengantisipasi penyesuaian flow passenger di Terminal 3 nanti, Garuda Indonesia juga telah mempersiapkan 50 personil Family Assistance Center (FAC) untuk membantu kelancaran perpindahan layanan operasional di Terminal 3 nanti. Garuda Indonesia juga mempersiapkan fasilitias shuttle bus untuk mempermudah transfer penumpang dari terminal 2 ke terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Melalui perpindahan layanan penerbangan internasional di Terminal 3, nantinya Garuda Indonesia akan semakin memperluas kapasitas layanan pre hingga post flightnya kepada seluruh pengguna pengguna jasa. Di terminal 3 nanti, Garuda Indonesia akan mengoperasikan 26 counter check in serta peningkatan kapasitas executive lounge yang meningkat cukup signifikan dengan luas 2100 m2 terdiri dari 350 seat untuk bisniss class dan 56 seat untuk first class.

Jumlah tersebut meningkat dari jumlah counter check in yang kini beroperasi di Terminal 2 sebanyak 13 dengan kapasitas executive lounge sebanyak 180 seat. Layanan pre flight juga semakin dimaksimalkan dengan adanya layanan self check in sebanyak 36 self check-in  pada terminal 3 nantinya. Garuda Indonesia mengoperasikan 6 boarding gate penerbangan internasional dari total 10 boarding gate yang akan dioperasikan secara bertahap hingga bulan Juli 2017.


Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved