February
27
2020
     21:44

Outing Seru Dan Unik Ala Fintech Bank, Amar Bank

Outing Seru Dan Unik Ala Fintech Bank, Amar Bank
Publisher

Jakarta – Amar Bank, pionir fintech bank Tunaiku bersama dengan Yayasan Habitat Kemanusiaan Indonesia (Habitat for Humanity Indonesia), melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) berkelanjutan bertemakan “Amar Bank Bangun Senyum” dengan memulai pembangunan 20 rumah layak huni untuk membantu lebih dari 80 warga bersama lebih dari 300 karyawan Amar Bank di Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Senin (24/02). Kegiatan ini merupakan tema outing Amar Bank tahun ini sekaligus realisasi komitmen Amar Bank setelah bergabung dengan Yayasan Habitat Kemanusiaan Indonesia pada tahun 2019, yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui penyediaan tempat tinggal layak huni.

Kurangnya pemukiman layak huni dan minimnya kesejahteraan berbanding lurus dengan tingkat kemiskinan. Menurut data Badan Pusat Statistik tahun 2019, terdapat 15,15 juta penduduk miskin di Indonesia yang tinggal di area pedesaan. Kemiskinan juga mengakibatkan rendahnya tingkat edukasi serta minimnya infrastruktur pendukung, terlebih pada daerah pedesaan yang menjadi masalah utama di Indonesia. Melihat fenomena tersebut, Habitat for Humanity Indonesia menginisiasi program untuk melakukan pembangunan rumah di desa-desa sehingga menjadi rumah yang layak huni. Pada outing tahunan kali ini, Amar Bank berpartisipasi untuk memberikan dukungan langsung kepada Habitat for Humanity Indonesia dengan membangun 20 rumah warga sebagai bentuk nyata perusahaan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, dengan mengerahkan lebih dari 300 karyawan Amar Bank untuk menjadi relawan.

Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian mengatakan, “Amar Bank yang berfokus pada teknologi memiliki komitmen untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dalam menjalankan komitmen, kami berusaha untuk mengetahui dan menjawab kebutuhan masyarakat. Kondisi tempat tinggal dan sanitasi yang buruk serta kurangnya pengetahuan tentang praktik kebersihan umum, adalah masalah paling signifikan yang ditemukan di Desa Babakan Madang. Melalui kegiatan ini, kami berupaya untuk mendukung transformasi desa agar dapat menciptakan lingkungan yang mampu mendukung kegiatan warga setempat dengan membangun rumah yang layak untuk ditempati, Kami berharap kehadiran Amar Bank dan Yayasan Habitat Kemanusiaan Indonesia dengan membangun 20 rumah dengan sanitasi yang layak dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mengurangi keresahan warga Desa Babakan Madang akan tempat tinggal yang kurang memadai.” jelas Vishal Tulsian.

Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) berkelanjutan ini menjadi salah satu komitmen Amar Bank sebagai perusahaan yang bergerak di lembaga keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang diwujudkan melalui pembangunan rumah layak huni dan juga program keuangan berkelanjutan. Program tersebut sejalan dengan 17 Sustainable Development Goals yang memiliki tujuan untuk mengentaskan berbagai masalah yang ada. Kegiatan CSR ini bertujuan untuk membantu mendorong tujuh dari 17 program yang ada, di antaranya 1. No Poverty, 3. Good Health, 6. Clean Water & Sanitation, 7. Good Jobs and Economic Growth, 9. Innovation and Infrastructure, 11. Sustainable Cities and Communities, 17. Partnership for The Goals. Ketujuh poin tersebut kami lakukan  sebagai dukungan untuk pertumbuhan berkelanjutan yang dihasilkan dari keselarasan antara kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup.

