May
29
2017
     16:05

Perilaku Konsumen Elevenia pada Ramadan

Perilaku Konsumen Elevenia pada Ramadan
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Jakarta, 26 Mei 2017 - Sudah bukan hal yang mengagetkan lagi bahwa memasuki Ramadan, konsumsi masyarakat selalu mengalami peningkatan. Berbagai tradisi dan kebiasaan yang mewarnai Ramadan, menjadi pemicu meningkatnya pengeluaran seseorang selama waktu tersebut. Belum lagi, harga barang yang cenderung naik juga menjadi faktor pendukung besarnya nilai pengeluaran seseorang di bulan suci.

Di sisi lain kebutuhan sehari-hari yang tetap harus dipenuhi menyebabkan seseorang harus merogoh kocek lebih di bulan Ramadan dibandingkan bulan lainnya karena banyak tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia seperti berbuka puasa bersama kerabat hingga menyiapkan hadiah maupun oleh-oleh untuk sanak saudara.

Kebiasaan jajan dan belanja ini tidak hanya meningkat pada toko-toko fisik/offline yang tersebar di tengah masyarakat, tetapi juga dialami di jaringan belanja online. Elevenia, ecommerce yang mengusung open market place di Indonesia mencatat bahwa peningkatan transaksi mencapai dua kali lipat ketika memasuki bulan puasa. Angka ini terus meningkat hingga dua minggu sebelum hari lebaran. Kemudian di minggu lebaran, transaksi cenderung menurun hingga 50% dan kembali meningkat hampir tiga kali lipat setelah minggu lebaran berlalu.

Bukan hanya itu, di bulan suci tersebut elevenia juga mendapati bahwa waktu ngabuburit pukul 14.00 – 17.00 merupakan waktu favorit para buyer untuk berbelanja. Tercatat di antara waktu tersebut transaksi meningkat sangat signifikan. Sedangkan di luar jam tersebut, grafik transaksi belanja cenderung menurun.

“Secara konsisten kami mendapati bahwa perilaku konsumen di Ramadan, transaksi belanja akan menurun pada minggu lebaran karena masyarakat sudah sibuk mempersiapkan acara lebaran itu sendiri, seperti bepergian ke kampung halaman maupun silaturahmi mengunjungi sanak saudara. Selain itu, selain waktu ngabuburit pukul 14.00 – 17.00, grafik transaksi belanja menurun bisa jadi disebabkan oleh banyaknya agenda silaturahmi berbuka puasa dengan kerabat serta beribadah tarawih.” Jelas Bayu S. Tjahjono – GM Strategy & Communication elevenia.

Berbicara mengenai perilaku belanja konsumen pada Ramadan, sangat erat berkaitan dengan produk yang banyak dibeli di waktu-waktu tersebut. Elevenia mendapati bahwa produk fashion menjadi produk yang secara konsisten setiap ramadan mengalami kenaikan hingga seperempat dari seluruh transaksi. Produk lainnya yang mengalami kenaikan pembelian adalah produk gadget. Namun, berbeda dengan produk fashion, produk gadget justru mengalami kenaikan paling tinggi setelah melewati Lebaran. 

“Sesuai dengan pesan ramadan ‘lahir baru’, belanja dan mengenakan baju baru sudah menjadi tradisi menyambut hari raya Idul Fitri. Selain itu, baju juga bisa menjadi alternatif hadiah yang pas untuk kerabat. Peningkatan belanja produk gadget biasanya terjadi di waktu yang berdekatan dengan waktu penerimaan Tunjangan Hari Raya (THR). Selain produk dari kedua kategori tersebut, salah satu produk laris lainnya selama ramadan adalah e-coupon untuk pulsa handphone. Tercatat selama ramadan, belanja pulsa handphone adalah sebesar 34% dan mengalami kenaikan paling tinggi di hari Lebaran, yakni mencapai 40%.” Tutup Bayu S. Tjahjono – GM Strategy & Communication elevenia.

Tentang elevenia

elevenia merupakan produk dari PT. XL Planet, sebuah perusahaan joint venture antara PT. XL Axiata, Tbk., dan SK Planet dari Korea Selatan. www.elevenia.co.id berplatform open marketplace, yang mempertemukan penjual dan pembeli untuk bertransaksi secara online. Solusi pembayaran yang disediakan elevenia adalah Escrow System, yang menjamin transaksi berjalan aman. Hingga akhir Januari 2017, telah tercatat bahwa elevenia memiliki lebih dari 5 juta members, 50.000 sellers dan 8 juta produk yang terbagi dalam 8 kategori: gadget/computer, electronics, fashion, health/beauty, babies/kids, home/food, sports/hobby, dan service/Mokado. Sebagai e-commerce paling hepi, setiap bulannya, rata-rata pengunjung elevenia mencapai 60 juta kunjungan dan membukukan sebanyak 50.000 transaksi dalam per hari.


Contact Information 1:
Sarma Dahita Silalahi

sarma.dahita@elevenia.co.id
+62817-486-3240


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021