June
19
2017
     19:59

Perkembangan Tren Bayar Zakat Melalui Platform Online

Perkembangan Tren Bayar Zakat Melalui Platform Online
Publisher
Contributor
Administrator 3
Attachment(s)
— No Files —

Jakarta, 19 Juni 2017--- Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, dengan perkembangan zaman, tren pembayaran zakat sekarang sudah bergeser menjadi via online. Fasilitas ini dilakukan demi memudahkan masyarakat yang ingin berbagi atau berdonasi.

Organisasi penghimpun donasi Rumah Zakat mengungkapkan sejak tahun 2015 terdapat pergeseran tren dari masyarakat dalam metode pembayaran zakat. Dari yang biasanya masyarakat membayarkan zakat dengan bertatap muka, kini mayoritas masyarakat lebih memilih membayar zakat secara online. Tercatat pada 2016, sebanyak 75% dari 230 Milyar Rupiah zakat yang berhasil dihimpun oleh Rumah Zakat didapat dari donasi dan zakat online.

Donasi/ Zakat online sendiri adalah proses pembayaran zakat yang dilakukan melalui system online/digital, dimana pemberi zakat dan dan penerima zakat tidak perlu bertatap muka dalam melakukan transaksi pembayaran zakat. Sistem online ini diadakan untuk memberikan kemudahan bagi para wajib zakat (muzzaki) dan demi meraih pangsa pasar yang lebih luas karena pelayanan pembayaran zakat dilakukan melalui berbagai metode baik itu internet banking, e-money, virtual account, EDC, dan yang terbaru adalah melalui platform e-commerce.

Elevenia, e-commerce paling hepi di Indonesia sejak tahun 2015 telah dipercaya menjadi channel untuk mengumpulan sedekah oleh Rumah Zakat dan Dompet Dhuafa. Seiring dengan berkembangnya tren donasi digital, pada tahun ini elevenia mengalami peningkatan jumlah partner lembaga donasi menjadi sebanyak tujuh lembaga. Selain Rumah Zakat dan Dompet Dhuafa, lima lembaga lain yang memberikan kepercayaannya kepada elevenia adalah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Program Pembibitan Penghafal Al-Quran (PPPA) Daarul Qur’an, Aksi Cepat Tanggap (ACT), SOS Children’s Villages Indonesia, dan Baitul Maal Hidayatullah (BMH)

“Selama tiga tahun terakhir, elevenia membuka kesempatan berdonasi dan berzakat kepada orang-orang yang kurang beruntung. Melalui program ini, kami ingin menjadi penghubung antara mereka yang memiliki dan mereka yang membutuhkan. Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan lembaga donasi. Seperti di tahun ini, elevenia menjadi e-commerce yang paling banyak berpartner dengan lembaga donasi dengan bergabungnya tujuh lembaga donasi besar di platform kami.” Ujar Bayu S. Tjahjono – GM Brand & Strategy elevenia.

Mengikuti tren zakat via online, salah satu lembaga donasi besar di Indonesia, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) pada Ramadhan tahun ini bekerjasama dengan elevenia untuk menghimpun donasi dan zakat dari para muzzaki. M. Arifin Purwakananta selaku Direktur Koordinasi Pengumpulan, Komunikasi dan Informasi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengungkapkan “Kami menyadari pergeseran tren cara pembayaran zakat kini lebih condong kearah digital. Menyumbang via online kini menjadi cara baru dan sesuai syariah agama. Mulai tahun ini kami mempercayakan elevenia sebagai salah satu wadah berzakat melalui online untuk memaksimalkan dana yang dapat kami salurkan kepada masayarakat yang membutuhkan.”

Pada tahun ini, donatur yang ingin berzakat melalui elevenia dapat memilih jenis sumbangannya. Diantaranya adalah Syiar Qur’an, Bingkisan Lebaran, Kado Lebaran bagi anak Yatim, hingga Paket Buka Puasa untuk anak Yatim, dengan tingkatan donasi mulai 25 ribu rupiah hingga 360 ribu rupiah.

“Kami berharap tahun ini donasi yang terkumpul di elevenia bisa naik sampai lebih dari 2 kali lipat dibanding dengan tahun lalu. Jika dibanding dengan bulan-bulan biasanya, pengumpulan zakat dan donasi di bulan Ramadan bisa naik sampai hampir 4 kali lipat. Pada tahun ini, elevenia juga memberikan kemudahan bagi para donatur yang ingin berzakat dengan memilah donasi menjadi berbagai kategori harga dan pilihan paket. Kami harap, dengan semakin banyaknya lembaga donasi yang bekerjasama dengan kami pada tahun ini, semakin banyak juga donasi yang terkumpul dari masyakarat yang ingin berbagi senyuman dengan masyarakat yang kurang mampu.” Tutup Bayu S. Tjahjono – GM Brand & Strategy elevenia.

Tentang elevenia

elevenia merupakan produk dari PT. XL Planet, sebuah perusahaan joint venture antara PT. XL Axiata, Tbk., dan SK Planet dari Korea Selatan. www.elevenia.co.id berplatform open marketplace, yang mempertemukan penjual dan pembeli untuk bertransaksi secara online. Solusi pembayaran yang disediakan elevenia adalah Escrow System, yang menjamin transaksi berjalan aman. Hingga akhir Januari 2017, telah tercatat bahwa elevenia memiliki lebih dari 5 juta members, 50.000 sellers dan 8 juta produk yang terbagi dalam 8 kategori: gadget/computer, electronics, fashion, health/beauty, babies/kids, home/food, sports/hobby, dan service/Mokado. Sebagai e-commerce paling hepi, setiap bulannya, ratarata pengunjung elevenia mencapai 60 juta kunjungan dan membukukan sebanyak 50.000 transaksi dalam per hari.


Contact Information 1:
Sarma Dahita Silalahi

sarma.dahita@elevenia.co.id
+62817-486-3240


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021