Program pembangunan rumah layak huni ini dilatarbelakangi oleh banyaknya hunian di daerah Babakan Madang dengan kondisi rumah yang kurang layak, diantaranya lantai yang terbuat dari tanah, dinding bilik, tidak adanya ventilasi, dan tidak ada kamar mandi dalam rumah. Kolaborasi ini diharapkan dapat mengurangi jumlah rumah yang tidak layak huni dan membantu masyarakat Kecamatan Babakan Madang agar dapat menempati rumah yang lebih kokoh.
Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia menjelaskan secara umum tempat tinggal di Babakan Madang merupakan tempat tinggal dengan kondisi kurang layak huni. “Melalui CSR Amar Bank ini, Habitat berharap masyarakat dapat memiliki tempat tinggal yang layak huni sehingga masyarakat dapat bertumbuh semakin berdaya, sejahtera, dan mandiri.” ungkap Susanto.

Rumah yang layak merupakan kebutuhan utama bagi seseorang untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya di pedesaan, yang kemudian akan memberikan dampak positif untuk menggapai tujuan lainnya seperti pendidikan dan pendapatan yang lebih baik. Sejalan dengan hal tersebut, Amar Bank melakukan kegiatan CSR berkelanjutan yang berfokus kepada pemenuhan kebutuhan untuk memiliki tempat tinggal yang layak.

“Kegiatan CSR berkelanjutan yang fokus kepada pemenuhan kebutuhan untuk memiliki tempat tinggal yang layak di Desa Babakan Madang, sejalan dengan tujuan peminjam nasabah Tunaiku. Sebagai lembaga keuangan, Amar Bank dengan produk Tunaiku menjalani program keuangan yang berkelanjutan untuk mendukung penggunaan pinjaman yang produktif yang mampu memberikan dampak positif kepada masyarakat. Di mana tujuan pinjaman untuk merenovasi rumah menempati posisi pertama yang mencapai 50% dari total nasabah. Dari situ kami menyadari bahwa rumah yang layak memang merupakan kebutuhan utama bagi seseorang untuk meningkatkan kehidupan mereka, mulai dari rumah yang layak, mereka kemudian akan menggapai tujuan untuk pendidkan yang lebih baik dan pendapatan yang lebih baik. Sejalan dengan hal tersebut, kami melakukan kegiatan CSR berkelanjutan yang berfokus kepada pemenuhan kebutuhan untuk memiliki tempat tinggal yang layak. Ke depan, kami berkomitmen terus bangun senyum masyarakat melalui berbagai kegiatan-kegiatan lainnya di berbagai daerah di Indonesia.” tutup Vishal.

Tentang Amar Bank – Tunaiku
PT Bank Amar Indonesia Tbk. (“AMAR”) atau biasa disebut Amar Bank, dahulu bernama PT Anglomas International Bank (Amin Bank)  didirikan pada 15 Maret 1991 di Surabaya. Sejak 2014, Amar Bank menjadi bagian dari Tolaram Group, perusahaan multinasional yang berpusat di Singapura dan memiliki berbagai unit bisnis. Dalam dua tahun terakhir, Amar Bank mengalami transformasi besar khususnya mengandalkan financial technology bahkan menjadi bank fintech pertama di Indonesia melalui produk digitalnya, Tunaiku.

Tunaiku diluncurkan tahun 2014, dan langsung menjadi produk unggulan Amar Bank sampai saat ini. Tunaiku yang mengusung konsep financial technology ini, memanfaatkan teknologi internet dalam melaksanakan bisnisnya. Produk personal loan, adalah produk unggulan Tunaiku. Masyarakat dapat meminjam dana melalui Tunaiku mulai Rp2 - 20 juta dengan tenor peminjaman 6 - 20 bulan. Proses peminjaman termasuk di dalamnya pengumpulan data, menganalisis, dan memproses pinjaman hanya dalam waktu 24 jam.

Amar Bank, pemilik Tunaiku pionir produk financial technology (fintech) pada 20 Juni 2019 memasuki babak baru dengan modal inti lebih dari Rp1 triliun.. Berdasarkan POJK no. 6/POJK.03/2016 tentang kegiatan usaha dan jaringan kantor berdasarkan modal inti, Amar Bank Indonesia telah menjadi Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) 2. Dengan kualifikasi ini, maka Amar Bank dapat lebih luas memberikan layanan digital maupun layanan perbankan lainnya.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved